News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e93d0d9263772791c57ccae/pengakuan-jemaah-jumatan-di-martapura-saat-pandemi-corona
Larangan Salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 seakan tak berlaku di Masjid Al-Karomah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (10/4) siang tadi. Para jemaah yang ngotot untuk Jumatan itu merangsek masuk sekalipun pintu masuk masjid terbesar di Kota Intan itu ditutup dan dijaga petugas. Aparat gabungan yang kalah jumlah tak sanggup membendung keinginan ratusan jemaah itu untuk mas
Lapor Hansip
13-04-2020 09:39

Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona


Quote:Larangan Salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 seakan tak berlaku di Masjid Al-Karomah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (10/4) siang tadi.

Para jemaah yang ngotot untuk Jumatan itu merangsek masuk sekalipun pintu masuk masjid terbesar di Kota Intan itu ditutup dan dijaga petugas.

Aparat gabungan yang kalah jumlah tak sanggup membendung keinginan ratusan jemaah itu untuk masuk menggelar salat bersama.

Memasuki tengah hari, jemaah kian banyak berdatangan hingga akhirnya berhasil masuk dan memenuhi separuh ruangan dalam masjid.

Lantas apa alasan mereka untuk tetap menggelar Jumatan saat pandemi Covid-19 ini?

Rata-rata jamaah yang ditemui di lapangan rupanya sudah mengetahui ihwal surat edaran bupati yang melarang Salat Jumat.

“Kita tahu ada larangannya dari bupati, namun tidak ada solusi. Apalagi ini sudah yang Jumat ketiga, masa kami tidak salat Jumat lagi, mau diapakan kami,” ujar Imam Firdaus, salah satu jemaah kepada apahabar.com.

Menurutnya banyak masyarakat merasa takut berdosa karena meninggalkan Salat Jumat itu.

Pemerintah, lanjutnya, hanya sekadar melarang tanpa memberi solusi yang bisa menenangkan masyarakat.

“Semestinya pemerintah memberi pernyataan tegas, bahwa masyarakat yang tidak Salat Jumat selama pandemi Corona ini tidak berdosa atau jika berdosa ditanggung oleh pemerintah,” tegas Firdaus.

Masyarakat setempat, kata dia, percaya jika tidak melaksanakan Salat Jumat tiga kali berturut-turut maka dicap sebagai orang munafik.

Selain itu, lanjutnya, yang membuat masyarakat waswas, sebagian ulama di Martapura masih menggelar Salat Jumat di masjid.

“Apalagi ada sebagian ulama yang masih melaksanakan Jumatan, ya kami mengikuti beliau,” ungkap warga Martapura satu ini.

Selain Imam Firdaus, Humaidi yang juga warga Martapura takut berdosa jika tidak melaksanakan Salat Jumat tiga kali berturut-turut.

“Saya sudah dua kali tidak salat Jumat, masa saya tidak Salat Jumat ketigakalinya,” katanya.

Pantauan media ini, sempat terjadi aksi dorong di pintu gerbang masjid yang sudah dijaga ketat oleh aparat setempat itu.

Kalah jumlah, petugas dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP pun kewalahan. Pintu gerbang akhirnya jebol dibuka paksa oleh jemaah.

Sesaat sebelum Jumatan, kepolisian sejatinya sudah memberi pengertian kepada masyarakat.

Polisi memang hanya menjalankan tugas dari keputusan Bupati Banjar KH Khalilurrahman.

“Kita tidak melarang Salat Jumat, tapi melarang adanya perkumpulan orang banyak,” ujar Kabag Ops Polres Banjar Syaiful Bob coba memberi pengertian kepada jemaah.

Saat itu warga tampak enggan mendengar imbauan bupati Banjar untuk tidak Jumatan di masjid.

Walhasil para jemaah itu nyaris memenuhi seisi ruangan salat dalam Masjid Al-Karomah Martapura di tengah pandemi Covid-19 ini.

Salat Jumat pun dilaksanakan ringkas. Khotbah hanya hitungan menit. Salat Jumat yang di-imami oleh Tuan Guru Tarhib, hanya membacakan surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.


SUMBER


Quote:Masyarakat setempat, kata dia, percaya jika tidak melaksanakan Salat Jumat tiga kali berturut-turut maka dicap sebagai orang munafik.

Selain itu, lanjutnya, yang membuat masyarakat waswas, sebagian ulama di Martapura masih menggelar Salat Jumat di masjid.

“Apalagi ada sebagian ulama yang masih melaksanakan Jumatan, ya kami mengikuti beliau,” ungkap warga Martapura satu ini.


katanya ada ulama yg masih sholat
kalian kan panutan dan di anggap berilmu tinggi
kok malah kasih contoh seperti ini?
kenapa tidak bisa mengajak umat lu untuk melindungi diri sendiri sekaligus manusia lainnya?
apa ngerasa sedang menegakkan ajaran agamamu?
apa ngerasa tuhan akan melindungi maupun membela kalian?

kadang membuat saya berpikir, apakah agamalah yg membuat penyebaran virus semasif sekarang?
kadang membuat saya berpikir, tuhan dan manusia siapakah yg lebih anda hormati?

