News
Batal
KATEGORI
link has been copied
184
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8487408d94d06a95758c99/cegah-corona-di-lapas-kemenkum-ham-siap-lepas-35000-napi
Kementerian Hukum dan HAM siap melepas hingga 35 ribu narapidana dengan merujuk pada Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan lapas yang overkapasitas.
Lapor Hansip
01-04-2020 19:21

Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi

Past Hot Thread
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi

Quote:
Kementerian Hukum dan HAM siap melepas hingga 35 ribu narapidana dengan merujuk pada Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan lapas yang overkapasitas.

"Dengan Permenkum HAM 10/2020, kami perhitungkan kami bisa mengeluarkan di angka minimal 30 ribu, dan dari beberapa exercise, kami bisa mencapai lebih 35 ribu minimal (napi yang dilepas)," kata Menkum HAM Yasonna Laoly dalam rapat melalui teleconference bersama Komisi III DPR, Rabu (1/4/2020)

Yasonna mengatakan, hingga hari ini, sudah ada 5.556 warga binaan yang dilepaskan berdasarkan aturan tersebut. Kebijakan ini disebut Yasonna sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini exercise kami per hari ini pukul 11.00 WIB, sistem ASDP kami melaporkan sudah kami keluarkan 5.556 warga binaan kita dengan Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020 dan Keputusan Menkum HAM Nomor 19.PK.01.04 Tahun 2020," ujar Yasonna.

"Kami sudah menyatakan ini adalah pelepasan by law. Kami meminta Kalapas, Karutan, karena ada beberapa rutan untuk memantau. Di samping itu, kami sudah laporkan ke Presiden, dan sudah disetujui mengeluarkan kebijakan tersebut," imbuhnya.

Baca juga:Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Lepas 5.556 Napi Per Hari Ini

Namun ada beberapa jenis pidana yang tidak bisa dilepaskan karena terganjal aturan dalam PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Yasonna akan mengajukan revisi PP tersebut dalam ratas bersama Presiden Jokowi.

"Tentu ini tidak cukup. Perkiraan kami bagaimana merevisi PP 99 Tahun 2012 tentu dengan kriteria ketat sementara ini. Pertama, narapidana kasus narkotika dengan masa pidana 5-10 tahun dan telah menjalani 2/3 masa pidananya akan kami berikan asimilasi di rumah. Kami perkirakan 15.442 per hari ini datanya. Mungkin akan bertambah per hari. Napi korupsi usia 60 tahun ke atas yang telah menjalani 2/3 masa pidana sebanyak 300 orang. Napi tipidsus dengan sakit kronis yang dinyatakan rumah sakit pemerintah yang telah menjalani 2/3 masa pidana 1.457 orang. Dan napi asing ada 53 orang," ungkap Yasonna.
Sumber Berita

info menteri terkait tidak ada penyebaran wabah virus corona di lapas, tapi koq pada dibebasin ??? apalagi lapas untuk koruptor bukannya tersendiri ??? .. bukannya mereka saat di dalam lapas malah tidak terhubung ke masyarakat sehingga aman dari wabah virus corona ??? ..
bukannya lebih mudah mencegah penyebaran virus corona di dalam lapas dengan cukup meniadakan jam kunjungan saja seperti pasien rumah sakit dibatasi/dilarang untuk dijenguk ??? ...
masyarakat disuruh isolasi diri #dirumahsaja harusnya para napi ya tetap #dipenjarasaja ...bukannya malah dibebasin, apalagi para koruptor !!!

udah dikarantina ngapain dilepas. yang ada harusnya gak boleh dijenguk supaya gak kena korona.
gimana pikirannya nih menteri.
Makin aneh aja!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:08
Agak aneh dgn kebijakan ini pas dgr berita yg mendekam dibebaskan
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:22
kalo napi pada dilepas.. nambah motivasi orang yg otaknya kriminal n koruptor..

tambah aneh aja pejabat negara ini..

btw kenapa kita2 ga jadi kriminal aja semua sekalian kalo mereka cara ngadapinnya begitu.. apa dikit HAM
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:24
lepas 35.000 napi, sampe diluar kena corona. apa nggak bakalan bikin stres yang lain? .. Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:37
Ternyata napi pun ikut dirumahkan sama menteri.. hadehhhh
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:38
Tumben beginian bisa HT emoticon-No Hope
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:41
Berbahagia lah wahai koruptor tua bangka emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
nothingmanman memberi reputasi
1 0
1
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 00:49
Waduh serius nih beritanya kayak gitu? kok menurut ane kebijakan yang aneh ya emoticon-Matabelo
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 01:26
Quote:Original Posted By dtctv.brudu
@rizaldi.sarpin @Leemazu Buzzer? emoticon-Ngakak (S)
Si Somad buzzer PDIP?



Republika buzzer PDIP?

Subhanallah, Air Zamzam Bisa Sembuhkan Virus Corona
https://www.republika.co.id/berita/n...n-virus-corona

VOA-Islam buzzer PDIP?

Quantum Ruqyah (1): Sembuhkan Sakit Hanya dengan Al Fatihah
https://www.voa-islam.com/read/healt...ah-emang-bisa/

Guru Besar UIN buzzer PDIP?

Guru Besar UIN Sebut Virus Corona Bisa Dilawan dengan Ruqyah
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-dengan-ruqyah

AA Gym buzzer PDIP?

Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi


Hmm ustad ustad, ulama atau habib dari pihak itu kebanyakan takabur sekali
Apalagi UAS syubhat bgt
Miris sih mereka harusnya bisa meluruskan umat, sedangkan pemuka agama yang memang benar sesuai Qur'an sunnah malah di jauhin

Jadi inget tahun lalu waktu ane diajakin demo sama pendukung 02 dengan alasan agama
Tapi ane gamau lalu dicap dungu dan perusak agama wowkwowkwo
Diubah oleh irmanblackcore
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 01:46
Go Indonesia keren
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 02:02
Lha kita yang dirumah aja udah kaya dipenjara ini yang dipenjara malah di bebasin.. emoticon-Hammer2
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 03:04
Menteri titipan yak kayak gini. Gobl***k!
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 03:35
indonesia krisis
dr hukum, kemanusiaan, pndidikan, keuangan, kebijakan, sampai moral,

berkat corona semua boroknya kelihatan perlahan lahan
profile-picture
sadako88 memberi reputasi
1 0
1
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 03:46
tk bisa berkata2,, sungguh diluar logika.. ooohhh Indonesia ku,, kutu2 busuk menari2 menghisap darah mu..
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 03:47
sebuah keajaiban di negara wikwikland😪
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 05:03
Kasian bgt rakyat ya. Udah kena wabah. Makan tetap nyari sendiri. Eh para kriminal juga dibebasin dan mengintai di tengah2 masyarakat....


Kecewa lah ama pemerintah.


emoticon-Traveller
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 05:10
Untuk TS dan yang membca komentar TS



https://nasional.tempo.co/read/13266...a-wabah-corona

Gw jadi bingung beritanya yang bener mana.. emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh wy2312
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 05:25
Quote:Original Posted By sadako88
Kasian bgt rakyat ya. Udah kena wabah. Makan tetap nyari sendiri. Eh para kriminal juga dibebasin dan mengintai di tengah2 masyarakat....


Kecewa lah ama pemerintah.


emoticon-Traveller

Mengatasi masalah dengan menambah masalah.

Kalah sama pegadaian.
emoticon-Cape d...
Diubah oleh yunda.me
profile-picture
sadako88 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 05:30
berkah buat napi
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 05:42
Kalo dilepas bukannya makin beresiko ya?
Lucu2an emang menteri yang ini emoticon-Big Grin
0 0
0
Cegah Corona di Lapas, Kemenkum HAM Siap Lepas 35.000 Napi
02-04-2020 05:47
mantap
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia