• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Salah Sangka Kartu Pra Kerja untuk Membiayai Pengangguran, Inilah Info Lengkapnya

ningdidienAvatar border
TS
ningdidien
Salah Sangka Kartu Pra Kerja untuk Membiayai Pengangguran, Inilah Info Lengkapnya
Info Penting Terkait Kartu Pra Kerja

Sumber Gambar

Salah Sangka mengenai Kartu Prakerja Mulai dari Membiayai Pengangguran Sampai Modal Malas-malasan, Faktanya untuk Meningkatkan Ketrampilan!


Kartu pra kerja telah diluncurkan pada 11 April 2020, dimana kartu ini merupakan bagian dari kebijakan yang dijanjikan Bapak Jokowi terkait Kartu Sakti pada kampanye pilpres 2019.
Menanggapi kebijakan tersebut, masyarakat menyambut dengan antusias. Hal ini nampak dari besarnya animo masyarakat dalam mendaftarkan diri untuk memperoleh manfaat dari kebijakan itu.


Perlu kalian ketahui, pelaksanaan program ini bukan semata untuk menepati janji kampanye saja, namun sebagai salah satu stimulus untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dampak virus corona.
Bahkan, besarnya anggaran yang sebelumnyan disiapkan Rp 10 triliun dinaikkan menjadi Rp 20 triliun. Kenaikan ini
sebagai upaya untuk mengurangi dampak negatif virus corona terhadap perekonomian, melihat banyaknya masyarakat yang terkena PHK imbas dari virus corona.


Namun, karena besarnya antusias masyarakat untuk mendaftarkan diri memperoleh kartu prakerja ini membuat pemerintah memperoleh kritik di sosial media. Kritikan itu terkait sulitnya akses untuk melakukan pendaftaran. Bukan tanpa alasan, karena server pun punya batasan. Terlebih lagi semenjak dibuka pendaftaran animo masyarakat semakin besar, jadi tidak heran ketika melakukan akses bersamaan ada yang mengalami kegagalan.


Sumber Gambar


Dari banyaknya para pendaftar, rupanya belum sepenuhnya masyarakat memahami tentang kartu prakerja ini, bahkan ada yang salah paham mengira akan memperoleh bantuan sejumlah uang ketika berhasil mendaftarkan diri.
Hal ini tercetus dari beberapa teman TS yang mencoba peruntungan dalam mendaftarkan kartu prakerja ini dengan latar belakang pengangguran yang ingin memperoleh tunjangan.


Biar nda salah paham terkait kartu pra kerja, simak beberapa hal penting sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar!


Kartu Prakerja Didesain untuk Meningkatkan Kemampuan Para Pencari Kerja

Seperti yang tertulis di laman resmi www.prakerja.go.id bahwa Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.


Disini jelas bahwa kartu prakerja sebagai jembatan bagi masyarakat untuk memperoleh pekerjaannya. Hal itu ditunjukkan dari fasilitas yang diupayakan untuk meningkatkan ketrampilan demi terciptanya SDM yang unggul.


Sumber Gambar


Kartu Pra Kerja Ditujukan untuk Memperoleh Bantuan Pelatihan Kerja, bukan Gaji Kerja!


Seperti tertulis pada Syarat dan Ketentuan di laman resmi prakerja.go.id bahwa pendaftaran Kartu Prakerja untuk mendapatkan manfaat atau bantuan pelatihan dari program Prakerja (Bisa dibaca pada poin 12 bab definisi)


Perlu digaris besari bahwa bantuan biaya yang diberikan adalah berupa saldo non tunai untuk biaya pelatihan dalam upaya peningkatan ketrampilan masyarakat, bukan berupa bantuan dana seperti yang gansis bayangkan.


Adapun saldo tersebut wajib dipergunakan dalam waktu 30 hari sejak diterima untuk membayar biaya pelatihan dari platfrom digital dan tidak bisa dipindahtangankan pada orang lain. Sedangkan pemberian insentif ketika telah selesai melakukan pelatihan. Jadi baca dengan teliti yah Gansis, biar nda salah paham lantas mengkritik pemerintahan.


Harus Melakukan Pendaftaran Akun untuk Memperoleh Kartu Prakerja


Sebelum melakukan pendaftaran akun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar kartu pra kerja, yaitu:
1. Warga Negara Indonesia (WNI),
2. Usia minimal 18 tahun, dan
3. Tidak sedang menjalani pendidikan formal.


Jika merasa sudah memenuhi syarat barulah melakukan pendaftaran akun.
Yah, untuk memperoleh kartu prakerja harus dengan pendaftaran akun karena program ini bekerja sama dengan beberapa platform digital.


Screenshoot from www.prakerja.go.id


Cara mendaftarkan akun kartu prakerja dengan email atau nomer ponsel:
1. Pada laman prakerja.go.id pilih Daftar Sekarang, kemudian masukkan email atau nomer ponsel dan Klik daftar,
2. Pilih metode verifikasi,
3. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke email maupun sms,
4. Akun yang terverifikasi sebagai akun kartu pra kerja mu.

Untuk login akun dengan membuka laman www.prakerja.go.idkemudian Login.
1. Masuk pada laman depan
2. Masukkan email atau nomor ponsel, klik selanjutnya
3. Masukkan kata sandi, klik masuk.

Setelah kamu berhasil masuk ke akun, langkah selanjutnya tinggal mendaftarkan kartu pra kerja, yaitu:
1. Login akun, klik daftar kartu pra kerja
2. Isi formulir pendaftaran, klik selanjutnya
3. Melakukan tes kemampuan dasar
Kemudian kamu akan memperoleh notivikasi dari akunmu, dan kamu terdaftar.


Sumber Gambar


Manfaat Kartu Pra Kerja, Pelatihan yang Diberikan Bersertifikasi serta Insentif


Seperti yang kita ketahui bahwa program kartu pra kerja ini adalah hasil kolaborasi antara pemerintah dengan sektor swasta dalam upaya meningkatkan ketrampilan masyarakat, maka pelatihan yang diberikan pun diharapkan dapat meningkatkan kemampuan SDM yang dapat menunjang daya saing dalam pasar kerja. Data penunjang itu berupa sertifikat kompetensi yang dibutuhkan tenaga kerja dalam mencari kerja.

Disamping itu dengan pelatihan tersebut diharapkan akan berkurang mismatch pada dunia kerja, karena para pencari kerja telah dibekali ketrampilan sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Sedangkan manfaat lain yang banyak salah tafsir mengira sebagai gaji pengangguran sebesar Rp 3.550.000 itu adalah untuk biaya sebagai berikut:
1. Rp 1.000.000 untuk bantuan biaya pelatihan
2. Rp 600.000 selama 4 bulan, sebagai insentif pasca pelatihan
3. Rp 50.000 untuk insentif keberkerjaan diberikan untuk 3x survei.


Perlu dicatat lagi yah Gansis, jika kartu pra kerja ini ada batasannya, yaitu untuk 2jt masyarakat saja. Jadi buruan daftar!


Sumber Gambar


Itulah tadi beberapa hal penting terkait kartu pra kerja. Semoga tidak ada lagi yang salah menafsirkannya, dan semoga harapan dari pemerintah untuk menciptakan masyarakat unggul bisa tercapai lewat program kartu pra kerja ini.


TS juga berharap semoga melalui program ini benar-benar tepat sasaran, jadi harus terus dievaluasi demi terciptanya generasi yang lebih produktif lagi, bukan semata untuk menanggulangi imbas bagi yang terdampak virus corona semata.



Oleh: Ningdidien
Referensi: Ini, Itu


Mari berdiskusi dengan kalimat yang sopan..


Jangan lupa tinggalkan jejak buat yang sudah mampir



emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ningdidien 13-04-2020 05:13
infinitesoul
liramarlinda
somplaktajir13
somplaktajir13 dan 35 lainnya memberi reputasi
32
10.8K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.