hidup di zaman modern ini, sudah beda dengan zaman purba
anda boleh melaksanakan ibadah anda
anda boleh percaya pada ajaran agama anda
anda boleh percaya pada kuasa tuhan anda
JIKA saat dunia aman, tenang, tentram, tanpa konflik
silakan laksanakan kepercayaan anda

tapi di tengah wabah, di tengah pandemi seperti ini
mohon percayalah pada SAINS
pada orang orang yg memang profesional di bidangnya itu
terutama saat vaksin lom di temukan
demi dirimu, demi keluargamu, demi saudaramu, juga demi manusia manusia lainnya

bukankah inti dari ajaran agama adalah moral?
moral apa yg anda dapatkan jika tidak bisa saling menghormati dan melindungi sesama manusia?
hormati dan lindungilah manusia lainnya, dengan tidak ikut menjadi penyebarnya

jangan pernah berpikir, tuhanmu pasti akan melindungimu
hanya manusialah yang mampu melindungi manusia
jangan tersesat hingga menjadi pembunuh manusia lainnya

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona



profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 43 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:31
seleksi alam.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:33
kemenag anggarannya gede apa ga ada pos buat edukasi masyarakat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:45
“Kita tahu ada larangannya dari bupati, namun tidak ada solusi. Apalagi ini sudah yang Jumat ketiga, masa kami tidak salat Jumat lagi, mau diapakan kami,” ujar Imam Firdaus, salah satu jemaah kepada apahabar.com.

Mungkin baru himbauan aja bentuknya?
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:50
Kadang lebih takut masuk neraka daripada takut Tuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:50
ntu namanya semangat ber-agamanya kuat
tpi ilmu nya kagak ada, mka terjadilah seperti itu.

di dalam islam,
ada kok di bahas masalah beginian

syarat2 tidak d boleh kan nya sholat

salah stunya bila nyawa dalam keadaan terancam.

terus, bila anda sedang sholat, melihat orng meninggal, atau mendengar orng minta tolong, anda wajib untuk membatalkan sholat

itu semua udah d ataur
cma yaaa itu
elmu nya cetek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 10:54
gapapa itung2 ngurangin tukang demo dijakarta
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:00
Ada ulama yg masih sholat jumat, ada yg gak... Brarti ngukutin yg gak kan gak apa2 kan?
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:01
Cerpennya mengedukasi...

Ternyata ad jg yg sepemikiran dgn gw..


Btw, bknnya mreka malah akan msuk neraka klo sampe ad yg positif dan menularkan ke orng lain?

Yg paham dgn agama yg diatas, mohon bantu utk mencerahkan ane..
Tkutnya salah persepsi..emoticon-Toast
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:15
kekuatan kita: terlalu cinta allah
kelemahan kita: terlalu malas ikhtiar & nalar
(bhw idup itu barokah en hrs jaga sebaik mgkn)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:38
Lha kalo nanti pas jumatan ada yg positif corona gimana gan, yg tanggung jawab siapa tuh.
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:43
Oh iya ini kota emg rada-rada bnyk arab wannabe tapi msh ngaku dr NU.. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin kadrunnya bnyk fanatik nya juga bnyk mereka lupa kalo Aswaja itu juga mengikuti ijtima' ulama / jumhur, dan ulama² se-Indonesia juga sepakat lewat MUI klo sholat jumat bisa diurungkan ditengah pandemi spt skrg di ganti sholat zuhur saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:45
Biarkan sajalah mungkin mereka mau nyoba main sama maut sodara kita emoticon-Ngakak

dikasih akal dan dikasih nalar nga dipake emoticon-Ngakak

kalo gua jadi Tuhan menurut lu sedih nga? emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:51
Quote:Original Posted By pasti2periode
ga ada bukti surga maupun neraka
setelah kematian

jika begitu berharap pada keberadaan surga
semua manusia bersama sama menciptakan surga di dunia saja
mgkn berat untuk saat ini
tapi semoga bisa di nikmati oleh generasi mendatang

surga yang benar benar ada
terbukti dan bisa di rasakan

bukan surga yang tidak diketahui benar adanya atau tidak
yang pastinya 100% tidak akan terbukti seumur hidup

emoticon-Angel emoticon-Angel


Ya wajar gan, kalo ente gak punya iman

profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:52
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 11:55
Ya sudah lah, masalahnya sm seperti virus corona, sm2 nggak kasat mata kelihatan.

Apakah kita berdosa tidak shalat jumat karena Corona, tidak ada manusia yg bisa memastikan.

Kalau warga takut dosa, itu semua masih dalam batas wajar, tp risiko masing2.
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 12:01
Jd patwa MUI udh ga diakuin dong?
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 12:02
Bener bro, agama menjadi salah satu faktor penyebaran virus corona, coba cermati berita yang ada, nggak islam atau kristen, kumpulan massa yang menjadi mata rantai penyebaran sehingga sulit dihentikan atau diputus.
Ayolah bro, disiplin physical dstnc, agar pandemi segera berhenti, ekonomi biar pulih.. Ibadah kembali normal.
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 12:05
biarkan saja. resiko tanggung sendiri.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan pasti2periode memberi reputasi
2 0
2
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 12:07
Menihilkan akal
profile-picture
pasti2periode memberi reputasi
1 0
1
Pengakuan Jemaah Jumatan di Martapura Saat Pandemi Corona
13-04-2020 12:12
Contoh nyata yg ane temui...

Masi mengadakan jumatan..pengajian akbar..dan warga sekitar kek gada apa apa gt..kayak gada rame corona...padahal di desa sebelah sudah ada ODP 1 orang...

Gimana mau menselaraskan ...dr pemerintah udah OKE tapi beberapa pemuka agama yg masyarakatny masi menjunjung tinggi dia belum berbuat hal yg sama.....padahal kalo di desa omongan pak kyai lebih di denger drpd pak lurah nya...

Ulama rujukannya MUI kan..dari MUI juga harusnya meninjau sampe lapis bawah...pak yai gt di beri pengertian yg di pelosok2...kan malah ribet ..di desa yg ga kepantau eh ada yg kena corona..dan pemerintah telat sampe kesana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia