Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8bf6659775135cf34f7809/peliharaan-kaki-delapan-yang-eksotis-dan-menawan
Tarantula merupakan salah satu hewan peliharaan eksotis. Bagi mereka yang memelihara tarantula tidak merasa repot atau kesulitan dengan perawatannya, namun perlu diingatmemelihara dan merawat tarantula untuk pemula diharuskan banyak belajar, mulai dari menyiapkan kandang tarantula, jadwal pemberian makanan dan tentunya kebersihan kandang.
Lapor Hansip
07-04-2020 10:41

Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan

Hai Agan Sista seluruh Indonesia yang sayang hewan peliharaannya, ane mau berbagi pengalaman ane nih dalam merawat hewan kesayangan ane. Merawat mereka itu sebenarnya susah-susah gampang lho. Namun perlu diingat tidak semua perawatan hewan itu sama lho, pastikan sebelum gansis membeli atau mengadopsi harus membaca kebutuhan mereka, karakteristik, dan menentukan jenis hewan apa yang cocok dengan keadaan kita.

Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
Beberapa koleksi ane. Foto pribadi

Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan

Beberapa koleksi ane. Foto pribadi

Event kreator kali ini, ane akan membahas cara merawat hewan eksotis berkaki delapan kesayangan ane. Perawatan harian tarantula terbilang sangatlah mudah karena mereka bukanlah hewan peliharaan pada umumnya lho gansis. 

Tarantula merupakan salah satu hewan peliharaan eksotis. Bagi mereka yang memelihara tarantula tidak merasa repot atau kesulitan dengan perawatannya, namun perlu diingatmemelihara dan merawat tarantula untuk pemula diharuskan banyak belajar, mulai dari menyiapkan kandang tarantula, jadwal pemberian makanan dan tentunya kebersihan kandang.

Pertama gansis harus tau kalau tarantula bisa hidup bertahun-tahun (punya ane tertua udah umur 8 tahun). Ini akan membuat gansis memelihara mereka dalam waktu yang cukup panjang. Sebuah peringatan jikalau gansis memiliki sifat bosenan, lebih baik urungkan niatnya, karena ane takutkan mereka ditelantarkan atau bahkan dilepas ke alam liar sehingga merusak ekosistem alam!

Secara umum, gansis akan memilih dua jenis tarantula yakni "new world" atau "old world" nah dua jenis ini memiliki sifat dan prilaku yang bertolak belakang lho. 


  Tarantula dari jenis "new world" berasal dari  Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Mereka memiliki sifat yang kalem, tidak begitu lincah, memiliki tingkat racun rendah sampai sedang, mereka memiliki pertahanan dengan Urticating Hairs pada abdomennya yang akan ditendangkan bila terancam dan bisa mengakibatkan rasa gatal pada kulit, namun jenis ini lebih mudah untuk di"handle" (Tarantula adalah hewan display jadi ini tidak dianjurkan ya). 

Sedangkan tarantula "old world" berasal dari  Asia, Eropa, Afrika, dan Australia. Kebanyakan jenis ini memiliki warna yang indah, kecepatan yang luar biasa, memiliki venom yang kuat, dan tempramennya galak. Kebetulan ane ga punya untuk jenis yang ini, karena ga cocok dengan sifat ane yang sedikit sembrono, takutnya ane melakukan kesalahan saat perawatan malah bisa berakibat fatal seperti kabur bahkan disengatnya hehehe

Berdasarkan habitat hidupnya, tarantula dibagi menjadi 3 jenis, yakni Arboreal dimana mereka memiliki habitat hidup di pohon. Terrestrial dimana mereka adalah tipe penjelajah yang hidup dipermukaan tanah, bersarang di semak, di bawah kayu, di bawah pohon dengan menggalinya, dan di bebatuan. Burrower ialah tipe tarantula yang hidup di dalam tanah, menggali terowongan cukup dalam, jenis ini jarang sekali keluar dari sarangnya.


Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
Tarantula arboreal Avicularia Minatrix foto pribadi

{thread_title}


Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
Kandang tarantula arboreal foto pribadi

Untuk perawatannya ane menyediakan enclosure (kandang) khusus tarantula tergantung habitatnya nih. Seperti tarantula arboreal, ane menyediakan habitat buatan yang memiliki dimensi tinggi yang sesuai dengan tarantula, kebutuhan ventilasi juga sangat diperlukan mengingat tarantula jenis ini hidup dihabitat yang terbuka.


Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
Tarantula terrestrial Green Blue Bottle foto pribadi


 Sedangkan untuk terrestrial cukup pakai kandang yang sedikit luas nih, perlu diingat ketebalan substrate dan keleluasaan merupakan kunci untuk tarantula habitat ini. Semua kandang tarantula memerlukan media substrate enclosure bisa menggunakan cocopeat, cocofiber, vermiculite, dan tanah. Kalo ane sih cukup menggunakan cocopeat yakni limbah serbuk kelapa yang sangat halus dan mampu menyerap kelembaban yang sangat cocok untuk habitat tarantula.

Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
Avicularia Versicolour foto pribadi

{thread_title}
Avicularia Versicolour kesayangan ane


Tarantula merupakan hewan karnivora, menu makanan umum yang diberikan ialah serangga, namun di alam mereka bisa saja memakan mamalia seperti tikus, kadal, atauapun burung. Kalo ane biasa memberikan mereka makanan seminggu sekali berupa jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, dan kecoa dubia. Buat gansis yang jijik sama kecoa harus siap memacu adrenalin nih hehe karena kecoa memiliki nutrisi yang baik. Selalu sedia air didalam kandang ya gansis, untuk ukurang sling kalian bisa memberikan air dengan cara misting di dinding enclosure. Untuk ukuran juvenile hingga dewasa bisa disediakan waterdish. Dengan pemberian waterdish maupun misting ini akan menjaga kelembaban tarantula lho.


{thread_title}
Mating tarantula B.Hamori koleksi pribadi

Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
Green Blue Bottle dan anaknya. Foto pribadi


Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan

Proses pemisahan sling tarantula ke tempat barunya. Foto pribadi

Ane udah 10 tahunan pelihara hewan ini dan beberapa berhasil ane kimpoiin, untuk memasangkan tarantula itu ngeri-ngeri sedap lho gansis, karena mereka punya ritual betina akan memakan jantan jikalau waktu dan kondisinya tidak pas. Untuk itu, ane selalu belajar dan terus belajar menggali informasi hewan ini karena tarantula sendiri memiliki 132 Genus dan 969 spesies. Luar biasa banyak bukan! Untuk itu buat gansis yang mau coba pelihara pun harus sering-sering belajar.

Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan

Ane pun ikut komunitas di kaskus @jakarta8leggeduntuk berbagi informasi, berkenalan dengan teman baru, bahkan saling tukar tarantula hehehe. Nah gansis, itulah peliharaan eksotis kesayangan ane. Kalau hewan kesayangan gansis apa?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
13-04-2020 20:56
Quote:Original Posted By arimbii11
gue pengen bgt punya yg brazilian salmon pink birdeater, pgn punya yg udah setelapak tgan tp harganya lumayan 😅


heheh beli slingnya gan, harga lebih ekonomis

Quote:Original Posted By n.h3
ngeri ane liatnyaa.. takut digigit hehehehe.. soalnya udah banyak stigma kalo tarantula tuh racunnya mematikan.. jd gk kebayang sih kalo sampe meleng pas meliharanya..


wkwkw dikandangin gan bukan kaya kucing dilepas.

Quote:Original Posted By andanlandung
Yang gk beracun macam di home alone , jenis apa gan ?


kalo ga salah itu golden knee gan, jenis paling jinak seantero dunia tarantula. Sering banget jadi properti buat foto model

Quote:Original Posted By primzlegacy666
eksotis menawan? njirrrr mending gw ambil flammenwerfer dahhh trs gw sembur


Dukuuuun kali ah disemburemoticon-Cendol Gan

profile-picture
andanlandung memberi reputasi
1 0
1
Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
14-04-2020 07:33
hiiii ane lihatnya ajanudah merinding gan, gak geljnya gan pas pelihara? haha
0 0
0
Peliharaan Kaki Delapan yang Eksotis dan Menawan
14-04-2020 19:32
Pelihara yg jenis Huntsman Spider engga gan ? Kalo pelihara mending ambil aja sini gan di kosan ane, sering masuk kamar gedenya rata" sepiring lagi mana kalo jalan cepet bgt kayak ninja 😭 Ambil gih gan daripada ane bakarin satu satu wkwk.
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia