Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
76
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e97ea56c9518b5c3a1d6244/gak-enaknya-numpang-di-rumah-sodara
ane mau cerita nih gan, mana tau agan agan disini juga punya pengalaman yang sama. Jadi, ane lagi semester akhir, lagi skripsi sih. Udah 3 bulan terakhir ini ane tinggal di rumah om ane. Om ane baru pindah ke kota yang sama dengan ane, trus ngajakin tinggal di rumahnya dari pada nge kos, katanya begitu. Awalnya ane bilang ke orang tua ane kalo ane gak mau tinggal di rumah sodara, soalnya ane tau k
Lapor Hansip
16-04-2020 12:17

Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara

ane mau cerita nih gan, mana tau agan agan disini juga punya pengalaman yang sama. Jadi, ane lagi semester akhir, lagi skripsi sih. Udah 3 bulan terakhir ini ane tinggal di rumah om ane. Om ane baru pindah ke kota yang sama dengan ane, trus ngajakin tinggal di rumahnya dari pada nge kos, katanya begitu. Awalnya ane bilang ke orang tua ane kalo ane gak mau tinggal di rumah sodara, soalnya ane tau kalo di rumah sodara itu gak se bebas kalo tinggal sendiri. Tapi, orang tua ane gak enakan sama om ane yang hampir tiap hari nyuruh ane buat tinggal disana. Singkat cerita, akhirnya ane hijrah dari kos ane ke rumah mereka. 
Awal - awalnya ane seneng tinggal disana, mereka bener2 warm welcome gitu. Fasilitas juga lengkap disana. Tapi ane orangnya suka gak enakan. Apalagi mereka satu rumah orangnya sangat aktif mulai dari subuh. Awalnya ane bantu2 tante ane buat cuci piring, pel rumah, nyapu rumah, pertama2 itu ane sama tante ane suka bagi tugas ngelakuinnya. 
Sekarang ini semua kerjaan rumah full ane yg kerjain. Jam 5 subuh ane bangun, nyuci baju orang serumah, lanjut sapu rumah sama pel. habis itu nyiram bunga, buang sampah, lanjut lagi bikin sarapan. Selesai orang di rumah itu sarapan, ane langsung nyuci piring sama bersihin area dapur. Habis itu ane bisa istirahat sekitar 1 - 2 jam, sekitar jam 10 ane udah ke dapur lagi buat masak makan siang, masaknya sih bareng tante ane, tapi dia cuma bagian aduk2 doang. Selesai masak, siapin meja buat makan siang. Selesai makan siang, ane cuci piring bekas makan. 
Habis prosesi makan siang itu ane dapet istirahat sejam 2 jam, sekitar jam 3 atau jam 4 ane nyetrika baju orang serumah. Selesai nyetrika baju, ane dah harus nyiapin buat makan malem lagi. Selesai makan malem, disaat yg lain udah bisa istirahat ane masih harus beres2 dapur sama lap piring bekas makan tadi, baru ane bisa istirahat. 
Itu aktivitas harian ane terutama sejak gak bisa keluar rumah ini, sebelum corona ane suka keluar dari rumah itu pagi2 sekitar jam 9 atau jam 10, alasan ane ngampus, padahal ane numpang istirahat di kos temen ane, ntar ane balik pulang dah mau maghrib aja.
Sekarang sejak corona, ane gak bisa kabur kaburan gitu lagi, ane bingung, ini ane ngerasa jadi babu mereka banget lama2. Mereka punya anak cewek juga, udah remaja, ane kadang suka minta tolong tapi dibales gini "Aduh kak, di rumah itu waktunya buat males2 an". 
Sumpah ane pingin kos aja emoticon-Frown 
Pingin cepat2 pulang ke rumah orang tua ane rasanya kalo begini emoticon-Frown
Belum lagi skripsi ane kadang terbengkalai gara2 ngerjain "Kerjaan Rumah" ane itu emoticon-Frown
seenak enaknya tinggal sama sodara, masih enak kos atau ngontrak sih menurut ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 16:33
Quote:Original Posted By mat.piere
Mending gak usah disampaikan ke ortu. Kalo ortu ente ember? Disampaikan ke om ente? Apa nanti gak panjang urusannya? Kecuali kalo ente dah siap2 mau ribut sekalian. Bilang aja mau pindah ke kos yg dekat sama daerah riset skripsi atau perpustakaan. Simple.


emoticon-Cape d...
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 16:43
wlaupun lu hrus ngarang alasan mau pindah krn mau dekat kampus,atau dekat sama teman 1 perjuangan.
saran gw,lu harus jujur ke ortu lu bgmna perlakuan om tante ke elu dan biarkan jdi rahasia keluarga.

Dan belajar lah berkata "Tidak" klo itu bikin lu gk nyaman.
Diubah oleh kushina99
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 17:28
Sabar, ingat tinggal gratis diantara yg bayar2
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 17:48
waktunya berdikari, jgn habiskan waktu anda di lingkungan toxic.
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 18:30
Si @buron.warteg sodara aja ga punya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 18:45
hahaha... pindah aja gan kalau ngerasa udah ga betah. cari alasan apa pun itu, selama ga nyaman, mau ngelakuin apa pun pasti ga enak.

share oot dikit emoticon-Stick Out Tongue
selepas kuliah di masa2 cari kerja, gua pernah ngerasain kayak agan, bukan tinggal dirumah saudara malah emoticon-Big Grin
bener2 orang yang awalnya ga kenal sama sekali haha.. yang awalnya cuma kenalan karena ngelamar di tempat kerja yang sama, ngobrol2 dsb lanjut jadi sering contact share loker.
kurang lebih 1 bulanan (masih belum dapet kerja juga berdua emoticon-Frown ) gua ditawarin tinggal dirumahnya karena kebetulan ada kamar yang kosong dan dia bilang biar bisa bareng keliling2 lamar kerja.
sempet pikir2 karena ga enak, karena dompet udah menipis, mau pulang ke rumah kakak gua pun malu , karena belum dapet kerja alhasil gua terimalah tawaran itu dengan catatan setelah dapet kerja gua bayar sewa + bantu2, walau temen gua ini nolak.
ga lama setelah itu kira2 10 hari gua diterima kerja di perusahaan telekomunikasi dan kebetulan di tempatin ga jauh dari situ, kontrak 1 tahun. selama tinggal pun setelah gua dapet kerja (kondisi gua udah bayar sewa bulanan) gua tetap bantu2 apa pun yang bisa gua lakuin, mulai dari beres rumah, masak nasi, sampe bersih2 halaman dsb.

keluarga ini welcome dan sangat sangat baik (bbrp kali acara liburan keluarga pun gua diajak paksa, suruh ikut). sampai pas waktu lebaran, sungkem-sungkeman (gua ga bisa pulang kerumah karena ada bbrp faktor), si nyokapnya temen gua ini bilang gini pas gua sungkem: " B, kamu kalau butuh atau ada apa2 ngomong aja ke tante, tante udah anggap kamu kayak anak tante sendiri, jadi ga usah sungkan ya " emoticon-Berduka (S) gua speechless, cuma jawab "iya tante" dan gua lanjut izin ke toilet bilangnya sih mau pipis, padahal nangis emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
17-04-2020 19:28
ya itu mendidik lu biar gk jdi orang malas

karena orang malas itu gk kepakek,

klo hal itu jd hambat skripsi lu
ya tinggalin
tpi lu masi umur segitu, di depan mungkin beban mala lebi berat
itu jdi pelajaran bwat lu kerja ke depan

jgn mls
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
18-04-2020 08:15
Si om udah anggep ente orang dewasa gan.. Dia gamungkin maksa ente dirumahnya kalo emang udah bener2 mau pulang. Mending ente siap2in barang, besok cabut baik2 pamit sama mereka. Gausah gaenakan orang mereka enak2 aja sama ente. Semangat gan ane pernah juga ngalamin kek gini
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
18-04-2020 11:35

as pejuang rantau n anak kosan nyimak emoticon-Big Grin

enakan ngekost, dengan ngekost artinya lu ngebeli sebuah ketenangan yang lu bayar pake duit
percuma numpang inep gratis klo djadiin babu

profile-picture
profile-picture
naomicat dan kushina99 memberi reputasi
2 0
2
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
18-04-2020 12:12
kalo gak mampu ya lepaskan jngan ditahan malah sakit , simple ngomongnya sangat sulit realisasinya
profile-picture
naomicat memberi reputasi
1 0
1
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
18-04-2020 13:30
mahasiswa smt akhir kan? uda dewasa kan? sgera minggat lah dri rumah itu.

agan kaya gak paham aja klo tawaran om agan itu cm sekedar basa basi.
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
20-04-2020 04:37

Ikhlas Vs Hikmat

Ane prnh di posisi Agan, ane gk bisa ngkos krna dulu minim biaya, jd "trpaksa" nompang..

Btw Agan rajin bener yaaak emoticon-thumbsup

Mnurut ane pindah (kos/blk ortu) aja Gan, klo ditahan Om/Tante, yah bertahankan bil untuk pindah, apa hak mrka buat mnahan..

Bukan berarti Agan pindah bawa kepediahan hati..
Rasa Ikhlas (rajin) Agan udh cukup utk pembelajaran (hikmah) utk khidupan kdpn, Agan juga pake Hikmat lah..

Justru klo msh disitu dr kepedihan jd sakit hati lbh parahnya lg jd kepahitan emoticon-Frown

Klo ada dana ya ngkos, tp balik ke ortu lbh manteb lg, bisa bantuin Mamah masak emoticon-thumbsup
Ntr ane mampir makan ye Gan emoticon-Malu (S)

Trmksh Gan
0 0
0
Gak Enaknya Numpang Di Rumah Sodara
20-04-2020 23:29
Quote:Original Posted By enam.kehendak
Kamu mesti belajar ikhlas dan sabar dulu kalo mau ngurus pekerjaan rumah.
Pekerjaan rumah itu jangan kamu pikir saat kamu berada di rumah paman mu, tapi saat kamu berada di mana aja.
Saat berada di rumah orang tua mu, saat kamu berada di rumah kamu sendiri, saat kamu berada di rumah mertua, paman, sepupu,kontrakan,temen.
Ikhlas dan sabar supaya ujungnya kamu gak ngedumel/ngomel/komplain/marah.
Ya kembali lagi sich ke batasan kesabaran dan keiklasan kamu.
Kenapa saya bilang, belajar sabar dan ikhlas.
Alasannya simpel.
Pekerjaan rumah itu rutin dan terus menerus setiap saat.
Kamu cuci piring, jadi bersih donk.
Siang udah kotor lagi.
Kamu sapu lantai, jadi bersih donk.
Sore udah kotor lagi.
Pagi jendela kotor, sore jendela tambah kotor.
Cucian pagi banyak, siang jadi tanbah banyak.
Apalagi kalo yg "sadar dan rajin" kebersihan itu dikit.
Ya ujungnya dia yg sadar doank juga yg ngebersihin terus.
Ujungnya ngerasa lebih rendah dari ART.
ART dapat gaji, kamu gak dapat apa2.
Bahkan ucapan terima kasih aja gak dapat.
Dan saya paham banget circle kayak gini.
Kalo kamu gak bisa sabar, pasti kamu ngomel/ksl.
Apalagi kalo ngeliat ada sepupu/saudara, yg gak ngebantu sama sekali.
Dan bisa nya ngebantu ngotorin rumah secara rutin.
Misalnya abis makan, langsung naruh piring kotor di meja makan.
Ditinggalin aja.
Pola pikirnya berharap ada yg nyuciin piring.
Dan karena kamu ngerasa kewajiban mu karena udah numpang ya kerjain.
Tapi dengan hati sempit.
Itu gak bisa disalahkan karena bisa aja sudah menjadi kebiasaan saat diasuh waktu kecil, bisa juga emang pemalas, licik.

Kalo kamu gak punya keikhlasan dan kesabaran ya kamu bakal terjebak dalam ego kamu sendiri.
Ih, enak aja si A, gak beres2 rumah.
Si B bisanya cuma ngerecokin pekerjaan rumah doank.
Si C cuma bisa ngotorin doank.
Ih, si D main hape melulu.
Awalnya ngedumel dalam hati.
Lama kelamaan ngedumel nya dengan mulut.
Lama kelamaan ngedumel nya pake emosi.
Percaya dech.
Sampai di satu titik.
Kamu gak akan ngerasa emosi/marah lagi.
Tapi intonasi bicara kamu menjadi COLD/dingin.
Dan sampai di satu titik, kamu bukannya mau ngeberesin tapi malah ngotorin.
Contohnya pas ada piring kotor di meja makan.
Cukup bilang gini aja.
Ini piring kotor di meja makan mau dibanting ato dicuci?
Dia gak ada pergerakan.
Banting aja piring nya ke lantai.


Makanya iklas dan sabar.

---
Saya gak nyaranin kamu ngekos.
Karena oke kamu ngekos, kamu gak akan ada tanggungan buat ngebersihin rumah.
Tapi kamu kan gak selamanya ngekos.
Pasti kamu akan pindah juga ke rumah ortu mu.
Kamu juga bakal nikah, punya anak.
Iya kalo gak ikut di rumah mertua.
Kalo kamu ngontrak ato rumah sendiri.
Siapa yang mau berberes ria?
Ya kamu dan pasangan mu lah.
Syukur2 dpt pasangan yg rajin berberes rumah.
Coba kalo dapat tipikal yg pemalas.
Ujumgnya kamu juga yg berberes.
Ngekos itu cuma temporary solution supaya gak ngurus kerjaan rumah.


aku suka sama nasehat kamu. btw ane laki.
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
takdir-cinta-wanita-murahan
Stories from the Heart
sulitnya-melupakan-mereka
Stories from the Heart
sate-daging
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Stories from the Heart
jeritan-hati-kuntilanak
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia