News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
185
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e842d09337f93421c53a972/corona-bisa-kelar-akhir-mei-bila-negara-tegas-begini-hitung-hitungannya
Virus Corona (COVID-19) masih terus mewabah di Indonesia. Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia (ILUNI Matematika UI) membuat permodelan yang memprediksi akhir wabah ini. Bagaimana hasilnya?
Lapor Hansip
01-04-2020 12:56

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya

Past Hot Thread
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya


Jakarta - Virus Corona (COVID-19) masih terus mewabah di Indonesia. Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia (ILUNI Matematika UI) membuat permodelan yang memprediksi akhir wabah ini. Bagaimana hasilnya?

Pemodelan COVID-19 ini menggunakan sebuah model sederhana yang dikembangkan dengan model SIRU, Infected dan Unreported Case. Tim pembuatnya adalah Barry Mikhael Cavin, Rahmat Ali Kafi, Yoshua Yonatan H dan Imanuel M Rustijono.

Data yang digunakan untuk simulasi merupakan data kasus kumulatif dari tanggal 2 Maret hingga 29 Maret yang dipublikasikan oleh kawalcovid19.id. Data ini kemudian dihampiri dengan kurva eksponensial dan diestimasi dengan parameter X1, X2, X3. Asumsinya banyak orang yang terjangkit namun tak bergejala.

"Kita meyakini bahwa sebenarnya banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala, seperti yang terjadi di negara lain," tulis Tim ILUNI Matematika UI dalam penjelasannya.



Selain itu, mereka menyebut 1 orang bisa menginfeksi 2 hingga 3 orang baru. Jumlah yang terinfeksi diprediksi bisa mencapai ribuan jika physical distancing tidak dijalankan dengan disiplin.

"Berdasarkan data, 1 orang positif COVID-19 bisa menularkan penyakit ini pada 2-3 orang baru. Dengan jumlah penduduk terinfeksi yang mencapai ribuan orang, jika implementasi physical distancing tidak dilaksanakan secara disiplin, maka akan banyak orang tertular dan menjadi reporterd case," paparnya.

Berangkat dari kemungkinan orang yang terinfeksi dan kaitannya dengan physical distancing, mereka lantas membuat tiga jenis skenario berdasarkan laju interaksi antarmanusia tadi. Tiga skenario ini juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat Indonesia. Begini skenarionya:

Skenario 1: Per 1 April 2020, tidak ada kebijakan signifikan dan tegas dalam mengurangi interaksi antarmanusia (kegiatan berjalan seperti biasa tanpa ada langkah pencegahan)

Skenario 2: Per 1 April, kebijakan sudah ada namun kurang tegas dan kurang strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, masyarakat tidak disiplin mengimplementasikan physical distancing.

Skenario 3: Per 1 April, diberlakukan kebijakan yang tegas dan strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, masyarakat disiplin mengimplementasikan physical distancing.

Berikut ini hasil yang diperoleh dari tiga skenario ini. Dengan tetap melanjutkan kondisi sekarang, maka skenario yang paling mungkin ialah skenario 2.

Skenario 1: Puncak pandemi terjadi tanggal 4 Juni dengan 11.318 kasus baru dan akumulasi kasus positif mencapai ratusan ribu kasus. Pandemi berakhir pada akhir Agustus-awal September.

Skenario 2: Puncak pandemi terjadi tanggal 2 Mei dengan 1.490 kasus baru dengan akumulasi kasus positif mencapai 60.000 kasus. Pandemi berakhir pada akhir Juni - awal Juli. Skenario 2 yang paling mungkin terjadi jika kondisi saat ini dilanjutkan (kebijakan kurang tegas dan masyarakat tidak disiplin).

Skenario 3: Puncak pandemi terjadi tanggal 16 April dengan 546 kasus baru dan akumulasi kasus positif 17.000 kasus. Pandemi berakhir pada akhir Mei- awal Juni.

Baca juga:
Ini Daftar Daerah yang Isolasi Mandiri untuk Hadapi Pandemi

Kendati demikian, mereka mengingatkan bahwa pemodelan ini masih sangat dinamis. Semuanya tergantung dari kebijakan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat.

"Model ini masih sangat dinamis sehingga bergantung juga pada kebijakan-kebijakan pemerintah kedepannya dan keseriusan masyarakat dalam menjalankan kebijakan yang diberlakukan," jelas Tim ILUNI Matematika UI ini.

Untuk diketahui, berdasarkan data per Selasa (31/3) pukul 12.00 WIB sudah ada 1.528 kasus COVID-19, 136 orang meninggal dunia dan 81 orang sembuh. Artinya, tingkat kematian (case fatality rate) Corona di Indonesia 8,9%.

Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-4960954/corona-bisa-kelar-akhir-mei-bila-negara-tegas-begini-hitung-hitungannya?single=1

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
Diubah oleh uratkumbang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 21:46
ane selalu berharap pandemi corona segera berkahir sebelum ramadhan tiba, agar bisa menjalankan ibadah puasa seperri biasa,
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 21:51
insyaallah semua ini akan segera berakhir dengan kita selalu berusaha,berdoa dan mematuhi segala himbauan yg telah diputuskan oleh pemerintah..kita pengen semuanya kembali ke dalam keadaan yg normal sehingga stabilitas nasional bisa tercapai dan kemungkinan juga kita bisa beraktivitas secara normal lg tanpa rasa takut serta khawatirdalam melakukan segala hal dalam kita mencari nafkah intuk pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari dan terkondisikan kayak sebe
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan seperduaratus memberi reputasi
2 0
2
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 22:33
Nahh sempet baca di instagram, bener bener kalo ga ada himbauan apa apa dan ga melakukan apa apa sih bener bener parah ya... Sampr Agustus-september dan 11rb kasus lho perkiraannya
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 22:34


Quote:Original Posted By gemboeldotcom
insyaallah semua ini akan segera berakhir dengan kita selalu berusaha,berdoa dan mematuhi segala himbauan yg telah diputuskan oleh pemerintah..kita pengen semuanya kembali ke dalam keadaan yg normal sehingga stabilitas nasional bisa tercapai dan kemungkinan juga kita bisa beraktivitas secara normal lg tanpa rasa takut serta khawatirdalam melakukan segala hal dalam kita mencari nafkah intuk pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari dan terkondisikan kayak sebe

Aamiin aamiin.. Makanya kalau ada himbauan dari pemerintah ya kita ikut mematuhinya, pemerintah mrlakukan perannya kita melakukan peran kita dengan dirumah aja kalo ga ada keperluan yang harus dilakukan di luar rumah ya gan..
Bener bener... Udah pengen kembali normal emoticon-Frown
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 22:36


Quote:Original Posted By javans
akumulasi bisa berubah ntar kalo lebaran orang2 masing bandel mudik dan salaman keliling

Ini yang rawan dan perlu perhatian khusus sih... Tapi setau ane kereta jarak jauh beberapa udah stop operasinya gan jadi ya bisa jadi memperkecil orang orang mudik.. Sedih sih emang lebaran harusnya kumpul keluarga tapi kondisi tidak memungkinkan
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 22:37


Quote:Original Posted By unoo11
asal ikut himbauan dan gak ngeyel sih kayaknya bakal cepet membaik

Setuju nih...
Ya Pemerintah udah ngasih himbauan, mereka mengusahakan cara ini itu, ya kita melakukan peran kita, dirumah aja kalo emang ga ada kewajiban keluar rumah apalagi nongkrong nongkrong, lagi bukan waktunya
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 00:10
kalo sesuai protokol ya pastilah cpt berlalu.. smua hrus bijaksana baik pemerintah maupun rakyat..
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 00:46
semoga pemerintah bisa lebih sigap lagi menangani virus corona, setelah gelagapan di awal-awal :illoveindonesia

kita sebagai rakyat cuma bisa berdoa, ikuti imbauan, dan kritik sewajarnya emoticon-Toast
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 01:10
semoga cepet berakhir ya emoticon-Nyepi
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 02:51
kapan lagi berkontribusi buat bangsa dan negara dengan rebahan...
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 05:30
prediksi ane,
ledakan kasusnya sama sekali blm terjadi.
tapi akan terjadi.

knp ?
krn kebodohan masy sendiri penyebabnya.

waspada saja utk daerah tujuan mudik.
ledakan kasus berasal dr sana.

kebodohan yang lain :
- msh ada aja org hajatan.
- jenazah corona yg sdh diplastik rapat, ditolak, tp pemudik yg bawa penyakit, diterima saja
- pasien positif corona, kabur dr RS
- masih banyak org berkerumun, bahkan tanpa masker
- di jalanan masih banyak orang yg seperti tdk terjadi apa2 (tdk peduli)
- ruang sterilisasi tenaga medis yg akan/selesai bertugas sangat sederhana (hanya sistim semprot)
- dst

sumber penularan penyakitanya sebetulnya BODOH & NDABLEG...

sbg referensi, ini berita dr italia :

https://podcast.id/24Oi9D

brg kali memang perlu sistim tembak bagi yg bodoh & ndableg.

emoticon-Traveller


0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 06:54
insyaallah semua ini akan segera berakhir dengan kita selalu berusaha,berdoa dan mematuhi segala himbauan yg telah diputuskan oleh pemerintah..kita pengen semuanya kembali ke dalam keadaan yg normal sehingga stabilitas nasional bisa tercapai dan kemungkinan juga kita bisa beraktivitas secara normal lg tanpa rasa takut serta khawatirdalam melakukan segala hal dalam kita mencari nafkah intuk pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari dan terkondisikan kayak sebelumnya dan kembali normal seperti semula
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 10:02
bisa saja penelitian itu benar, tapi gmna dengan org yang sudah jadi korban, sembuhnya kapan ?
ga bisa di hitung kan, skrg juga yang sembuh kurang dari 10%
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 14:17
Dan warga juga kudu disiplinnn...
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
02-04-2020 18:10
Quote:Original Posted By unoo11
asal ikut himbauan dan gak ngeyel sih kayaknya bakal cepet membaik


Nah setuju nih
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
03-04-2020 05:42
kalau ga tegas kira2 sampai kapan ya gan? ngeri juga kalau ga selesai2
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
03-04-2020 08:28
Maunya sih ikut membantu pemerintah untuk tetap di rumah saja, namun disayang kan keuangan dan juga tabungan tidak cukup untuk membendung kebutuhan yang harus dikeluarkan perharinya. Benar-benar menjadi sebuah dilema untuk saat ini. Berharap pandemi segera berakhir dan tidak banyak jatuh korban.
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
03-04-2020 11:03
Masalah nya negara tegas gak? WKWKKWKW

Jujur seumur hidup ane baru kali ini bingung sama negara sendiri. Presiden ngomong A, jubir nya ngomong B, menko nya ngomong C, di lapangan D
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia