berbagi274Avatar border
TS
berbagi274
Jangan Sekadar Berjemur, Lakukan Tiga Hal ini Biar Tambah Seru, Gan!


Pandemik Wabah Virus Corona / Covid-19 masih jadi perbincangan, pembahasan bahkan perdebatan hangat. Banyak sumber yang memberikan solusi untuk pencegahan agar kita tidak terpapar virus ini. Berpola hidup bersih dan sehat menjadi hal yang utama sebagai tameng kita.

Selain itu himbauan pemerintah tentang Social Distancing dan tinggal di rumah saja, juga menjadi salah satu solusi untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang sudah memakan banyak korban di seluruh belahan dunia ini.

Hal lain yang dikampanyekan saat mewabahnya virus corona ini adalah sering mencuci tangan dengan sabut. Selain itu untuk meningkatkan imunitas tubuh, sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Namun, sayangnya berjemur juga masih jadi kontroversi dengan pendapat ilmiahnya masing-masing. Ada yang mengatakan baiknya antara jam delapan sampai jam sembilan pagi. Pendapat lain menyampaikan pukul sepuluh yang lebih baik karena penyerapan pro vitamin D dengan pancaran sinar ultraviolet pendeknya.

Terlepas dari kontroversi itu, hampir setiap pagi ane sekeluarga juga berjemur. Kalau mataharinya terang di pagi hari, ya berjemur jam delapanan. Kalau tidak sempat ya menjelang siang, sekitar jam sepuluhan. Yang penting, jangan lama-lama, jangan sampai gosong juga. Pasang alarm 15 sampai 30 menit.


(foto dokumentarsi pribadi)

Nah, ada beberapa kegiatan yang biasa kami lakukan agar kegiatan berjemur lebih seru. Gak cuma duduk atau berdiri saja. Apa saja?

1. Workout


(ilustrasi Foto: pixabay.com)

Himbauan untuk social distancing dan stay di rumah saja membuat kita sebisa tidak berolah raga di fasilitas umum atau pusat kebugaran. Solusinya adalah olah raga di rumah saja. Banyak pilihan olah raga yang bisa dilakukan bareng pasangan atau bahkan mengajak anak ikut serta.

Ane dan istri biasanya memutar video di YouTube sebagai instruktur. Jadi kami tinggal mengikuti gerakannya saja. Salah satunya video Tabata Workout ini, Tabata Workout Keluarga.

Atau bisa juga melakukan olah raga lain seperti badminton, dan olah raga lain yang bisa dilakukan bersama pasangan. Jadi berjemurnya dapat, olah raganya dapat, romantisnya juga dapat. emoticon-Toast

2. Stretching


(ilustrasi Foto: pixabay.com)

Kalau Agan Sista lagi agak malas berolah raga, mungkin bisa melakukan Stretchingatau perenggangan. Mulai dari kepala, tangan sampai ke kaki. Tentu saja di bawah sinar matahari. Aktifiitas ini bisa melemaskan otot-otot yang kaku, atau lelah karena keseringan dipakai bekerja. Jangan lupa selama melakukan Stretching mengatur napas juga. Udara pagi juga baik untuk kesehatan saluran pernapasan.

3. Mendengarkan Musik


(ilustrasi foto: Pixabay.com)


Masih mager juga? Okelah. Mungkin aktifitas mendengarkan musik melalui ponsel Agan, bisa menjadikan aktifitas berjemur jadi lebih menyenangkan. Lagu-lagu favorit yang diputarkan bisa menghilangkan rasa jenuh saat berjemur.

Kegiatan berjemur memang bukan untuk menangkal virus, apalagi virus Corona. Tapi usaha untuk meningkatkan Imunitas tubuh kita agar lebih kuat menghalau virus.

Oh iya, Ane jadi inget beberapa waktu lalu sempat mengunggah tulisan tentang berjemur. Ternyata selama ini kita salah paham soal berjemur. Tulisan ini diunggah sebelum terjadi wabah Covid-19.

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan. Dan semoga Indonesia kembali sehat, wabah pandemik corona segera berakhir. 

Quote:


kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 22 lainnya memberi reputasi
23
2.9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.