extreme78
TS
extreme78
Anies: PSBB Bukan Rumus Baru, Sudah Dilakukan 100 Tahun Lalu


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pada prinsipnya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diterapkan selama 3 pekan ini di Jakarta. Anies pun meminta warga untuk disiplin dan menaati aturan dalam PSBB nanti.
"Intinya sebenarnya adalah pembatasan interaksi. Virus ini menular dari orang ke orang. Kalau interaksi antar-orang itu terus berjalan, maka kita tidak bisa memutus mata rantainya, sircuit breaking ini, mata rantai ini," kata Anies dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Pemprov DKI, Rabu (8/4/2020).

Anies meyakini PSBB akan dapat menekan laju penyebaran virus Corona (COVID-19) di DKI Jakarta. Hal itu berkaca pada penanganan wabah Flu Spanyol satu abad yang lalu. Anies mengatakan, kala itu, pembatasan interaksi antar manusia mampu mengatasi wabah Flu Spanyol.

"Ini bukan rumus yang baru dibuat di Jakarta, ini sudah dilakukan sejak 100 tahun yang lalu ketika terjadi wabah pandemi juga flu Spanyol. Kita bisa menyaksikan kota yang melakukan pembatasan secara serius yang warganya disiplin maka case fatality rate-nya rendah. Sementara kota yang membiarkan kegiatan interaksi itu berjalan terus case fatality ratenya tinggi. Kita sudah belajar dari situ," tuturnya.

Karena itu, Anies kembali mewanti-wanti warga untuk disiplin dalam menjaga jarak aman dan selalu mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Dengan disiplin, dia yakin COVID-19 di Jakarta dapat teratasi.

"Karena itu saya mengajak kepada seluruh warga Jakarta mari tanggung jawab dengan cara menjaga jarak, berada di rumah, cuci tangan, pakai masker. Dan kalau itu kita kerjakan insyaallah kita segera bisa menekan laju penularan Coronavirus ini," pungkas Anies.

https://m.detik.com/news/berita/d-49...from=wpm_nhl_5

Noh .....udah ada 100 tahun lalu :nyantai
lina.wh4iinchsebelahblog
sebelahblog dan 21 lainnya memberi reputasi
20
6.3K
103
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.