hugomaranAvatar border
TS
hugomaran
Kekayaan Tidak Menjamin Hidup Kita Bahagia
Uang bukan segalanya sumber atas kebahagiaan





SERINGKALI, ada orang mengatakan bahwa kehidupan itu dapat terukur dari segi kekayaan.


Yang dimaksudkan bahwa level tertinggi dari kebahagiaan dalam hidup tergantung pada kekayaan dari diri orang tersebut.


Saya kira tidak. Tidak menjamin bahwa kebahagiaan itu dapat terukur dari tingkat kekayaan atau seberapa banyak harta kekayaan yang dimiliki. Seperti berapa banyak nilai tabungan kita di bank, puluhan, ratusan atau bahkan triliunan rupiah.


Kendati demikian, uang memang tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia, segala sesuatu yang berhubungan dengan isi perut, memiliki harta benda, atau urusan lainya pendidikan misalnya, pasti saja tidak terlepaskan dari uang. Karena uang merupakan salah satu kebutuhan nomor pertama dalam hidup kita. Siapa pun pasti membutuhkan uang.


Uang bisa menjadikan orang terlihat kaya, tetapi belum tentu bahagia. Dan orang kaya sekalipun belum tentu tidak memiliki utang. Dan sepanjang perjalanan hidup, saya belum menemukan ada orang mengatakan bahwa dirinya sangat kaya.


Paling tidak hanya berasal dari penilaian orang disekitar lingkungannya. Yang menyatakan bahwa pribadi orang tersebut tergolong keluarga yang kaya. Memiliki banyak harta, dll.


Namun ini juga hanya bagian kecil dari asumsi pribadi saya, ada pun orang bisa saja pernah mengeluarkan pendapat bahwa di sebuah wilayah tersebut dirinya pun tergolong orang mampu atau orang kaya. Bisa saja, sebab kenyatanya dia sendiri yang tahu. Apa harus kita pun turut mencari tahu? Tentu tidak.


Tetapi apakah, hari ini. Faktor kekayaan menjadi tolak ukur tertinggi dalam hidup dan kehidupan? Saya berpikir itu sangat tidak berpengaruh dalam nuansa kehidupan zaman sekarang.


Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki apa saja, selama pribadinya mampu memiliki apa yang diinginkan. Semuanya murni asalkan kemampuan untuk memiliki itu ada dan berusaha dengan sungguh sungguh.


Agar dalam kehidupan bersama, kita tidak merasa diri kita tidak memiliki segala sesuatu dan tidak memiliki sifat yang iri terhadap kehidupan orang lain. Maka kita pun harus berusaha untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan kita sendiri.


Berikut, saya sedikit berbagi tips untuk mencapai keberhasilan dalam hidup, yang mesti kita semua tahu:


1. Memiliki tekad untuk menjadi sukses


Ya, semua dimulai dari tekad untuk mewujudkan apa yang ingin diwujudkan. Dari prinsip inilah seseorang mampu mengukur sejauh mana tekadnya dapat tercapai atau tidak.


2. Tidak mudah putus harapan


Segala sesuatu yang dikerjakan atau diupayakan tentunya memiliki hambatan dan kendalanya sendiri. Ini tentu sangat berdampak besar atas pengaruh tekad kita di atas.


Maka dari itu tanamkan semangat dalam diri untuk tidak mudah menyerah dan putus harapan. Ketika kita sekali mencoba dan gagal, terus tidak mampu berani untuk mencoba kembali. Maka lambat laun niat akan sukses pun berangsur menurun dan lenyap seketika.


3. Menjalin hubungan baik dengan orang lain



Nah, relasi bersama orang lain sangat dibutuhkan dalam dunia usaha pada zaman sekarang. Tidak akan menjamin bahwa usaha yang kita buat tidak memiliki kapasitas manfaat untuk banyak orang.


Agar keberhasilan tercipta atas niat baik kita maka libatkan orang lain dalam mewujudkan kiat sukses kita tersebut. Tetap semangat dan jalin relasi kehidupan yang sehat.


4. Mampu melewati rintangan dengan jiwa yang tegar



Pada poin ini kita tentunya memahami bahwa kesuksesan tanpa rintangan itu sungguh mustahil dalam hidup kita. Kita pasti menjumpai kelompok orang yang tidak menginginkan kita untuk sukses.


Tentunya ada, dan pastinya mereka pun pasti mencari celah untuk menghambat usaha kita. Dengan demikian, kita sebagai pelaku atas usaha yang sedang kita kerjakan, tetap memiliki kelapangan hati untuk terus menerima segala sesuatu dengan penuh rendah hati.


Hilangkan niat dalam diri untuk bersaing atau memiliki keuntungan lebih dari apa yang tengah kita niatkan untuk sukses. Santai dan tetap pada jalur yang wajar.


5. Mampu bersyukur dan tidak lupa berdoa



Segala sesuatu akan bernilai dan membuahkan hasil yang memuaskan, tentunya kita mampu bersyukur atas segala kemudahan yang sudah kita raih.


Tidak perlu cepat merasa puas dan berbangga diri atas kesuksesan tersebut.


Tetap rendah diri dan selalu menemukan ketenangan batin dengan berdoa. Yakinkan pada diri kita. Sesungguhnya keberhasilan tersebut merupakan garis rezeki yang kita peroleh atas karunia-Nya. Maka hendaklah terus berbenah dengan bersujud penuh syukur tiap hari.


Demikian inspirasi yang dapat saya bagikan dalam thread saya kali ini, kekurangan atas pengetahuan dan pengalaman adalah sejatinya seorang manusia. Semuanya murni lahir dari inspirasi pribadi dan harapan terbesar bagi semua pembaca thread saya ini, kiranya dapat berbagi kritik yang baik.


Ilustrasi Foto : Sumber Unsplash.com
@hugomaran
Diubah oleh hugomaran 15-04-2020 23:37
nona212
081364246972
kyukyunana
kyukyunana dan 52 lainnya memberi reputasi
53
4K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.