• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bisakah Kereta Berhenti Mendadak Demi Hindari Kecelakaan? Ternyata Ini Alasan nya

dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Bisakah Kereta Berhenti Mendadak Demi Hindari Kecelakaan? Ternyata Ini Alasan nya

Kereta Api ilustrasi (kompas.com)

Banyak alat transportasi umum yang bermunculan di era modern, baik untuk darat, laut hingga udara. Untuk alat transportasi darat seperti bus, kereta api, hingga mobil. Sedangkan untuk transportasi laut ada kapal laut, untuk udara kita mengetahui ada Pesawat terbang. Dan kereta api menjadi salah satu primadona alat transportasi umum yang cukup banyak digemari oleh banyak orang, kereta api biasanya akan penuh dengan penumpang apabila musim mudik telah tiba.
BACA JUGA: Mengenal Sosok Youtuber Gaming Frontal Gaming
Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang istimewa, kereta api mempunyai jalurnya sendiri, dan sekali jalan ia bisa mengangkut hingga ratusan penumpang melalui deretan gerbong yang terangkai satu sama lain. Namun sama halnya dengan alat transportasi lain, kereta juga kadang mengalami kecelakaan, entah tergelincir, rel anjlok, hingga menabrak kendaraan lain yang melintasi di rel nya.

Spoiler for spoiler:

Banyak juga asumsi dan informasi (katanya) yang sering ane dengar jika kereta tidak boleh berhenti selain di stasiun agar tidak mengganggu jadwal yang sudah ada, hal ini juga yang kemudian kerap dianggap menjadi penyebab kecelakaan kereta yang kadang menyeruduk kendaraan yang melintang di rel. Namun apakah benar demikian? Apakah mungkin kereta api berhenti sebelum sampai stasiun demi menghindari kecelakaan misalnya. Dan mungkin tread ini akan bisa membantu kita memahami hal itu.


(kompas.com)

Seperti dikutip dari jatimnow.com dan kabarpenumpang.com (13/4/2020), Ternyata alasan kereta tidak bisa berhenti mendadak bukan karena ada aturan yang mengatur jika ular besiini tidak boleh berhenti selain di stasiun. Namun alasan utamanya adalah karena sistem pengereman kereta yang tidak seperti mobil dan motor (yang jika kita tarik rem mobil/motor bisa berhenti seketika). Sistem pengereman pada lokomotif kereta membutuhkan jarak hingga 860 meter untuk kereta yang sedang melaju benar-benar bisa berhenti setelah di rem. Hal ini juga masih dipengaruhi oleh kecepatan dan bobot kereta, semakin berat dan semakin kencang kereta maka jarak berhentinya juga semakin panjang.

BACA JUGA : Tips Jitu Hilangkan Susah Tidur atau Insomnia
Berat sebuah kereta (yang terangkai oleh beberapa gerbong) bisa mencapai 100-350 Ton lho, dan kecepatan terendah rata-rata sebuah kereta biasanya di angka 45KM/jam, semakin kencang laju sebuah kereta maka semakin jauh pula titik berhentinya.

Spoiler for spoiler:

Dikutip dari viva.co.id (13/4/2020), Hal lain yang patut menjadi kewaspadaan adalah soal medan magnet yang ada di rel yang bisa membuat kendaraan mogok seketika. Gesekan antara roda kereta dan rel bisa menimbulkan medan magnet yang kuat, dan hal ini bisa mempengaruhi sistem kelistrikan mobil dan membuat kendaraan yang saat itu melintas diatasnya bisa mogok. Meski ada pendapat yang menyebutkan jika tidak semua mobil bisa mengalami hal ini, dan khusus mobil berbahan bakar bensin yang bisa mengalaminya (mogok di rel), namun alangkah baiknya jika lebih berhati-hati dan tidak mengambil resiko menerobos palang kereta demi keselamatan.


(SUMBER: kabarpenumpang.com, jatimnow.com, liputan6.com, viva.co.id)
Bagi Agan yang sering melewati perlintasan kereta api, mending berhenti dari pada menerobos palang kereta, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kalau palang merah sudah ditutup dan sirine sudah berbunyi mending rem kendaraan kita dan tunggu kereta lewat. Karena jika ada kendaraan yang berada di radius 100 meter didepan kereta yang sedang berjalan maka bisa dipastikan insya allah kendaraan itu akan tertabrak karena Kereta Api tidak bisa berhenti seketika. Dan kalaupun kita mengalami kendaraan (mobil/bus) mogok ditengah rel maka segeralah keluar. Tetap fokus saat berkendara, dan jangan lupa #DIRUMAHAJA.


emoticon-Toastemoticon-Om Telolet Om!emoticon-Cendol Gan


Quote:


INFO LOKER SE-TAPALKUDA JATIM IKUTI
Diubah oleh dionlanang 18-04-2020 10:35
sebelahblog
infinitesoul
bimapambudhi
bimapambudhi dan 44 lainnya memberi reputasi
45
11.6K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.