• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hal-hal yang Sering Banget Didenger dalam Situasi Pandemi Covid-19 Ini

yuki26
TS
yuki26
Hal-hal yang Sering Banget Didenger dalam Situasi Pandemi Covid-19 Ini

Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:



sumber gambar popbela.com

Saat ini dunia lagi mengalami kondisi dan situasi yang sama, yaitu melawan sebuah virus. Suatu virus yang baru dan begitu cepat menyebar ke seluruh negara. Virus yang dimaksud adalah Covid-19. Apa itu Covid-19? Covid-19 adalah salah satu jenis virus baru, namanya Corona Virus Diseaseyang ditemukan tahun 2019. Saat itu kasus pertamanya cuma di Kota Wuhan aja, abis itu malah nyebar ke negara lainnya. Skala penyebaran virus ini begitu cepat, sehingga membuat suruh negara hampir kewalahan untuk menanganinya. Penyebaran yang begitu luas dan cepat hingga dunia merasakan dampaknya, maka virus ini sifatnya pandemik. Apaan lagi tu pandemik? Berdasarkan KBBI, pandemik adalah istilah kedokteran yang artinya penyebaran penyakit ke seluruh dunia. Situasinya bisa juga disebut dengan pandemi.


sumber gambar lowyinterpreter.com

Dalam situasi pandemi yang sedang berlangsung ini, kita jadi sering banget denger beberapa istilah dan kata-kata khas. Banyak istilah, kata, dan hal-hal yang selalu muncul serta sering disebut dalam media akhir-akhir ini. Selain itu, beberapa istilah dalam ilmu kedokteran pun juga ada. Ya wajar sih, karena media sekarang bener-bener menyorot situasi pandemi Covid-19. Semuanya berkaitan dengan kesehatan yang otomatis ilmu kedokteran juga berperan. Hampir setiap headline di portal berita membahas mengenai hal tersebut. Semua media membicarakan Coronavirus. Daripada bahas Corona Virus Disease lagi seperti kebanyakan orang, mending gua bahas istilah, kata, dan hal-hal yang biasa muncul saat ini. Gua yakin kalian juga pasti udah paham nanti. Langsung aja deh, berikut diantaranya.

1. Quarantine
Kalian pasti tau dong maksud dari quarantine. Bisa disebut juga karantina, ya seperti makna dasarnya. Dalam konteks pandemi Covid-19, quarantine maksudnya membatasi pasien di suatu tempat untuk menjalani proses penyembuhan.

2. Social Distancing
Berikutnya ada istilah social distancing yang merupakan anjuran pemerintah. Anjuran kepada warga untuk tidak berkumpul dan tidak berinteraksi langsung seperti hari-hari biasa.

3. Psychical Distancing
Istilah lainnya ada psychical distancing yang juga merupakan anjuran pemerintah. Kampanye psychical distancing dilakukan untuk menjaga warga agar tidak melakukan kontak fisik. Selain itu menjaga jarak sekitar 1 meter dengan orang.

4. Lockdown
Kalo yang ini negara kita gak pake istilahnya. Cuma di berbagai negara memakai istilah ini untuk menangani pandemi Covid-19. Maksud dari lockdown sendiri, merupakan pembatasan aktivitas masyarakat untuk keluar rumah.

5. Stay Home (di Rumah Aja)
Sebuah ungkapan yang dikampanyekan serentak biar diikuti. Ini juga anjuran dari pemerintah untuk berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Ya masyarakat di rumah aja gak usah keluar kalo gak perlu.

6. Stay Safe
Bisa dibilang sih sebuah doa atau amanat. Biasanya sekarang dipake buat penutup. Disampaikan kepada orang yang mendengar guna teringat untuk menjaga kesehatan dan keselamatannya.

7. Belajar di Rumah
Solusi pemerintah buat para pelajar. Hal ini biar mereka bisa tetep menjalankan kegiatan belajar di rumah selama waktu yang ditentukan. Biasanya satu kelas berinteraksi melalui media yang ada saat ini, seperti video call atau sekedar room chat.

8. Work From Home
Lagi-lagi solusi pemerintah untuk para pekerja. Beberapa tipe pekerjaan yang bisa dilakukan secara jarak jauh, work from home sangat berguna. Hal ini dilakuin biar perusahaan tetap jalan untuk menjaga perekonomian.

9. Sanitizer
Kalo yang ini sebuah benda cair yang diburu sama orang-orang. Fungsinya emang baik untuk mensterilkan diri dari virus. Lebih tepatnya sih mensterilkan tangan.

10. Disinfektan
Untuk yang ini sama seperti sebelumnya, sebuah cairan dari larutan khusus. Digunakan untuk mensterilkan tempat umum dari virus. Sekarang sering dipake oleh banyak orang.

11. Masker
Sebuah benda penutup hidung dan mulut. Fungsinya sih buat memfilter virus dan bakteri. Tapi fungsi ini cuma didapet dari masker medis. Benda ini termasuk dalam APD.

12. APD
Media sering banget nyebut APD. Banyak lembaga dan tokoh juga yang sampe mendonasikan APD. Sebenernya APD adalah singkatan dari Alat Pelindung Diri. Berguna banget untuk tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19. APD diperlukan biar tenaga medis tidak tertular dan menularkan.

13. Rapid Test
Sebuah alat yang dipercaya bisa melacak status Covid-19 dalam tubuh manusia. Alat pengecekan ini bekerja dengan menggunakan sampel. Dinamakan rapid test, karena hasilnya dapat keluar dalam waktu yang cukup singkat.

14. Antiseptik
Selanjutnya ada cairan yang sekarang cukup diperlukan. Antiseptik bisa digunakan sebagai bahan dasar penggunaan sanitizer. Intinya sih sama-sama berfungsi mensterilkan bagian luar kulit.

15. OTG
Singkatan dari Orang Tanpa Gejala. Istilah yang dipake untuk menamai orang yang pernah terpapar Covid-19 tapi gak mengalami keluhan. Bisa orang sehat tapi malah nyimpen Covid-19 ditubuhnya. Punya kemungkinan kambuh gejalanya.

16. Silent Carrier
Hampir sama kayak OTG, tubuhnya menyimpan Covid-19. Berpotensi menularkan kepada orang lain. Cukup bahaya tipe orang yang satu ini.

17. ODP
Penamaan buat orang yang pernah satu tempat atau berinteraksi sama pasien Covid-19. Orang tipe ini memiliki gejala kecil atau ringan. Mereka perlu melaporkan kondisinya kepada pihak rumah sakit. Hal ini karena mereka dipantau, makanya disebut Orang Dalam Pemantauan.

18. ODR
Berikutnya ada penamaan tipe orang yang punya risiko terpapar Covid-19. Seperti tetangga dari pasien Covid-19. Bisa juga orang-orang yang masih bekerja di luar saat ini. ODR sendiri maksudnya Orang Sehat Dengan Risiko.

19. PDP
Terus yang perlu dikhawatirkan adalah tipe orang ini. Soalnya udah punya gejala yang menggambarkan efek terkena Covid-19. Mereka dirawat dalam rumah sakit atau tempat karantina. Cuma belom bisa dibilang positif, karena perlu melewati beberapa tahap pengecekan.

20. PHBS
Kalo yang ini sih program pemerintah untuk pencegahan terkena Covid-19. Sebenernya bukan cuma Covid-19 tapi virus dan penyakit lainnya. PHBS merupakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

21. CTPS
Ini penyebutan bagian kecil dari PHBS tadi. CTPS merupakan Cuci Tangan Pakai Sabun, yang dinilai efektif untuk mensterilkan tangan. Gerakan ini yang sekarang cukup marak dilakukan cuy.


sumber gambar staritstime.com

Penjelasan di atas cuma berdasarkan pengetahuan gua pribadi. Koreksi aja kalo kurang pas, biar sama-sama ngerti yang bener nantinya. Cuma segitu aja nih yang gua tau. Mungkin kalian lebih tau banyak mengenai pembahasan tadi, komen aja buat nambahin daftar di atas. Apa lagi ya selain 21 yang udah disebutin tadi?

Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: detik.com, KBBI V


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA
Diubah oleh yuki26 09-04-2020 01:28
sebelahbloginfinitesoulswiitdebby
swiitdebby dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2K
62
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.