powerpunk
TS
powerpunk
Berbagai Hoax Tak Masuk Akal Tentang Korona


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Pandemi korona yang menimpa hampir semua wilayah didunia hampir membuat dunia ini lumpuh. Bagaimana tidak? Himbauan dari organisasi kesehatan dunia (WHO) agar semua orang #DirumahAja membuat semua tempat sepi. Tempat wisata, pusat perbelanjaan, pasar, tempat ibadah, dan jalanan pun jauh lebih sepi, bahkan ada yang kosong dan lengang.

Ditengah gencarnya dunia dan pemerintah membuat himbauan untuk memutus mata rantai penularan virus, nyatanya ada saja oknum tak bertanggungjawab yang secara sengaja menyebar ketakutan melalui berbagai kalimat hoax. Kalimat - kalimat hoax itu dirangkai seolah - olah valid dan bisa di percaya. Sayangnya, sebagian masyarakat pun percaya dengan pernyataan hoax yang sebenarnya tak masuk akal. Apa saja itu?


Korona Menyebar Melalui Smartphone Merek Tertentu.


Diawal kemunculan virus korona, banyak orang masih awam mengenai bagaimana virus ini menyebar. Hal itu dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab dengan menyebar isu yang menyebut bahwa virus korona menyebar melalui server salah satu merek smartphone yang dibuat di China, tempat dimana virus ini berasal. Akibatnya, ada himbauan agar kita mencuci tangan selepas bersalaman dengan pengguna smartphone merek tertentu tersebut agar kita tidak tertular virus. Padahal jika di nalar, tidak mungkin virus bisa menyebar melalui server yang digunakan oleh smartphone merek tertentu.


Virus Ini Juga Dapat Menyebar Melalui Pandangan Mata.


Secara nalar, penularan virus melalui pandangan mata sudah tidak bisa diterima akal. Bagaimana mungkin virus bisa menyebar antar pandangan mata. Kalau jarak antar matanya dekat sih masih bisa di terima nalar, dengan asumsi virus menular melalui udara, meski menurut WHO penyebaran virus ini juga tidak bisa melalui udara. Lalu bagaimana mungkin virus ini bisa menyebar hanya karena kita saling berpandangan? Sayangnya, sebagian orang masih percaya dengan informasi ini meski sudah banyak yang menyebut bahwa informasi ini hoax.


Korona Sebenarnya Adalah Radiasi Sinyal 5G.


Saat ini dunia memang tengah mengembangkan jaringan telekomunikasi berkapasitas besar, atau yang biasa disebut dengan istilah jaringan 5G. Jaringan ini nantinya akan menggantikan jaringan 4G yang selama ini sudah kita gunakan. Sayangnya, ditengah penyebaran virus korona seperti sekarang ini, ada pihak yang menyebut bahwa korona yang merenggut ribuan orang didunia ini sebenarnya adalah radiasi dari sinyal 5G yang sedang dalam proses pengembangan. Mungkin karena sama - sama tak kasat mata (sinyal dan virus) maka banyak orang yang mempercayai rumor ini.


Banyak Korban Bergelimpangan di Jalanan.


Sebuah foto yang menunjukkan puluhan orang "bergelimpangan" dijalanan menyebar melalui group - group perpesanan. Foto tersebut tak berdiri sendiri melainkan di sertai dengan narasi bahwa foto tersebut adalah foto para korban virus korona di China yang membuat orang - orang jatuh bergelimpangan. Padahal, narasi yang disematkan tersebut tidaklah benar. Faktanya, foto tersebut adalah foto peringatan "katbach",sebuah peringatan mengenang kekejaman tentara Nazi. Sebahaya - bahayanya virus korona, tak akan membuat orang yang tertular seketika terkapar dijalanan.


Menaruh Amoxillin di Tandon Untuk Cegah Korona.


Berusaha dan berupaya agar terhindar dari virus korona memang hukumnya wajib. Tapi tentu saja harus dilakukan dengan disertai ilmu yang cukup. Seperti akhir - akhir ini beredar informasi yang mengatakan bahwa dengan menaruh obat Amoxillin kedalam tandon air, maka akan bisa mencegah tertular virus korona. Masuk akal? Sekilas masuk akal, apalagi yang awam dengan ilmu medis. Tapi jika mau sedikit saja mencari informasi, jelas ini tak masuk akal. Amoxillin merupakan obat anti bakteri sedangkan korona termasuk dalam kategori virus, yang jelas sangat berbeda. Toh, amoxillin merupakan obat oral (untuk diminum), bukan untuk membunuh bakteri ditandon air.



Masih banyak lagi informasi - informasi hoax terkait penularan, penyebaran dan berbagai hal terkait korona. Mengingat virus ini merupakan virus baru yang masih banyak orang awam tentangnya. Membuat orang - orang tak bertanggungjawab memanfaatkannya dengan menyebar informasi yang belum jelas kebenarannya. Oleh karena itu, hendaknya kita lebih berhati - hati dalam menerima informasi tersebut. Informasi yang sering kita peroleh melalui group chat sebaiknya tidak langsung kita broadcast lagi ke pihak lain. Ada baiknya kita menyaring informasi tersebut sebelumnya men - sharing-nya. Jangan sampai kita ikut - ikutan menyebar berita hoax yang justru menimbulkan kegaduhan ditengan wabah korona saat ini.






Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini, Ini, dan Ini




Spoiler for Jangan Di Scan..:



Spoiler for :


4iinchsebelahbloginfinitesoul
infinitesoul dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.8K
32
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.