InaSendry
TS
InaSendry
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
2019

Kutu Buku Palsu

Kutu buku biasanya digunakan untuk menyebut mereka yang hobi membaca buku. Bukan sekadar suka, tapi sudah mendarah daging. Maksudnya ialah mereka yang mempunyai moto Tiada Hari Tanpa Membaca. Jika membaca hanya mengisi waktu luang, belum layak kiranya disebut si kutu buku.

Begitupun saya. Setiap kali melihat postingan teman yang berjualan buku, atau teman yang sedang mempromosikan karyanya. Entah kenapa selalu saja timbul keinginan untuk membeli. Dan memang sudah ada beberapa yang betul-betul saya beli. Tapi ya begitu, tak satu pun dari buku-buku itu saya baca sampai selesai.

Seiring bertambahnya usia ketahanan saya dalam membaca satu buku mulai menurun. Namun, tidak yakin juga jika penyebabnya adalah usia. Karena yang saya ingat, saya mulai ogah-ogahan membaca buku semenjak memiliki ponsel pintar. Ya, itu dia masalahnya. Saya merasa tetap membaca setiap hari, tapi bukannya buku. Melainkan artikel, cerpen, bahkan status gak jelas yang saya baca.

Kadang saya sedih melihat tumpukan buku-buku di rak yang seolah merana. Menanti sang tuan meraihnya, membuka lembar demi lembarnya. Andai mereka dapat bicara, mungkin akan 'sambat' atau malah berunjuk rasa kepada saya agar mau menyelesaikan bacaan.

Ya, saya sadar telah bertindak tak adil kepada buku-buku itu. Tanpa saya sadari, telah memberikan harapan palsu kepada mereka--buku-buku saya. Harusnya bisa meluangkan waktu untuk mereka. Ini malah mesra-mesraan terus dengan gadget. Tanpa mengenal waktu, pagi siang sore malam. Saya yakin, buku-buku itu merasa cemburu dengan ponsel saya.

Baiklah. Sepertinya mulai sekarang harus membangun tekad untuk mulai memupuk minat baca. Seperti dahulu, saat ponsel saya hanya punya fitur untuk SMS dan menelepon saja. Saat itu saya selalu mesra dengan buku-buku. Baik itu buku milik sendiri ataupun buku meminjam milik teman. Kadang, bila terkenang masa-masa itu, saya menangis sendiri. Kehidupan saya sangat tenang dan sederhana. Tidak pernah memikirkan paket data. Jika pulsa habis, ya sudah. Selalu sabar menunggu dapat honor menulis dibayar. Tidak pernah galau memikirkan kehidupan dunia maya dengan segala hiruk-pikuknya. Ah, sungguh masa-masa yang indah penuh makna.

Hari ini saya menatap deretan buku-buku yang pernah saya beli. Baik buku lama maupun baru. Saya berbisik pelan kepada mereka, "Kalian bersabarlah, nanti akan saya baca satu per satu. Saya berjanji akan menamatkan kalian. Maksud saya, menamatkan membaca kalian."

Begitulah. Semoga setelah menuliskan kisah ini, saya kembali lagi menjadi kutu buku yang sesungguhnya. Doakan saya ya wahai pembaca yang budiman.

Malang, 1 Agustus
Diubah oleh InaSendry 04-08-2019 01:21
ummusalihamusvidaanakjahanam721
anakjahanam721 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.3K
75
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buat Latihan Posting
Buat Latihan Posting
icon
35.6KThread1.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.