News
Batal
KATEGORI
link has been copied
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e9d2d9e349d0f3f03738952/pembubaran-ibadah-cikarang-berakhir-damai-polisi--terkait-psbb-bukan-agama
Beredar video kegiatan ibadah di rumah diprotes warga. Polisi lalu turun tangan memediasi. Ini hasilnya. Dalam video berdurasi 31 detik yang diunggah akun Instagram @arionsihombing, terlihat ada dua orang pria mendatangi rumah warga. Salah satu pria yang mengenakan peci, baju kokoh putih serta sarung, menghardik penghuni rumah tersebut. "Ini kan ibadah biasa Pak," kata si perekam video t
Lapor Hansip
20-04-2020 12:05

Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama

Quote:
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama


Beredar video kegiatan ibadah di rumah diprotes warga. Polisi lalu turun tangan memediasi. Ini hasilnya.

Dalam video berdurasi 31 detik yang diunggah akun Instagram @arionsihombing, terlihat ada dua orang pria mendatangi rumah warga. Salah satu pria yang mengenakan peci, baju kokoh putih serta sarung, menghardik penghuni rumah tersebut.

"Ini kan ibadah biasa Pak," kata si perekam video tersebut kepada pria berpeci, seperti yang dilihat detikcom di akun Instagram @arionsihombing, Minggu (19/4/2020).

"Bukan masalah ibadah, itu kaga boleh!" ujar pria berpeci. Dalam potongan video tersebut tak dijelaskan apa maksud kata 'itu' yang disampaikan pria tersebut.

Belakangan pihak kepolisian menyatakan bahwa hal yang diprotes oleh ketua RT tersebut adalah proses kumpul-kumpulnya.

Polisi menyelesaikan perkara ini lewat jalur mediasi. Kedua pihak akhirnya sepakat saling memaafkan.


Berikut duduk perkara 'pembubaran ibadah' di Cikarang yang berakhir damai:

Terkait PSBB, Bukan Sentimen Agama

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan protes yang dilakukan tetangga terhadap warga yang sedang beribadah di Cikarang tidak ada kaitannya dengan sentimentil agama. Hendra menyebut pembubaran dilakukan dalam kaitan Pembaasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kemarin itu nggak ada kaitan dengan agama. Kemarin masalah PSBB. Itu aja," kata Hendra keapda wartawan, Senin (20/4/2020).

Hendra mengatakan pihak keluarga yang tengah melakukan ibadah mengira tindakan yang dilakukan adalah pembubaran kegiatan keagamaan. Hendra menyebut maksud dari warga setempat adalah pembatasan jumlah warga yang berkumpul saat pandemi Corona.

"Dipersepsikan membubarkan kegiatan agama, padahal maksud dari pembubaran tokoh masyarakat itu adalah terkait dengan PSBB, tapi dipersepsikan oleh pihak keluarga bahwa kegiatan beragama dibubarkan. Nah itulah yang kemarin dimediasikan. Akhirnya ketemu dan sekarang jadi sahabat mereka," katanya.

Lebih lanjut, Hendra menegaskan kejadian yang viral di sosial media itu adalah sebuah kesalahpahaman. Dia menegaskan kedua belah pihak telah menyelesaikan persoalan tersebut melalui jalur mediasi.

"Intinya supaya tidak mispersepsi adalah adanya kesalahpahaman kedua pihak dan sudah dimediasi oleh pihak kepolisian dan hasil mediasinya akan terjalin lebih erat lagi komunikasi kedua pihak khususnya toleransi beragama. Itu aja, jangan aneh-aneh. Ini masalahnya tahu sendiri kan," ungkapnya.

Saling Memaafkan

Pagi ini, akun @arionsihombing menayangkan video klarifikasi atas peristiwa tersebut. Kedua belah pihak sepakat untuk saling memaafkan.

"Saya Kyai Haji Iman Mulyana tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan ini menyatakan dengan tulus bahwa telah terjadi kesalahpahaman dengan bapak Jamin Sihombing. Dan malam ini kami berdua telah bermusyawarah dengan niat yang baik untuk saling menghormati satu sama lain dan hidup bertoleransi demikian pernyataan ini kami buat dengan tanpa paksaan dari pihak manapun juga," kata Iman dalam akun instagram @arionsihombing seperti dilihat Senin (20/4).

"Saya Jamin Sihombing warga Rawa Sentul dengan ini menyatakan bahwa memang telah terjadi kesalahpahaman," kata Jamin.

Miskomunikasi

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan tetangga yang mendatangi rumah warga saat beribadah di Cikarang, Bekasi hanya kesalahpahaman. Hendra menyebut kedua belah pihak sudah bertemu untuk dimediasi.

"Dipersepsikan membubarkan kegiatan agama, padahal maksud dari pembubaran tokoh masyarakat itu adalah terkait dengan PSBB, tapi dipersepsikan oleh pihak keluarga bahwa kegiatan beragama dibubarkan. Nah itulah yang kemarin dimediasikan," ujar Kombes Hendra saat dihubungi, Senin (20/4/2020).

