• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wujud Kepedulian Anak Usia SMA Terhadap Bahaya Penyebaran Covid-19

NinaahmadAvatar border
TS
Ninaahmad
Wujud Kepedulian Anak Usia SMA Terhadap Bahaya Penyebaran Covid-19
Mengukur Tingkat Pemahaman dan Kepedulian Tentang Covid-19 Pada Anak Usia SMA

Quote:

Sumber : Klik


Dengan diperlakukannya pengurangan aktivitas diluar rumah karena adanya penyebaran Covid-19 yang mulai tidak terkendali, sektor pendidikan tidak luput terkena dampaknya.  Tidak ada jalan lain kecuali melakukan pembelajaran sistem online, dengan harapan peserta didik tidak tertinggal dalam materi pembelajaran.  Namun banyak hal yang menjadi kendala yang dihadapi para peserta didik dalam menjalani masa sistem pembelajaran online ini. 

Sebagai tenaga pendidik yang berdiam di wilayah pedesaan tentunya persoalan kecepatan akses internet menjadi kendala utama.  Disisi lain pendidik dituntut untuk tetap melaksanakan pembelajaran selama masa pemberlakuan pengurangan aktivitas di luar rumah, namun disisi lain pendidik diharapkan juga mampu memahami kondisi peserta didik yang tidak semua berasal dari keluarga yang mampan.  Peserta didik tidak semua memliki gadget dan kuota yang memadai untuk menunjang sistem pembelajara online yang dianjurkan oleh pemerintah.
 

Pemberlakuan 14 hari dengan metode pembelajaran berbasis online,  cara yang dapat dilakukan sebagai tenaga pengajar dengan membagikan materi pembelajaran dan lembar kerja  melalui blogpribadi, classroom, edmodo, google form, dan lain lain.  Ruang Guru, Rumah Belajar Kemendikbud, Zenius juga sangat menunjang para tenaga pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan sistem pembelajaran online.


Quote:

Sumber : Klik


Dalam hal ini TS selaku tenaga pendidik, mencoba mengukur tingkat pemahaman peserta didik tentang covid-19 dikalangan anak usia SMA.  Berikut pertanyaan yang TS ajukan pada peserta didik melalui blogpribadi yang direspon oleh peserta didik dengan mengirimkan jawaban melalui WhatsApp.


Special question (Wajib dijawab menurut pemahaman masing-masing)

1.  Ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi tentu menimbulkan kekhawatiran bagi seluruh masyarakat.  Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya penyebaran Covid-19 mengakibatkan beragamnya reaksi masyarakat dalam menghadapi bahaya yang mengancam. Penyebaran yang begitu cepat tidak memandang strata sosial.  Dalam hal ini pemerintah pusat maupun daerah mengambil langkah cepat dengan menerapkan anjuran untuk beraktivitas di rumah, Nah menurut kalian apa tujuan diberlakukannya anjuran untuk melakukan aktivitas di rumah?


2.  Menurut kalian apakah diberlakukannya aktivitas di dalam rumah dengan menerapkan sistem pembelajaran online bagi peserta didik sudah efektif? tuliskan alasannya


3.  Jabarkan secara singkat pemahaman anda tentang Covid-19

Alhasil banyak jawaban dari peserta didik yang cukup menggelitik, namun tidak sedikit dari mereka juga memahami tujuan diberlakukannya pengurangan aktivitas di luar rumah.  Selain itu peserta didik juga menunjukkan kereatifitas mereka untuk mengisi kegiatan selama prose pembelajaran Online.  Berikut jawaban beragam yang TS ambil secara acak dari beberapa peserta didik:


1. Abdul Malik Fajar

Memangku jabatan sebagai Ketua Osis, tak heran jika pria kece satu ini memiliki tingkat kecerdasan yang patut diacungi jempol.  Selain berwasasan cukup luas, juga terkenal sebagai pelajar yang sangat santun dan care terhadap sesama.  Berikut jawaban menurut Abdul Malik Fajar


Quote:


Quote:


Selain mengemukakan pendapat pria satu ini mengkapanyekan upaya peningkatan immunitas tubuh demi menangkal penularan virus.  Hal yang dilakukan adalah dengan berjemur dengan tujuan untuk meningkatkan imun tubuh. Selama proses pemutusan rantai penyebaran Virus,  meski pembelajaran dialihkan ke rumah namun pria kece ini tetap aktif dalam pembelajaran, selain itu juga mengisi dengan kegiatan positif. 


Quote:


2.   Mustagfirah

Duduk dikelas XI MIPA 1, remaja berwajah manis ini tergolong memiliki otak encer dan cukup kritis.  Gadis manis ini sangat tidak nyaman mengikuti pembelajaran dalam kelas jika posisi duduk tidak berada pada barisan terdepan.


Quote:


3.  Zulkifli 

Pria bertubuh bongsor ini tak ketinggalan pula dalam kegiatan kampanye mencegah penuran virus yang dibagikan melalui video singkat cara mencuci tangan yang benar.  Meski TS menganggap cara yang dilakukan masih kurang tepat tetapi minimal memberikan edukasi kepada anak-anak pentingnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. 


Quote:


4. Rikawati 

Gadis manis yang duduk di kelas XI MIPA 2 ini tergolong anak yang cerdas.  Meski dalam keseharian cendrung lebih pendiam tetapi kemampuan akademik tidak diragukan.  Hal positif yang dilakukan gadis manis ini dalam mengkampanyekan upaya pencegahan penularan virus terlihat pada video dan gambar berikut. 


Quote:


5. Misbariani 

Gadis manis berkulit hitam manis ini juga tidak mau kalah dengan teman temannya dengan menunjukkan partisipasi lewat kreatifitas kampanye melalui sosial media.  Gadis satu ini mengkapanyekan anjuran pemerintah #dirumah aja.


Quote:


6.  Nurul Munafia 

Quote:


Gadis manis yang duduk dikelas XI MIPA 2 ini juga menunjukkan partisipasi dalam mengkapnyekan anjuran pemerintah untuk beraktivitas dirumah sebagai salah satu upaya memutuskan rantai penyebaran covid-19.  Bentuk partisipasi ditunjukkan lewat kreatifitas dan tutorial mencuci tangan dengan benar untuk menjaga agar tidak mudah terjangkit virus.


Quote:


7. Firdaus Syawal

Pelajar berkulit putih ini duduk pada kelas XI IPS 1, tak mau ketinggalan pria satu ini juga menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan tangan, seperti terlihat pada video berikut


Quote:


Muda tak berarti mereka berdiam diri menunggu putusnya rantai penyebaran covid-19, tetapi mereka menujukkan kepedulian dengan mengkampanyekan upaya pemutusan rantai penyebaran covid-19 lewat kreatifitas mereka.  


Demikian tread kali ini gansis, semoga bangsa indonesi kembali normal, dan penyebaran virus cepat teratasi.  Sampai jumpa pada tread selanjutnya. Salam literasi dan salam sehat. 


Sumber   : Opri
Gambar  : Dokumentasi Pribadi 
Diubah oleh Ninaahmad 29-03-2020 00:04
mbakendut
abellacitra
infinitesoul
infinitesoul dan 44 lainnya memberi reputasi
45
1.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.