News
Batal
KATEGORI
link has been copied
223
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e841101c9518b66bd35f6ce/ini-beda-karantina-wilayah-vs-darurat-sipil
Pemerintah Pusat tidak melirik opsi karantina wilayah. Kini Pemerintah Pusat justru melirik penetapan keadaan darurat sipil dipadukan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini beda antara karantina wilayah vs darurat sipil.
Lapor Hansip
01-04-2020 10:56

Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil

Past Hot Thread
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil

Jakarta - Pemerintah Pusat tidak melirik opsi karantina wilayah. Kini Pemerintah Pusat justru melirik penetapan keadaan darurat sipil dipadukan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini beda antara karantina wilayah vs darurat sipil.

Untuk menentukan perbedaan keduanya, detikcom merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang menjelaskan soal karantina wilayah, juga Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya yang mengatur tentang darurat sipil.

Kedua peraturan perundang-undangan tersebut diunduh dari situs BPK dan situs Kementerian Keuangan, Selasa (31/3/2020).

Berikut adalah perbedaan antara Karantina Wilayah vs Darurat Sipil:

1. Dasar hukum
a. Karantina wilayah: UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, diteken Presiden Jokowi
b. Darurat sipil: Perppu Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya, diteken Presiden Sukarno

2. Definisi
a. Karantina wilayah: pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah Pintu Masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.
b. Darurat sipil: keadaan bahaya selain keadaan darurat militer dan keadaan perang, terjadi manakala alat-alat perlengkapan negara dikhawatirkan tidak dapat mengatasi kondisi keamanan atau ketertiban hukum di seluruh wilayah atau di sebagian wilayah negara. Kondisi itu terjadi apabila negara terancam pemberontakan, kerusuhan, bencana alam, perang, perkosaan wilayah, atau negara dalam bahaya.

3. Pihak yang menetapkan
a. Karantina wilayah: menteri
b. Darurat sipil: presiden

4. Pemimpin
a. Karantina wilayah: Pemerintah Pusat bertangggung jawab, dibantu pemerintah daerah, dan pihak terkait (tata cara diatur dengan peraturan pemerintah/belum ada)
b. Darurat sipil: Di level pusat adalah presiden, dibantu menteri, TNI, dan Polri. Di level daerah adalah kepala daerah, dibantu TNI, Polri, dan kejaksaan setempat

5. Penyebab
a. Karantina wilayah: kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia, terjadi penyebaran penyakit antaranggota masyarakat di suatu wilayah
b. Darurat sipil: alat-alat perlengkapan negara dikhawatirkan tidak mampu mengatasi keadaan, terancam pemberontakan, kerusuhan, bencana alam, perang, perkosaan wilayah, dan bahaya

6. Kebutuhan warga
a. Karantina wilayah: kebutuhan hidup dasar orang dan makanan ternak menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, melibatkan pemerintah daerah, dan pihak terkait
b. Darurat sipil: kebutuhan warga tidak ditanggung pemerintah

7. Kondisi
a. Karantina wilayah:
- wilayah yang dikarantina diberi garis karantina dan dijaga terus menerus oleh pejabat karantina kesehatan dan Polri yang berada di luar wilayah karantina
- masyarakat tidak boleh keluar masuk wilayah
- orang yang menderita penyakit kesehatan kedaruratan masyarakat akan diisolasi
- warga yang dalam karantina wilayah dicukupi kebutuhan dasar dan pakan ternaknya
b. Darurat sipil:
- Penguasa berhak mengadakan peraturan untuk membatasi pertunjukan, penerbitan, hingga gambar.
- Penguasa berhak menyuruh aparat menggeledah paksadengan menunjukkan surat perintah
- Penguasa berhak memeriksa, menyita, dan melarang barang yang diduga mengganggu keamanan
- Penguasa berhak mengambil atau memakai barang-barang dinas umum.
- Penguasa berhak memeriksa badan dan pakaian orang yang dicurigai
- Penguasa berhak membatasi orang berada di luar rumah.
- Penguasa berhak menyadap telepon atau radio, melarang atau memutuskan pengiriman berita-berita atau percakapan-percakapan
- Penguasa berhak melarang pemakaian kode, gambar, hingga pemakaian bahasa-bahasa selain bahasa Indonesia;
- Penguasa berhak menetapkan peraturan yang melarang pemakaian alat telekomunikasi yang dapat dipakai untuk mencapai rakyat banyak, menyita, atau menghancurkan perlengkapan tersebut

https://m.detik.com/news/berita/d-49...sipil?single=1

Silahkan Comment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 16:13
seperti itu perbedaannya.. kalo dr definisinya sih, lebih cocok karantina wilayah krn emg permasalahan saat ini ttg ancaman kesehatan.. tp ya itu negara kita blm siap melakukan itu..
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 16:47
Quote:Original Posted By dina43
# di rumah aja# membuat cairan desinfectan mudah,semoga bermanfaat 🙏


dasar pengemis viewer
emoticon-Traveller
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 16:56
Quote:Original Posted By lynx18
Lol.. kebutuhan warga tidak ditanggung pemerintah, di kala harga barang yang melonjak dan penghasilan berkurang, malah opsi ini yang lebih dilirik.


ada yg mau cuci tangan dari masalah... makanya lebih milih darurat sipil..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 17:00
Quote:Original Posted By smogal
Klo dulu kan emang aparat kecolongan ato emang sengaja makanya waktu rusuh ga ada aparat sm sekali....

Dan hari jumat gw inget katanya mo ada lanjutan kerusuhan jilid 2, tp stlh sholat jumat gw liat ke jalan udah bnyk yg jaga2, malahan tiap kampung orang dah bawa senjata buat menghalau perusuh tp gak ada

Intinya bener yg d terapkan jokowi nanti darurat sipil spy ga kecolongan lg ky 98




intinya rezim gak punya duit cash
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 17:00
Wah kecewa ane sama pakde klo kayak gini caranya emoticon-Traveller
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 17:12
Andaikann setengah uang rencana pemindahan ibu kota di alihkan ke Corona
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 17:12
Ntah ide darurat sipil ini keluar dari siapa, giblik gik kitilingin
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 17:14
Quote:Original Posted By nganggur
Ntah ide darurat sipil ini keluar dari siapa, giblik gik kitilingin


Yg jelas sih orang2 yg duduk di dalam pemerintahan
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 17:53
semoga gk sampe darurat sipil
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:01
Sayang banget ini pemerintah ngomong kalau kondisi terburuk 'darurat sipil'. Malah jadi gorengan media bikin ga tenang. Seneng amat pempus bikin blunder bjir.
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:09
Lebih cocok karantina, darurat sipil kayak lg perang sama negara laenemoticon-Cape deeehh
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:25
Quote:Original Posted By smogal
Jaman sekarang bayar ojek aja pke duit elektronik kok, buat apa simpen duit cash emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka


salah persepsi atau sengaja tutup mata?

emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:26
kita tunggu aja 98 terulang. Sok2an mau lockdown, tp ujung2 nya darurat sipil. Tenaga medis pada teriak2 kekurangan APD tp sesumbar stok logistik medis aman. Mana sini yg bikin tagar lockdown. Makan masih numpang orang tua aja sok2an lockdown, pegawai gaji bulanan aja sok2an minta lockdown.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:27
cerdik sekali jokowi ini.
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:31
intinya kebutuhan rakyat tidak ditanggung negara, dah gitu aja titik.
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 18:32
Quote:Original Posted By smogal
Iya duit cash udh ga perlu selagi ada e money emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka


masalahnya

darurat sipil gak ada internet bong
e money mana bisa dipake?

kalo internet dibuka berarti bukan lagi darurat sipil

emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 19:23
Quote:Original Posted By smogal
@amiruls.lee darurat sipil Aceh kok lo samain sm darurat Corona

Makanya jgn banyakan asumsi lo. Jd kliatan tololnya emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka




bukannya UU Darurat Sipil Wabah Penyakit belum ada gan

kalo ada pasti udah diupload di lembaran negara

jangan jangan ente dari masa depan ya?

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 19:28
Diliat dari kinerja pakdhe dan koloninya, pasti banyak yg nyesel pilih kerbau merah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
01-04-2020 19:36
Quote:Original Posted By littlevan
Diliat dari kinerja pakdhe dan koloninya, pasti banyak yg nyesel pilih kerbau merah emoticon-Leh Uga


penasehat spiritualnya aja milih resign gegara gak kuat

dikasih petuah A eh yang jalan B

0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia