kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Suanggi, Setan Endemik Indonesia Timur



Indonesia memang begitu kaya dengan hal mistis. Setiap daerah di Indonesia, memiliki cerita akan keberadaan suatu legenda horor yang dipercaya turun temurun. Jika genderuwo, kuntilanak, dan pocong kerap membuat masyarakat Jawa bisa kencing dicelana, Kalimantan terkenal dengan kuyang yang bisa bikin pingsan, atau Sumatera Barat yang membuat para orang tua takut dengan kehadiran palasik, maka lain lagi di tanah Indonesia Timur. 



Hantu yang disebut Suanggi ini konon katanya membuat kaku bagi yang melihatnya, tidak hanya itu keberadaannya bahkan membuat masyarakat Papua dan Maluku yang terkenal dengan kebranian dan kekuatannya dibuat takut terhadap Suanggi, hal ini membuat mereka enggan meninggalkan rumah ketika malam hari. Terlebih bagi mereka yang masih tinggal di pedalaman. Begitu takutnya mereka pada Suanggi, sampai-sampai bahasan tentang hantu pun seperti menjadi hal terlarang. Lantas, seperti apa Suanggi itu sebenarnya?

Berawal dari cerita masyarakat Kecamatan Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara. Di daerah ini, Suanggi dikenal memiliki wujud seorang perempuan cantik dan mengincar laki-laki hidung belang untuk berhubungan intim. Setelah itu barulah Suanggi menyerang dan memakan alat kelamin pria tersebut. Di Nusa Tenggara Timur, Suanggi menjelma menjadi wujud yang cantik namun menyimpan banyak kedengkian dan dendam yang mendalam kepada warganya.





Hingga akhirnya ia menemukan sebuah pohon besar  dan mendengar sebuah bisikan untuk segera pulang ke rumah dan mempraktikkan ilmu hitam yang diperolehnya selama 40 hari. Setelah ia mencoba mempraktikkan ilmu hitamnya tersebut ternyata harus dibayarkan dengan nyawanya sehingga ia menjadi arwahnya gentayangan mencari mangsa.

Agan Sista penasaran dengan kisah mistis asal Indonesia Timur? Langsung aja dengerin Podcast Malam Kliwon hanya di Kaskus Podcast!

podcast-episode

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut


someshitness
infinitesoul
Gimi96
Gimi96 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
6.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.