gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Kebanyakan Tenaga Kesehatan yang Terpapar Corona Bukan yang Rawat PasienLangsung
Surabaya - Sebanyak 46 tenaga kesehatan di Jawa Timur terpapar COVID-19. Sebagian besar dokter hingga perawat yang terkonfirmasi positif ini ternyata tak bersinggungan secara langsung atau tidak merawat pasien corona.
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim, dr. Joni Wahyuadi mengatakan kebanyakan tenaga medis yang tertular bukan yang merawat langsung dengan pasien positif Corona.

Namun, mereka tidak mengetahui jika pasien yang diperiksanya saat praktek merupakan pasien positif COVID-19.

"Hal yang perlu diperhatikan, pola penularannya sebagian tidak berhubungan secara langsung dengan pasien positif COVID-19. Artinya, orang tanpa gejala dalam hal ini perlu dijadikan kewaspadaan," ungkap Joni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020) malam.

"Jadi beberapa tenaga medis, boleh saya ceritakan ini terpapar dan terkena positif, bukan semuanya yang merawat langsung pasien positif corona. Jadi merawat pasien yang pada awalnya tidak terdiagnosa COVID-19, sehingga standar recognitionnya belum memenuhi syarat pada saat itu," imbuh Joni.

Joni menyebut dokter yang buka praktek kerap tidak mengetahui jika pasien yang diperiksanya positif Corona. Untuk itu, dokter tersebut tidak menyiapkan standar pemeriksaan lengkap menggunakan APD.

"Beberapa tenaga medis yang lain, itu juga tidak tahu yang dirawat positif corona. Ada dokter yang buka praktek beliau tidak tahu kalau pasiennya positif," lanjut Joni.

Joni mencontohkan, perawat yang meninggal di RS Siloam Surabaya, juga merupakan supervisor atau perawat senior yang bertugas sebagai pengawas utama para perawat. Kabar meninggalnya perawat senior di RS Siloam itu ramai di media sosial.

"Jadi saya mendengar seorang perawat yang baru meninggal, kami mengucapkan bela sungkawa, itu seorang suster supervisor," pungkas Joni.

https://m.detik.com/news/berita-jawa...from=wpm_nhl_8

Mohon skrg ini pasien berobat ke rumkit atau ke dokter lebih baik menggunakan masker dan sarung tangan.

Lebih banyak tim medis yg terhindar dari co19 makin banyak harapan pasien co19 terselamatkan.emoticon-Shakehand2
.doflamingo.
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.