• Beranda
  • ...
  • Mamalia
  • Meskipun Pembawa COVID, Kelelawar Berperan Sebagai Penyelamat Lingkungan Loh!

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Meskipun Pembawa COVID, Kelelawar Berperan Sebagai Penyelamat Lingkungan Loh!


Agan Sista!

Kalian pasti tau kan kalau COVID-19 yang sedng mewabah hampir di seluruh dunia ini asalnya dari negara china? Yap! Virus ini muncul dari kebiasaan masyarakat china yang senang mengonsumsi hewan liar, salah satunya adalah kelelawar. Pasar hewan yang kotor dan cara pengolahan kelelawar yang kotor menjadi awal mula penyebab COVID 19 menyerang tubuh manusia.

Kelelawar yang menjadi sumber COVID 19 membuat hewan yang sudah dianggap menyeramkan ini semakin menyeramkan lagi, GanSis. Yap! Kelelawar sendiri terkadang dianggap sebagai hewan yang menyeramkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Kelelawar sering dikaitkan dengan yang namanya vampir atau drakula yang hobinya menghisap darah.

Tapi sebenarnya, meskipun memang ada kelelawar yang memakan darah tapi itu hanya sebagian kecil saja, GanSis. Dari 1.200 spesies kelelawar yang ada di bumi, hanya ada 3 spesies kelelawar yang memakan darah, mereka adalah yaitu Diphylla ecaudata, Desmodus rotundus, dan Diaemus youngi. Dari ketiga spesies tersebut pun hanya Desmodus rotundus spesies yang mengonsumsi darah mamalia yang biasanya menyerang hewan-hewan ternak. Selain ada yang mengonsumsi darah, banyak juga kelelawar yang mengonsumsi serngga dan juga buah-buahan.

Oh iya, meskipun terkesan menyeramkan, ternyata hewan yang satu ini berperan sebagai pahlawan penyelamat lingkungan loh! Langsung simak aja yuk peran-peran kelelawar bagi manusia dan juga lingkungan.



Kelelawar Vampir



Meskipun menyeramkan dan suka mengonsumsi darah, tapi ternyata kelelawar vampir dapat memberikan manfaat buat kamu loh. Air liur yang terdapat pada kelelawar bisa berfunsi untuk mengencerkan darah yang mengental karena memiliki kandungan desmoteplase.


Kelelawar Pemakan Serangga



Dari ribuan spesies kelelawar yang ada di bumi, sebagian besar diantaranya merupakan spesies kelelawar pemakan serangga loh. Yap! Terdapat 70% spesies kelelawar pemakan serangga yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Karena dengan kehadirannya, mereka dapat membantu membasmi serangga-serangga yang mengganggu manusia, termasuk juga nyamuk. Kelelawar pemakan serangga ini bisa memangsa sekitar 1000 serangga setiap jamnya loh.


Kelelawar Pemakan Buah



Meskipun makannya buah-buahan, tapi kelelawar pemakan buah ini merupakan spesies kelelawar dengan ukuran tubuh yang paling besar loh. Ukuran tubuhnya yang paling besar inilah yang membuatnya disebut sebagai megabats. Kelelawar ini akan berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya untuk mencari buah-buahan dan nektar dari buah yang akan mereka makan. Kebiasaan kelelawar yang berpindah-pindah ini ternyata membantu penyerbukan tumbuhan loh. Selain itu, mereka juga membantu penyebaran biji di hutan.



SUMBER
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.7K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.