"Kemarin sudah kita mediasikan kemarin malam antara kedua belah pihak. Memang ada kesalahpahaman, miskomunikasi," imbuhnya.

Hendra mengatakan hasil dari mediasi tersebut adalah adanya kesalahpahaman. Di antaranya kurangnya komunikasi dalam menjalankan kegiatan keagamaan.

"Makanya kemarin salah satu kesepakatan dari kedua belah pihak adalah akan meningkatkan jalinan komunikasi dan komunikasi. Termasuk dalam hal penyelenggaraan keagamaan," katanya.

Hendra menjelaskan dalam rumah tersebut terdapat 11 orang yang sedang melaksanakan ibadah. Mereka semua adalah satu kerabat.

"Gini, di dalam rumah itu memang ada sekitar 11 orang. Tetapi itu saudaranya termasuk adiknya yang sedang merawat yang sedang sakit. Sehingga memang beribadah kemarin adalah keluarga rumah sendiri kalau tidak salah 7 orang, ditambah yang sakit 8 orang," katanya.

Kemudian keluarga dari satu kampung sekitar 3 orang, bukan satu kampung satu kerabatlah itu sekitar 3 orang. Adiknya. Jadi intinya kemarin itu keluarga. Cuma tidak ada komunikasi dari pihak keluarga ke pada warga setempat," tutur Hendra.
Selanjutnya

https://news.detik.com/berita/d-4983...rakhir-damai/2
Diubah oleh heavenisnomore
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 14:43
Di rumah lu isi nya ada 6 orang
Dan ke 6 nya beribadah secara bersamaan
Terus dibubarin karena psbb

Ok
profile-picture
profile-picture
heavenisnomore dan gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 14:52
mudah ditebak, pasti akan berakhir sprti ini.
profile-picture
profile-picture
heavenisnomore dan gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 15:34
Klise banget njiir.. salah paham PSBB..

Itu ibadah kristen yg dibrentiin oleh agama lain, coba bayangin ibadah agama lain yg dibrentiin..

Apa yg akan terjadi ?.. silakan direka..
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 15:47
ya lagu lama kaset kusut
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 16:47
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
snoopze dan heavenisnomore memberi reputasi
2 0
2
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 17:06
lhaa polkisnya bilang mispersepsi, jelas2 tu orang baea kayu kek mau ngegrebeg.

lagian emg itu pada kumpul kluarga besar apa gimana orang yg di grebegnya?emoticon-Bingung
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 17:12
Kalo gw jadi korbannya dan si pak erte ngajakin musyawarah

Gw diemin aja,gak mau diajak diskusi,gw lempar bola panas ke polisi dan masyarakat,gw up trus itu kasus biar viral,..makin kesiksa itu pak ertenya
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 18:16
Kalau terkait PSBB yah datengnya bareng satpol PP, TNI-Polri
Ini yg dateng pak haji sambil bawa senjata kayu...
profile-picture
profile-picture
kelayan dan heavenisnomore memberi reputasi
2 0
2
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 18:57
jgn d ulangn lagi pak
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 19:22
ntar gitu lagi dengan kasus sama lagi dan alasannya sama lagi..... teruss sja sampai tshun jebot
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 19:29
Damai yg dipaksakan,terima sajalahemoticon-Blue Guy Bata (L)

daripada malem2 tuh keluarga diambil pa erte&p haji +warga,terus digorok sambil tereak password syurgaemoticon-Takut

Semoga yg munafik disono cepat kena coronaemoticon-Angkat Beer
profile-picture
heavenisnomore memberi reputasi
1 0
1
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 20:21
biasa lah bkn cm kasus ini aja, kerusuhan 98, perkosaan, pembantaian yg terjadi itu emg pernah diakui kl memang pernah terjadi?

di lapangan kan omongannya "sudah ngalah aja demi kedamaian"
0 0
0
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 21:23
Menteri Agama, MUI, Ormas-ormas keagamaan pada kicep semua dengan kasus ini emoticon-Malu
0 0
0
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 22:25
damai apa tilang? 🤣
0 0
0
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
20-04-2020 23:12
nama nya peraturan, kalo ga sayang diri sendiri ya peduli ke sama yg nanti ngerawat lu.

thanks cedol nya gan.
0 0
0
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
21-04-2020 00:21
0 0
0
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
21-04-2020 03:14
padahal kalo mau ngingetin gak perlu pake emosi dan bawa tongkat kayu juga kaliik...

lagian kalo dasarnya PSBB yang ngingetin kudu sadar juga dong, minimal pake masker lah emoticon-Cape d...

ane kok curiga ini cuma buat meredam supaya gak makin rame dan meluber kemana-mana aja sih
0 0
0
Pembubaran Ibadah Cikarang Berakhir Damai, Polisi : Terkait PSBB, Bukan Agama
21-04-2020 05:53
lah klo sekeluarga memang tinggl d stu dan beribadah ga masalah kali... harusnya jangan damai... ketauan bngt gampang emosi.. warganya jga gampang kesulut... klo bsa pndah aja bu klo msh ngontrak nanti klo dah reda.. kampungnya parah sih..
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia