topicarasaAvatar border
TS
topicarasa
6 Jalan Tol Paling Menakjubkan di Dunia - Part 1




Jalan tol berarti jalan yang untuk bisa menggunakannya diputngut bayaran. Di negara lain jalan tol disebut turnpike atau express way, di Malaysia disebut Lebuhraya. Di Amerika Serikat dinamakan interstate road karena menghubungkan antar negara bagian. Nah kalo menurut website PT Jasa Marga, jalan tol adalah jalan alternatif lintas jalur umum yang telah ada yang kepada pemakainya dikenakan kewajiban membayar. Apa aja sih jalan tol paling menakjubkan yang ada di dunia? 


1. State Highway, Selandia Baru


Jalan tol di Selandia Baru terbilang hebat. Jalan tersebut membentang di antara dua pulau yakni Pulau Utara dan Pulau Selatan. Panjang jalan di pulau Utara sejauh 1.106 km, berawal di kota Cape Reinga. Sementara panjang jalan di pulau Selatan sejauh 941 km dan berakhir di kota Picton. State Highway baru dibuka pada Maret 2006. Padahal di tahun 1950 jalan tol pertama kali dibangun di negara ini hanya 5 km di Wellington, bagian kota Auckland.

2. Salik Toll Road, Dubai


Sejak Juli 2007, untuk membatasi jumlah kendaraan yang lewat Sheik Zayed Road dan Al Garhoud Road, pemerintah DUbai menganakan biaya tol. Keputusan ini menimbulkan reaksi keras dari masyarakat, namun terpaksa diambil karena kemacetan di kedua jalan itu sudah luar biasa. Pada Oktober 2006, pihak berwenang di sana merencanakan untuk membangun 500 km jalan dengan biaya US$ 44 milyar di Dubai.

3. A75 Autoroute, Prancis


Jalan tol utama di Prancis benama A75 atau sering disebut juga La Meredienne. Panjangnya mencapai 340 km. Kali pertama dibangun tahun 1975. Pada tahun 2006 terjadi penambahan rute sepanjang 13 km, dan di tahun 2007 di tambah lagi sepanjang 21 km. A75 melintas sebagian kota Paris dan wilayah selatan di Prancis. DI beberapa wilayah, jalan tol ini berada di atas pegunungan, tampak seperti jembatan gantung yang indah. 

4. Jelutong Expressway, Malaysia


Jelutong Expressway atau disingkat JEWay merupakan jalan tol di Malaysia. Jalan ini menghubungkan wilayah Penang Bridge sampe George Town. Jalan ini panjangnya sekitar 13,5 km pada awal pembangunannya. Dibangun berkat kerjasama Departemen Tenaga Kerja Malaysia dengan Pemda Penang. Orang-orang Malaysia sering menyebut jalan tol ini dengan sebutan Lebuhraya.

5. Beijing-Zhuhai Expressway, China


Letaknya di utara provinsi Hubei, jalan tol ini terdiri dari dua jalur jalan dan sebuah jembatan. Jalan ini menghubungkan kota Beijing dan Zuhai di pantai selatan China berdekatan dengan Macao. Ruas yang melalui provinsi ini panjangnya 340 km pada tahun 2007. Untuk memiliki jalan tol ini, pemerinta CHina mengeluarkan biaya sekitar 12 trilyun yuan, atau sekitar US$ 15 milyar.

6. A1 Auto Estrada do Norte, Portugal


Dalam bahasa Portugal, jalan tol disebut auto estrada. Di negara ini A1 Auto Estrada do Norte adalah jalan tol terpanjang. Jalan yang menghubungkan kota Porto dan Lisbon ini memiliki panjang 316 km pada tahun 2007. A1 mulai dibangun mulai tahun 1961 dan selesai tahun 1991. Di sepanjang jalan tersebut terdapat 7 tempat servis, 2 tempat istirahat, dan 26 pintu keluar masuk.




TS ngarep cendol

TS ngarep HT

TS ngarep rate sama comments



4iinch
sebelahblog
infinitesoul
infinitesoul dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.