MamanAvatar border
TS
Maman
Wacana Larangan Mudik. SETUJU atau TIDAK SETUJU, Gan?

Dalam hitungan kurang dari sebulan, umat muslim di berbagai belahan dunia akan segera memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa, yang artinya sebentar lagi pun kita bakal disuguhi dengan momen mudik 2020. Mudik lebaran menjadi ritual tahunan, para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bisa merayakan hari kemenangan bareng teman, keluarga, saudara, dan seluruh tetangga. 

Tak hanya untuk merayakan hari lebaran saja, namun mudik juga menjadi momen untuk melepas kangen kepada keluarga, kerabat, dan juga kerinduan akan tanah kelahiran. Ditengah mewabahnya virus corona yang menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, muncul wacana adanya larangan mudik lebaran tahun ini. Hal ini dipertimbangkan guna mengantisipasti penyebaran virus corona di Indonesia. Dari data menunjukan, update info virus corona per 1 April 2020 jumlah kasus di Indonesia mencapai 1,677 dengan menyebabkan kematian pada 157, dan 103 sudah dinyatakan sembuh (CNN Indonesia). 


Seperti yang kita ketahui bareng-bareng nih gan, Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tetapkan memperpanjang masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020. Sementara untuk Lebaran Idul Fitri sendiri diprediksi akan jatuh pada 23-24 Mei 2020. Biasana nih gan, puncak arus mudik atau arus balik emang terjadi seminggu sebelum dan sesudah Lebaran. Mudik lebaran emang selalu identik dengan pergerakan jutaan orang, mulai dari yang datang dari perkotaan menuju perdesaan dan untuk berkumpul keluarga dalam rangka menjaga tali silaturahmi.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran virus corona. Oleh karenanya ia juga meminta masyarakat agar tidak mudik jelang Ramadan yang bakal segera tiba kurang dari sebulan.  



Kalau Agan Sista sendiri SETUJUatau TIDAK SETUJU nih gan, soal wacana larangan mudik lebaran 2020? Memang pilihan yang sulit, satu sisi kita mudik bisa mengobati kerinduan akan kampung halaman. Tetapi sisi lain lebih penting untuk menjaga kampung halaman kita tetap sehat.
Kuyyy .. ungkapin pendapat agan dengan cara ikutan polling dan komentar dibawah ini. Kalau agan amu beropini, boleh banget lhoo.. Silahkan langsung reply pada kolom komentar! 
emoticon-2 Jempol

 


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 175 suara
Wacana Larangan Mudik
SETUJU
81%
TIDAK SETUJU
19%
Diubah oleh Maman 02-04-2020 01:15
sebelahblog
infinitesoul
tuliptulipje
tuliptulipje dan 15 lainnya memberi reputasi
16
28.5K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.