danymarta.Avatar border
TS
danymarta.
Jago, Si Iris Abu - Abu Kesayanganku



Hai..Hai..Hai Gaes

emoticon-Hai


*****


Dalam dunia perburungan apalagi birds lovers, siapa yang tidak mengenal dengan burung yang identik dengan warna hitam dan semburan warna putih di sekitar kedua matanya dan dibagian dadanya. Burung yang diyakini sebagai penjaga rumah yang handal selayaknya anjing penjaga ini mampu melengkingkan efek suara yang keras dan merdu terhadap orang asing yang dilihatnya. Bahkan dari suaranya yang merdu, kerap dijadikan ringstone di smartphone para penikmat kicau burung.

Burung Jalak Suren Jawa, burung exotic yang memiliki postur tubuh menarik dan di tompang dengan kicauannya yang sangat luar biasa. Burung yang memiliki warna putih dan hitam exotic ini banyak disukai karena memiliki postur tubuh yang sangat besar. Karakternya yang cepat bisa menirukan suara - suara disekitarnya menjadikan banyak orang suka, tak terkecuali aku sendiri. Bahkan aku memberinya nama dengan sebutan JAGO.



Jago adalah burung kesayanganku yang kedua setelah kakak angkatnya mati di makan oleh usia. Jago tak kalah dengan kakak pendahulunya yang pandai mengicaukan suara - suara merdu yang dapat memanjakanku ketika aku sedang jenuh oleh rutinitas sehari - hari.

Aku membeli Jago , ketika kakak angkatnya sudah mati. Ketika itu karena sudah terbiasa dengan adanya suara burung yang memiliki khas iris warna abu - abu ini, akhirnya aku membeli burung yang sama . Walaupun ketika itu umurnya sudah tak bayi lagi, tapi tak menyurutkan niatku untuk menjadikannya gacoan yang meramaikan suasana dirumah.

Sejak saat itu, tiap harinya aku pun memandikan dan merawatnya layaknya malika si kedelai hitam yang tenar itu. Ku rawat dia, bahkan sampai saat ini masih saja suka aku mandikan, tapi tidak tiap hari tentunya karena kesibukan yang menuntut untuk mencari dollar.



Saat ini usianya sudah menginjak 10 bulan, jadinya kicaunya juga sudah lumayan keras dan merdu tapi di karenakan bukan burung gacoan untuk di lombakan, jadinya masih kalah jauh sama Jalak Suren lainnya.

Salah satu alasan kenapa aku memilih burung berparuh panjang ini sebagai salah satu hewan peliharaan karena selain bisa menjadi satpam dirumah selayaknya penjaga, jalak suren ini juga sangat mudah perawatannya. Cukup dengan tiap pagi dan sore membersihkan kandangnya agar dia tidak mudah stres terus makanannya juga mudah didapat. Karena pada dasarnya aku tak menjadikannya untuk gacoan lomba, jadi makanannya yang diberikan pun tak aneh - aneh, hanya poor saja sudah cukup.



Dan di karenakan keadaan yang menyuruh kita tetap dirumah agar tetap aman, jadi #MumpungdiRumahkali ini memberikanku banyak waktu untuk fokus terhadap Jago yang akhir - akhir ini kurang dapat perhatianku karena kesibukanku dalam kerja.

GanSis berminat untuk menjadi salah satu orang yang memelihara burung ini ? Atau GanSis juga sudah menjadi pemelihara burung ini ?


*****


Opini pribadi
Gambar Dokpri

Salam Rahayu
@danymarta.


oranduweid
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.6K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.