adediana
TS
adediana
Yuk, Sedekah Dengan Hal Mudah! Emang Bisa? Bisa Dong!
Assalamu'alaikum sobat kaskus.
Ketemu lagi sama Adediana di sini. Semoga gak pada bosen mampir yah ๐Ÿ˜
Walaupun weekend, tetap di rumah ya. Jangan kemana-mana dulu. Keep healthy! emoticon-Big Kiss






Sedekah adalah memberi sesuatu kepada orang lain tanpa adanya paksaan atau suka rela dan ikhlas tanpa di batasi jumlah dan waktu tertentu. Sedekah juga berarti luas, karena tidak hanya berarti memberi materi. Iya, karena segala sesuatunya memang tidak selalu diukur oleh materi.



Dengan bersedekah, kita juga bisa masuk pintu surga khusus yang dapat dimasuki oleh orang-orang yang bersedekah.


Quote:



Selain itu sedekah juga bisa di bilang sebagai bukti keimanan seseorang. Oleh karena itu, janganlah kita pelit dalam mengeluarkan sedekah.


Quote:



Sekali lagi, sedekah itu tidak melulu tentang harta. Ada banyak hal yang bisa kita sedekahkan selain uang. Sederhana, namun begitu berarti. Jadi jangan berkecil hati ketika di rasa tidak mampu untuk sedekah materi. Yuuuk, kita simak!



1. Amar Ma'ruf Nahi Munkar




Quote:



Mengingatkan dalam kebaikan. Mungkin kita pernah melihat seseorang hendak pergi ke dukun untuk meminta jimat tertentu, lalu kita melarang dia untuk pergi ke dukun dan mengingatkan agar hanya meminta pada Sang Maha Pemberi maka perbuatan itu akan dihitung sedekah.

Tidak jarang juga kan kita berkumpul pada sebuah grup atau komunitas yang kemudian ramai dengan saling sapa, senda gurau hingga akhirnya mulai menjurus kepada ghibah . Kemudian kita mengingatkan mereka agar tidak berghibah, maka itu pun adalah sedekah.



2. Menyingkirkan Batu di Jalan



Quote:



Berbuat baiklah! Karena sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, akan menjadi pahala untuk kita. Bahkan jika kita berjalan dan menemukan sebuah batu atau mungkin duri atau bisa juga kerikil yang menghalangi jalan, lalu kita menyingkirkannya, maka itu pun terhitung sedekah.




3. Menunjukkan Jalan



Quote:



Tentu kita pernah bertemu dengan orang yang tersesat atau sedang mencari alamat bukan? Nah, jika kita pernah menolongnya menunjukkan jalan, maka kita telah bersedekah padanya. Kasihan kan kalau gak di tolong nanti dia pusing ke sana ke mari mencari alamat. Kayak ayu tingting nyari alamat palsu, ehhhh. emoticon-Ngakak


Bagaimana jika ada seseorang bisa berjalan menuju surga jika tidak tahu jalannya? Maka jadi tugasmu lah untuk menunjukkan jalan menuju surga itu. Dan pahala sedekah yang luar biasa itu kita dapat.




4. Tersenyum




Quote:



Nah, ini adalah cara yang paling mudah, paling ringan di antara yang lain. Karena dengan senyum, mungkin akan mengobati luka hati yang sedang orang lain rasakan. Luka karena putus cinta. Ehhh emoticon-Malu
Kalau kita ikutan nangis, justru akan membuat dia semakin bersedih.

Ketika bertemu di jalan dan kita memberikan senyuman manis pada orang lain, maka dia akan merasa senang. Tapi, jika kita berikan wajah yang jauh dari senyum, alias muka masam. Bisa saja dia akan bersedih atau mungkin akan menimbulkan su'udzon kepada kita. 'Ih, kenapa dia jutek gitu? Emang aku punya salah ya?', 'Salah apa aku? Kok di jutekin gitu sama dia?', pertanyaan itu mungkin akan muncul jika kita tidak memberikan senyum pada mereka.

Tapi kalo gak ada orang jangan senyum-senyum sendiri, yah. Nanti dikira .... emoticon-Ngakak


Senyumlah yang ikhlas. Senyum yang datang dari hati, maka akan sampai ke hati juga. Karena senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.



Nah, di atas adalah macam-macam sedekah. Mudah bukan? Jika tidak bisa bersedekah harta, berusahalah untuk bersedekah dengan perbuatan baik. Jika mengingatkan dalam kebaikan masih terasa berat, maka bantulah menyingkirkan batu di jalan yang kau temui. Masih berat juga? Beri tahu jalan pada orang yang tersesat. Duh, susah! Kalau begitu, tersenyumlah. Karena senyum adalah seringan-ringannya sedekah.



Sekian thread ane hari ini, semoga bermanfaat buat gansis semua. Oya, kalo buat GanSis ada satu lagi nih cara sedekah, jangan lupa rate dan komen di thread ane yah. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



Jangan lupa tersenyum hari ini.


Wassalam


Sumber : Opini pribadi
Sumber Foto : pinterest
Diubah oleh adediana 05-04-2020 03:07
4iinchsebelahbloginfinitesoul
infinitesoul dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.7K
141
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadโ€ข81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
ยฉ 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.