ummusalihaAvatar border
TS
ummusaliha
Kecerdasan Si kecil Yang Sering Disalah Artikan
Tingkah bocah yang salah diartikan

Sumber kompas.com Klik Dimari


Assalamu'alaikum Gansist, semoga sehat selalu dan terimakasih yang masih suka nongkrong di thread Umma Saliha. Ya Gan ane punya nama baru sejak ngaskus, yaitu dipanggil Umma sama anak-anak sebab ane adalah emak-emak. Skip

Gansist pernah nggak kalian tuh ngerasa kesel banget sama anak, apalagi usia balita. Kata orang itu masa-masanya dia eksplor dan banyak keingin tahuannya, tapi terkadang orang tua sering nggak ngerti apa yang di mau atau yang dibuat oleh anak. Bukannya merespon atau memberi apresiasi, malah omelan yang anak terima.

Disinilah di mulainya kesalahan kecil mendidik dan mengarahkan anak untuk menjalani dunianya. So mari kita belajar memahami kecerdasan yang tersembunyi dari si kecil.

Nah Umma punya beberapa pengalaman belajar memahami tingkah polah si kecil yang ternyata berpotensi punya kecerdasan tinggi loh Gansist, apa sajakah itu? Mari cekidot di bawah ini šŸ‘‡šŸ‘‡šŸ‘‡

1. Membuat adiknya menangis

Sumber ilustrasi Klik Dimari


Kejadian ini pastinya selalu terjadi dirumah apalagi jika anak masih sama-sama kecil. Sebetulnya terkadang si kakak nggak bermaksud menyakiti atau membuat adiknya menangis, hanya saja dia belum mengerti mana hal yang boleh atau tidak, yang disukai adiknya atau tidak. Akhirnya si adik yang menangis karena kakaknya tidak menuruti kemauannya, tidak selalu loh adiknya menangis itu penyebab utamanya di sakitin kakaknya.

Disini sebagai orang tua kita harus belajar bijak, tanya apa yang terjadi? Baru kita berikan penjelasan secara halus pada kakaknya, supaya tidak melakukan hal itu lagi. Jangan main ngomel atau bentak ya, Gansist.

2. Tabung air

Dokpri Ane


Pernah kesel nggak pas masuk kamar mandi apalagi pas kebelet pake banget ternyata suasana di sana kaya kapal pecah belah? Yaps, jangan main emosi dan perhatikan sekitar apa yang telah diperbuat oleh anak. Ini hasil kreasi anak Umma, dia suka sekali berantakin kamar mandi dan ternyata entah ide darimana dia buat tabung air.

Pertama kali nemuin ini pas dia disuruh untuk wudhu, berhubung di rumah masih pakai pompa belum ada penampungan. Dia buat itu agar santai saat berwudhu, nggak sambil gujlegin pompa.

3. Imajinasi tiada batas

Dokpri Ane


Anak-anak itu punya imajinasi yang sangat tinggi, dia bisa buat apa saja dari bahan yang ada di sekitar. Tapi kadang kalau sedang lelah, Bunda akan merasa emosi melihat tingkahnya. Lain kali lihat dulu ya Bunda apa yang si kecil lakukan, itu foto anak Umma bikin rumah dari tatah/ potongan kayu.

Dia juga buat mobil seperti ini šŸ‘‡šŸ‘‡šŸ‘‡

Dokpri Ane


4. Merusak barang

Dokpri Ane

Ketika rasa sayang hadir dalam hati untuk anak tersayang apapun keinginannya pasti akan dikabulkan. Semua orang tua akan berlaku seperti itu kepada anak-anaknya, lantas bagaimana jika barang yang dibelikan dirusak begitu saja oleh si kecil?

Tenang Gansist, jangan langsung marah, perhatikan apa yang dia buat. Tanpa disadari itu kecerdasan dia yang tidak kita mengerti, contoh diatas adalah anak Umma sering beli mobil baru. Kemudian rodanya dia pasang ke mobil yang nggak punya roda, keren kan? Dibalik tingkah yang dianggap nakal, tersimpan potensi cerdas yaitu memodifikasi kendaraan.


Nah sekian thread kali ini dari Umma, ini ditulis dari pengalaman pribadi. Saling berbagi agar sama-sama belajar menjadi orang tua yang bijak.

Jika suka silahkan rate, share dan cendolin Hatur nuhunemoticon-Angel

Sumber : Opini pribadi Ummu Saliha
Diubah oleh ummusaliha 05-04-2020 10:56
tien212700
cheria021
salilasa
salilasa dan 45 lainnya memberi reputasi
46
8.5K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThreadā€¢4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.