• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [NASIONALISME] Sedikit Sejarah NKRI sampai DiDeklarasikan & Peran Semua Elemen Bangsa

rifki.albasyuni
TS
rifki.albasyuni
[NASIONALISME] Sedikit Sejarah NKRI sampai DiDeklarasikan & Peran Semua Elemen Bangsa
ASSALAMUALAIKUM. WR. WB.

SALAM KESELAMATAN dan KESEJAHTERAAN

utk KITA SEMUA

Artikel kali ttg Sejarah singkat Negara kita tercinta Indonesia. Sebelumnya dan sampai berdirinya.  Semoga bermanfaat.

-Masa sebelum bernama Hindia-Belanda-




Berkisar sekitar dari 600 – 1500 tahun lalu.  Didiami Bangsa-Bangsa yg berbentuk dgn sistem kerajaan di Pulau Jawa. Di Pulau ini terdapat banyak kerajaan-kerajaan dgn sistem agama Hindu-Buddha. Bukan berarti di pulau-pulau lain tidak terdapat kerajaan-kerajaan. Semua Kerajaan-Kerajaan di Kawasan ini pada masa sebelum Hindia-Belanda terkenal dgn sebutan Nusantara yg berarti : Nusa atau Bangsa dan Antara.

-Masa bernama Hindia-Belanda-




Selama beberapa ratus tahun lamanya sebelum berdiri Negara ini, bernama Hindia-Belanda. Sejak kira2 abad ke-16 didatangi bangsa2 dari Kawasan Eropa. Selama itu dan menurut sebagian sistem yg ada dunia, Kawasan yg kita diami ini berada di bawah kekuasaan beberapa Bangsa2 dari Eropa.

Pada tahun 1908 mulai tersebarnya Kesadaran sbg Bangsa yg berdiam di Kawasan ini.

Pada tahun 1928 terjalin kesepakatan sebagian perwakilan2 Pemuda Pemudi dari setiap Wilayah di Hindia-Belanda, yaitu yg bernama Sumpah Pemuda. Isi dari kesepakatan tsb adl :
Kami Pemuda/I Indonesia Bersumpah :
“Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia”.
“Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia”
“Bertanah Air Satu, Tanah Air Indonesia”


Sejak itu berbagai elemen Bangsa Indonesia bersatu padu utk merebut kemerdekaan Negara Kita Semua. Tidak hanya dari tokoh2 dan pemangku adat saja, bahkan juga rakyat jelata semisal petani2 biasa. Semua elemen Bangsa Indonesia tidak hanya penganut Islam, Kristen, Hindu, Buddha bahkan orang2 etnis Tionghoajuga ikut membantu, misal dalam mendanai ataupun memberi kemudahan2 dlm berdagang dgn mereka.

-Masa Pendudukan Jepang- 





Sehabis masa kolonial Belanda, datang jua Bangsa Jepang, bangsa dari sebelah timur Tiongkok (China dahulu). Yg sudah lebih dahulu bersatu dan merasakan Kesatu Paduan yg Utuh lalu sampai melakukan invasi kpd Hindia-Belanda. Diganti dgn Pendudukan Jepang ini, lalu Bangsa Belanda minggat ke Wilayah nya kembali.

Pernah ada cerita yg saya ingat, sewaktu masa Kolonial Jepang, seorang pejuang yg melarikan diri dan berusaha menghindar dari penangkapan Kolonial Jepang lalu ditolong oleh seorang rakyat biasa (mungkin petani-Pen).

-Deklarasi Kemerdekaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)-




Pada tahun 1945 dideklarasikan sebuah Negara yg Bernama Indonesia di Kawasan Asia Tenggara. Dengan Sistem tersendiri dari 2 Sistem Berbangsa dan Bernegara yg ada saat itu, yaitu Sistem Demokrasi Pancasila. Yg merumuskan dan mendirikan Negara ini dgn Sistem Demokrasi Pancasila adl sebagian Putra-Putri Bangsa. Nama Indonesia diusulkan oleh Ir. Soekarno karena menurut Beliau nama kawasan ini sudah populer di Eropa dgn nama tsb. (Sebagai tambahan Ir. Soekarno pernah belajar di Eropa)

Setelah berdirinya Negara Kita Tercinta Indonesia, tokoh2 adat yg ada di berbagai provinsi sekarang ini dijadikan Pahlawan Nasional sebut saja, Teuku Umar dan Cut Nyak Dien dari Banda Aceh, Imam Bonjol dari Sumatera Barat, Sultan Hasanuddin dari Makassar, dan semua Pahlawan Nasional lain yg tidak dapat saya sebut dan ingat.

-------------------------------------------------


PENUTUP




Sekian sejarah singkat Negara Kita Tercinta Indonesia dan Peran Semua Elemen Bangsa.


Semoga dapat bermanfaat untuk NKRI 2020 - 2050 dan sampai 1000 Windu Lagi


Sekian dan semoga bermanfaat

...Aamiin YRA...

SUMBER


























Diubah oleh rifki.albasyuni 14-06-2020 15:27
4iinchsebelahbloginfinitesoul
infinitesoul dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1K
22
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.