orgasmax
TS
orgasmax
PUNYA UTANG TAPI HIDUP TETEP NYAMAN ??? - Family Financial Management Series
Halo gansis tercinta setelah beberapa hari vakum bikin trit karena TS sibuk pacaran ditambah dengan Wabah Covid19 yang sedang menjadi perhatian dunia. Maka kali ini TS akan mencoba sharing dengan gansis terkait masalah utang menurut KBBI lebih pas utang bukan hutang apalagi kutang itu udah jauh maknanya.




Definisi Utang : 1 uang yang dipinjam dari orang lain  2 kewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima.

Seperti pepatah mengatakan hidup itu jangan "Besar Pasak Daripada Tiang", maksudnya jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan/pendapatan. Jika ini terjadi maka gansis bisa masuk kedalam lingkaran setan gali lubang tutup lubang dengan cara berutang. Persis seperti APBN Kerajaaan similikiti yang selalu defisit terus sehingga utang luar negeri gak ada abisnya sampai tujuh turunan. Hiduplah dengan budget line gansis sekalian, kalo gaji 1 juta hiduplah dengan gaya hidup 1  juta. Kalo gaji 10 juta hiduplah dengan gaya hidup 10 juga. Jangan sampe gaji 1 juta gaya hidup 10 juta ini biasanya jenis manusia yang mengedepankan gengsi yang tak logis atau istilah lainnya "Biar Tekor Asal Kesohor".




Kalo gaji 10 juta tapi gaya hidup 1 juta...ya ini bagus aja artinya hemat dan punya banyak saving yang mungkin nanti berguna buat masa tua atau buat modal usaha. Asal jangan jadi manusia pelit aja ingat sedekah dan berbagi itu penting. Emangnya kalo kita meninggal kita merangkak sendiri ke liang lahat khan pasti ada yang gotongin orang lain. Artinya : Sebagian dari harta kita adalah hak orang lain, yakin lah akan hal itu gansis.




Oke sudah cukup panjang TS ceramah kayak orang pinter aja padahal TS juga cicilan panci sama ember belum lunas, tapi Alhamdulliah sis hidup mah adem ayem aja karena jumlah utang relatif kecil yaitu sekitar 14% dari total pendapatan. Ratio umum utang terhadap pendapatan adalah 30% yang berarti kalo gaji 1 juta hutang/cicilan  jangan lebih dari 300 ribu.




Nah sekarang yuk kita belajar bagaimana sih cara kelola utang kita dari tips berikut :

1. Prioritaskan Lunasin Utang Yg Bunganya ting
gi.
Misal gansis ada punya utang lebih dari satu, liat mana yang paling tinggi bunganya. prioritaskan untuk melunasi utang itu. Mekanisme perbankan ada kok yang bisa mindahin utang kemudian utang di hand-over dg bunga yang lebih adem. Atau jika ada rejeki nomplok buruan lunasin utang tsb.  TS kasih sharing dulu TS punya utang buat KPR 10 tahun tapi karena ada rejeki 6 tahun TS lunasin, karena bagaimanapun juga rumah merupkan tempat kita hibernasi sehari2 jadi rasanya lebih plong aja kalo udah punya sendiri betul apa betul ? hehehe. Waktu itu orang bank nya sempat bilang mau di take over bank lain ya ? ( maklum komuk TS emang komuk rakyat jelata gitu ) ya TS bilang aja gak mbak lagi ada rejeki aja jadi pengen lunasin.

Buat yg masih jones pengen punya rumah sekalian bini juga, tenang ada jalan keluar nih...




2. Epaluasi Masuk Keluar Duit.
Jangan cuman masuk keluar itu aja yg dipikirin ya gan hahaha, tapi keluar masuk duit perbulan juga coba deh epaluasi ( maap gak bisa ngomong v atau f ), jangan2 ada pengeluaran yg gak penting2 amat. Dengan demikian kita bisa mengendalikan diri dari kalap mata kalo lagi ke mall atau ke pasar.


