News
Batal
KATEGORI
link has been copied
280
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e9cfe69349d0f500031a053/mui-puasa-tingkatkan-imun-tubuh-di-tengah-pandemi-corona
Anwar mengatakan puasa selama Ramadan memiliki banyak manfaat. Menurutnya, puasa bisa menjadi mekanisme pelatihan meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh dari serangan virus bagi orang yang sehat.
Lapor Hansip
20-04-2020 08:44

MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona

Past Hot Thread
Quote:
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona


Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas angkat suara terkait usulan agar pihaknya mengeluarkan fatwa umat Islam boleh tak berpuasa selama Bulan Ramadan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Anwar mengatakan puasa selama Ramadan memiliki banyak manfaat. Menurutnya, puasa bisa menjadi mekanisme pelatihan meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh dari serangan virus bagi orang yang sehat.

"Apakah karena ada Covid-19? Sementara mereka duga puasa bisa menurunkan imunitas? Kegiatan berpuasa yang dilakukan oleh seseorang yang sehat, kegiatan berpuasanya itu malah justru merupakan suatu mekanisme pelatihan untuk meningkatkan status imunitas dari tubuhnya," kata Anwar kepada CNNIndonesia.com, Senin (20/4).


Anwar menyebut imunitas ketika berpuasa menurun jika orang tersebut sudah menderita penyakit. Selain itu, imunitas tubuh bisa menurun bila ada faktor kekurangan gizi absolut pada seseorang yang telah berlangsung sejak lama.

"Maka menurut para ahli melalui mekanisme pengendalian pemikiran dan hawa nafsu tersebut dia akan bisa meningkatkan imunitas dari tubuhnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Anwar menyatakan puasa justru membuat semua masalah yang memperburuk daya tahan tubuh menjadi tak ada. Ia lantas mengutip pernyataan Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa berpuasa justru akan membuat seseorang menjadi sehat.

"Kenapa bisa demikian? Karena dengan kita berpuasa, kadar imunitas diri kita justru bisa diperbaiki dan ditingkatkan," katanya.

Menurut Anwar, puasa pada bulan Ramadan wajib hukumnya untuk dikerjakan oleh setiap umat Islam. Meski demikian, kata Anwar, ada empat golongan orang yang diperkenankan untuk tidak berpuasa saat Ramadhan dalam ajaran Islam.

Mereka adalah orang yang sedang sakit, orang yang dalam perjalanan (musafir), orang yang sudah tua renta serta wanita hamil dan menyusui.

"Tetapi meskipun demikian mereka harus tetap melakukan dan menggantinya di hari dan bulan lain atau membayar fidyah," ujarnya.

Seperti dikabarkan beberapa media, usulan meminta fatwa MUI untuk tak berpuasa Ramadan viral disampaikan oleh Rudi Valinka melalui akun twitternya, @kurawa.

Ia meminta agar Kementerian Agama dan MUI menerbitkan fatwa agar umat Islam diizinkan untuk tidak berpuasa Ramadhan dan menggantinya dengan fidyah, yaitu memberi makan orang miskin di tengah virus corona saat ini.

Sejaui ini, MUI mengajak umat Islam tak melaksanakan ibadah yang melibatkan berkumpulnya orang banyak, seperti sholat Jumat, salat lima waktu berjamaah, tarawih dan Id di masjid atau tempat umum lainnya serta pengajian umum atau tabligh akbar. Ibadah-ibadah tersebut dapat dilaksanakan di kediaman masing-masing.

Selain itu, MUI menyatakan umat muslim dapat melakukan silaturahmi via internet atau online menjelang bulan Ramadan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19). Silaturahmi tidak harus bertemu langsung.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...pandemi-corona


emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 240 lainnya memberi reputasi
241
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:15
di trit ini, silahkan umbar emosi...
kalo pas ramadhan kan gak boleh emosi..emoticon-Big Grin

ayooo kedua kubu... ditunggu baku hantamnya...emoticon-Big Grin emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:17
ayo puasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:28
selamat berpuasa... *menuju ramadhan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:31
Mudah mudahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:42
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:43
tau kok, pada momen kaya gini agama harus mempertimbangkan science,







itu bahasa halusnya...., kalo ngomong yg sejujurnya ? takut diciduk gw.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:49
amin Ya Allah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:52
Bismillah, semoga semua dilancarkan, Aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 16:56
bullshit, dikit dikit kaitin agama. Lu sakit gara gara kurang agama gitu?

Nonsense!!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:01
kenapa ya pas puasa anggaran malah jebol emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:01
Quote:Original Posted By barakon
penyataan agama goblok untuk umat goblok



jika berpuasa meningkatkan imun,
maka jangan hanya 1 bulan berpuasa dalam 1 tahun,
tapi sepanjang tahun berpuasa



tapi seperti biasa kegoblokan agama ini akan terus ditelan bulat2 oleh umatnya dan akan diwariskan turun temurun emoticon-Leh Uga


lagi lagi menggeneralisasi hahah kocak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:03
Apalagi buka puasanya pake susu kuda liar. Auto kebal segala jenis virus jon
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:03
sbgai seorang muslim ya wajib berpuasa, klo ente gk berpuasa ya mongggo....🤕🤕
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:10
selamat berpuasa semuaaaemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:10
Quote:Original Posted By ari18012015
@barakon gpp gan kau anggap hina,,,dengan semua ketololan org yg memandang islam hny dr kacamata teroris emg susah,,,teroris itu tdk beragama gan km perlu tau itu,,,ente bisa kok mempeljari islam dr yg diajarkan kiai2 dr NU,toh saya juga belajar islam dr NU dr kecil sampai skrg,,,


udah gan biarin, mainnya mereka kurang jauh hahahahhaha hahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:11
Blunder dah,
Dari sisi hadist ngga ada pembahasannya dengan imun
Dari sisi kesehatan, dia bukan ahlinya.... Yy dokter bneran aja banyak yg blunder. Ini malah masuk yg bukan keahliannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:14
sedenger2 ane emang puasa juga untuk kesehatan kan dari dulu gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:14
banyak sih cara, ga puasa juga bisa, tapi puasa juga bisa jadi salah satu alternatif buat sehat gan ditengah pandemi kaya gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacklotus6661 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:15
kalo ane lebih pilih untuk berolahraga sih pagi2 setiap hari, pemanasan sama jogging sekitar rumah udah cukup... stay safe everyone ✌🏻
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacklotus6661 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
MUI: Puasa Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
20-04-2020 17:20
Semoga imunitas meningkat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia