sinsin2806
TS
sinsin2806
Selalu Nyeri Saat Haid? Jangan Sepelekan! Atau Kamu Akan Menjadi Korban Sepertiku.
Sebagai seorang wanita yang normal tentunya setiap bulan akan mengalami menstruasi, karena tidak adanya proses pembuahan didalam rahim. Banyak wanita yang ketika sedang dalam masa menstruasi masih bisa melakukan aktivitas normal seperti biasa. Sayangnya ada juga beberapa yang mengalami nyeri hebat saat masa menstruasi. Seperti ane ini, lewat thread ini ane ingin sekali membagikan pengalaman ane dengan tujuan sharing pengalaman, supaya jika ada yang mempunyai gejala dan kondisi serupa dengan ane setidaknya punya gambaran, langkah apa yang harus diambil sebelum terlambat.
gb.dok pribadi

Tapi sebelum masuk ke inti thread, yuk sempetin waktunya buat nyendolin atau ngerating thread ane ini. Supaya ane lebih getol lagi nulis thread-thread lainnya emoticon-Big Grin

Banyak wanita menganggap remeh nyeri saat sedang menstruasi dan menganggap itu normal karena dilingkungan kita hampir 1 dari 20 orang pasti merasakan nyeri saat sedang menstruasi. Ane juga dulu berpikir demikian, ane menganggap nyeri mens adalah sesuatu yang wajar. Tapi ternyata ane salah besar, nyeri artinya penyakit. Saran ane sebagai sesama wanita yang setiap bulan merasakan sakit luar biasa PERIKSALAH!Sebelum nyeri itu menjadi sesuatu yang kamu sesali nantinya seperti ane ini. 



Nah sebelum ane lanjut ke penyakit apa aja sih yang bisa menyebabkan rasa nyeri hebat saat sedang menstruasi lebih baik ane share dulu pengalaman ane ya, biar kalian bisa lebih aware dan waspada. Ane mulai menstruasi saat masih duduk di bangku SMP kelas 2, seinget ane dari SMP sampai SMA masa menstruasi ane lancar normal ga ada keluhan apapun. Lulus SMA ane mulai berasa setiap masa menstruasi hari pertama dan kedua pasti ada aja nyerinya, nyerinya masih tahap normal paling nyeri sekitar 2-3 jam dan setelah minum jamu kunyit sembuh. Awal-awal ane sempet nanya ke ibu ane. "Bu, kenapa ya akhir-akhir ini kok aku kalo haid suka nyeri?" dan jawabanya apa, gapapa itu normal kok, wanita kalo udah dewasa emang kalo lagi mens sakit. Itu tandanya kamu udah dewasa, oke ane saat itu masih polos belum tau apa-apa ya percaya aja ya kalo semakin dewasa mens akan semakin sakit.

Bener aja, sampe ane selese kuliah setiap ane menstruasi gila sakitnya bukan main. Jamu udah ga manjur saat itu, kalo belum minum pil pereda nyeri ga bakalan reda nyerinya. Sampai yang terparah itu 2 hari setelah ane wisuda ane gabisa jalan saat menstruasi hari pertama dan kedua. Itu gara-gara ane ga konsumsi obat pereda nyeri, waktu itu emang ane ada niatan buat stop konsumsi pil pereda nyeri, karena entah kenapa saat itu ane mikirnya apa karna ane setiap bulan selalu konsumsi pil pereda nyeri terus ane jadi ketergantungan begini. Tapi begitu sekalinya pingin lepas sakitnya bukan main. 

Ane gatau tepatnya mulai dari kapan perut ane mulai benjol, yang jelas 6 bulan pasca ane wisuda perut ane benjol dan itu melintang dari samping puser sebelah kanan sampai keatas vagina persis. Tapi ga sakit sama sekali. Iseng-iseng ane curhat ke temen ane, dia kuliah jurusan kebidanan, dan dia akhirnya menyarankan supaya ane melakukan usg. Singkat cerita ane periksa ke dokter kandungan ternyata benar saja, ada jaringan endometrium di indung sebelah kanan ane sudah besar sekali pada usg pertama berukuran 13cm*9cm.

Jaringan endometrium inilah yang menjadi pemicu nyeri hebat saat ane menstruasi. Saat itu dokter sempat menyalahkan, kenapa nyeri sudah bertahun-tahun tapi tidak sekalipun periksa ke dokter, karna jika jaringan endometrium ini sampai pecah dalam perut sudah dipastikan nyawa akan menjadi taruhanya.

Apa itu jaringan Endometrium ?
Pasti banyak diantara kalian belum tau apa itu jaringan endometrium, jaringan endometriun biasanya ada di dalam rahim, ketika kita menstruasi darah yang seharusnya keluar melalui vagina justru tidak keluar dan membentuk jaringan di organ lain, yang lama kelamaan akan menjadi endometriosis atau kista coklat.

Endometriosis ini jika terlambat ditangani selain akan pecah diperut dan mengancam nyawa, dia sangat menganggu kesuburan rahim sehingga menyulitkan untuk mempunyai anak.

Artis Zaskia Sungkar kalian tau? Setelah 8 tahun menikah masih belum dikaruniai momongan, karena dia juga mengidap endometriosis. Memang tidak semua kasus pengidap endometriosis tidak mempunyai anak, ada yang bisa cepat mempunyai anak. Tapi kecil kemungkinannya.

Ane sendiri, sekarang telah menikah 2 tahun dan belum dikaruniai anak. Selain itu, endometriosis ini memberi efek nyeri hebat saat menstruasi. Oleh karena itu, ane sarankan kepada sista-sista ketika kalian merasakan nyeri yang tidak wajar saat menstruasi segeralah periksa ke dokter kandungan.

Jangan sepelekan nyeri saat menstruasi, karena nyeri artinya penyakit. Oke?
nunu403NadarNadztien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Women’s Health
Women’s Health
icon
1.4KThread4.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.