3. Bikin Anggaran Lunasin Utang.
Pastikan setiap terima gaji atau duit prioritas keluarin dulu buat bayar utang/cicilan panci/cicilan motor/cicilan kuda dll. Disiplin dalam hal ini, jangan sampai telat bayar dan kena bunga berbunga. Yang pakai CC jangan bernyaman diri dengan pembayaran minimum itu tuh jebakan betmen. Lebih baik bayar semua utang belanja CC.



4. Cerdas Dalam Belanja.
Udah deh kuatin iman kalo lagi di mall atau supermarket atau pasar tradisional. Pastikan belanja cerdas, belanja yang memang diperlukan bener dan jangan lupa berburu diskon dan pandai2lah nge-buy one get one ini juga lumayan bisa hemat.




5. Cari Kerjaan Sampingan.
Jika utang kebablasan sampe numpuk dan menggerus pemasukan, sehingga gaji bulanan cuman numpang lewat doank di rekening. Maka perlu dipikirkan penghasilan tambahan, entah itu dari kerjaan sampingan atau jualan apa kek yg intinnya menambah penghasilan.





6. Disiplin Dalam Menjalankan Rencana Lunasin Utang.
Nah tentu saja tanpa kedisiplinan dalam bayar utang, seperti menunda atau menuggak bukanlah hal yang baik. Termasuk disiplin dalam mengelola pengeluaran. Pastikan disaat kita punya target lunasin utang, pengeluaran yang gak perlu2 amat bisa ditunda lah ya. Yang penting bisa makan dulu lah walaupun Indomie setiap hari. ( selang-seling sama Mie Sedap lah jangan Indomie mulu gak baik kata nenek )

7. Gak Usah Dipikirin Tiap Hari.
Utang tuh biasanya khan tiap bulan bayarnya, jadi pikirinnya tiap bulan aja keles hehehe. Tiap hari lebih bagus dipikirin gimana cara ningkatin penghasilan aja. Kata "The Law of Attraction" kalo kita mikirinnya "lunasi utang" maka yang dibaca oleh alam adalah "utang", tapi kalo kita mikirinnya "Duit tambahan" maka yang dibaca oleh alam adalah "Duit". 




8. Minta Dukungan Keluarga.
Gansis karena ini forum wedding dan family, maka dalam upaya melunasi atau keluar dari jeratan utang betul2 dukungan keluarga diperlukan. Ane kasih contoh misalnya utnuk keluar dari jerat utang yang seakan menghipnotis kehidupan keluarga menjadi seperti suasana "neraka" tidak perlu gengsi untuk jual mobil atau aset lain dulu ( khan masih ada motor dan gojek ) untuk lunasin utang, gak perlu gengsi gak punya mobil sementara tetangga semua punya mobil. Buang jauh rasa gengsi maupun sensi karena itu gak bermanfaat dalam upaya lunasin utang.

=====



Nah demikian saja dulu trit TS ini semoga bermanfaat bagi yang sedang dilanda kegalauan karena utang, percaya deh banyak orang punya utang dan kita pasti bisa lunasin kalo kita niat kuat dan jangan lupa doa juga biar ati adem. Akhir kata TS mohon maaf jika ada gambar atau kata yang kurang berkenan, Jika gansis mau sharing bagaimana gansis berhasil lepas dari jeratan utang, atau sekedar curhat masih banyak utang gpp silahkan aja sharing, karena sharing is caring, mungkin dengan sharing utang belum lunas tapi paling gak ada sedikit beban dihati yg berkurang dan timbul semangat untuk keluar dari utang or at least bisa tetep idup adem walau punya utang karena utangnya udah dikitan.



THE END

Mister-O™

source : gugel + lebay kata


---oOo---

PS : Ya Allah berikanlah kemudahan buat gansis yang masih punya masalah dengan utang, berikanlah kekuatan hati serta lancarkanlah rejeki mereka sehingga mereka bisa terbebas dari utang yang menyusahkan hidup mereka...Aamiin.


nunu403NadarNadztien212700
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
6.1K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.