monitortekno
TS
monitortekno
Apakah Linux Kebal Terhadap Virus?
Seperti yang kita ketahui banyak pengguna yang beralih menggunakan linux karena alasan keamanan. Banyak yang percaya bahwa Linux adalah sistem operasi yang aman dari sistem operasi lainnya. Tetapi apakah benar linux itu aman dan kebal terhadap virus

Mengapa Malware Kurang Biasa di Desktop Linux?

Malware adalah kode yang tidak diinginkan yang entah bagaimana masuk ke komputer kita untuk melakukan fungsi yang dirancang dengan niat jahat. Terkadang program-program ini memperlambat system atau menyebabkannya berhenti. Pembuat malware ini kemudian dapat meminta uang tebusan untuk memperbaiki system tersebut. Terkadang malware mengunggah informasi ke server jarak jauh, memberi seseorang akses ke data tersimpan kita atau kredensial vital yang kita ketikkan, seperti kata sandi dan nomor kartu kredit.

Orang-orang cenderung membuat malware untuk Windows karena itulah sistem operasi yang ditemukan pada kebanyakan PC. Ini meningkatkan peluang penyebaran virus dari satu komputer ke komputer lain. Pembuat virus cenderung menargetkan pengguna yang kurang teknis yang lebih mudah untuk dibodohi dengan spanduk web palsu dan penipuan phishing. Virus juga menyebar di antara orang-orang yang tahu cara membajak musik dan acara TV tetapi tidak mengerti bagaimana file-file ini dapat terinfeksi. Ada beberapa aplikasi antivirus untuk Linux , bahkan tujuannya sering membantu melindungi pengguna Windows.

Kebanyakan Server Target Malware Linux

Linux relatif jarang di desktop, tetapi ini adalah sistem operasi paling menonjol yang ditemukan di server yang memberi daya pada web dan mengelola banyak infrastruktur digital dunia. Banyak serangan yang menargetkan situs web daripada PC. Peretas sering mencari kerentanan dalam daemon jaringan yang dapat mereka gunakan untuk mendapatkan akses ke server yang didukung Linux. Beberapa memasang skrip berbahaya di server yang kemudian menargetkan pengunjung daripada sistem itu sendiri. Meretas mesin yang didukung Linux, apakah itu server atau perangkat IoT, adalah salah satu cara untuk menginfeksi web atau membuat botnet.


4 Alasan Mengapa Linux Relatif Aman Digunakan
Dibanding sistem operasi lainnya Linux lebih kebal terhadap virus. Memang Linux tidak kebal terhadap eksploitasi, dalam penggunaan sehari-hari, tetapi Linux tetap menyediakan environment yang jauh lebih aman daripada Windows. Berikut beberapa alasannya.
1. Banyak Distro, Environments, dan Komponen Sistem
Pengembang aplikasi mengalami kesulitan mengembangkan Linux karena ada begitu banyak versi yang didukung. Tantangan yang sama dihadapi pencipta malware. Apa cara terbaik untuk menyusup ke komputer seseorang? Apakah kita menyelinap kode dalam format DEB atau RPM? Kita dapat mencoba mengeksploitasi kerentanan di server tampilan Xorg atau di window compositor tertentu, hanya untuk menemukan bahwa pengguna memiliki sesuatu yang lain diinstal.
2. App Store dan Manajer Paket Melindungi Pengguna Linux
Sistem manajemen paket Linux tradisional menempatkan pengelola aplikasi dan pengulas antara pengguna dan sumber perangkat lunak mereka. Selama kita mendapatkan semua perangkat lunak dari sumber tepercaya ini, kemungkinan besar kita tidak akan menemukan sesuatu yang berbahaya. Hindari menyalin dan menempelkan instruksi baris perintah untuk menginstal perangkat lunak, terutama ketika kalian tidak tahu persis apa yang dilakukan perintah dan kalian tidak yakin dengan sumbernya.
3. Teknologi Baru Yang Secara Aktif Mempertimbangkan Keamanan
Format aplikasi baru seperti Flatpak dan Snap memperkenalkan izin dan sandboxing, membatasi hak akses sebuah aplikasi. Server tampilan Wayland yang baru dapat mencegah aplikasi mengambil tangkapan layar atau merekam yang terjadi di layar, membuatnya lebih sulit untuk dieksploitasi.
4. Kode Sumber Terbuka untuk Semua Orang Membaca
Keuntungan utama Linux berasal dari kemampuan melihat kode. Karena Linux adalah open source daripada proprietary, kita tidak perlu khawatir tentang desktop itu bekerja melawan kita, bertindak sebagai spyware itu sendiri atau menderita eksploitasi yang belum diungkapkan karena alasan komersial. Bahkan jika kita tidak dapat memahami kode tersebut, kita dapat membaca posting blog atau laporan dari seseorang yang melakukannya.

Haruskah Kita Takut Pada Malware Linux?

Ini adalah mitos bahwa pengguna Linux tidak perlu khawatir tentang virus, tetapi jika kita tetap menggunakan App Store distro kita atau sumber tepercaya lainnya seperti Flathub, kita tidak akan menemukan sesuatu yang berbahaya. Apa pun sistem operasi yang kita gunakan, penting bagi kita untuk menerapkan kebiasaan digital yang aman. Jangan membuat kesalahan dengan meyakini bahwa beralih ke Linux berarti kita dapat mendownload dari situs yang tidak lengkap tanpa khawatir. Namun kebanyakan dari kita, risiko terbesar mungkin bukan malware. Jika kita telah membuat sejumlah besar akun online atau bergantung pada layanan cloud, penipuan phishing adalah ancaman yang jauh lebih besar terhadap data kita, baik kita menggunakan Linux atau tidak.

Sumur:
Quote:




NadarNadznona212tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.2K
45
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
icon
4.4KThread2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.