News
Batal
KATEGORI
link has been copied
185
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e842d09337f93421c53a972/corona-bisa-kelar-akhir-mei-bila-negara-tegas-begini-hitung-hitungannya
Virus Corona (COVID-19) masih terus mewabah di Indonesia. Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia (ILUNI Matematika UI) membuat permodelan yang memprediksi akhir wabah ini. Bagaimana hasilnya?
Lapor Hansip
01-04-2020 12:56

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya

Past Hot Thread
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya


Jakarta - Virus Corona (COVID-19) masih terus mewabah di Indonesia. Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia (ILUNI Matematika UI) membuat permodelan yang memprediksi akhir wabah ini. Bagaimana hasilnya?

Pemodelan COVID-19 ini menggunakan sebuah model sederhana yang dikembangkan dengan model SIRU, Infected dan Unreported Case. Tim pembuatnya adalah Barry Mikhael Cavin, Rahmat Ali Kafi, Yoshua Yonatan H dan Imanuel M Rustijono.

Data yang digunakan untuk simulasi merupakan data kasus kumulatif dari tanggal 2 Maret hingga 29 Maret yang dipublikasikan oleh kawalcovid19.id. Data ini kemudian dihampiri dengan kurva eksponensial dan diestimasi dengan parameter X1, X2, X3. Asumsinya banyak orang yang terjangkit namun tak bergejala.

"Kita meyakini bahwa sebenarnya banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala, seperti yang terjadi di negara lain," tulis Tim ILUNI Matematika UI dalam penjelasannya.



Selain itu, mereka menyebut 1 orang bisa menginfeksi 2 hingga 3 orang baru. Jumlah yang terinfeksi diprediksi bisa mencapai ribuan jika physical distancing tidak dijalankan dengan disiplin.

"Berdasarkan data, 1 orang positif COVID-19 bisa menularkan penyakit ini pada 2-3 orang baru. Dengan jumlah penduduk terinfeksi yang mencapai ribuan orang, jika implementasi physical distancing tidak dilaksanakan secara disiplin, maka akan banyak orang tertular dan menjadi reporterd case," paparnya.

Berangkat dari kemungkinan orang yang terinfeksi dan kaitannya dengan physical distancing, mereka lantas membuat tiga jenis skenario berdasarkan laju interaksi antarmanusia tadi. Tiga skenario ini juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat Indonesia. Begini skenarionya:

Skenario 1: Per 1 April 2020, tidak ada kebijakan signifikan dan tegas dalam mengurangi interaksi antarmanusia (kegiatan berjalan seperti biasa tanpa ada langkah pencegahan)

Skenario 2: Per 1 April, kebijakan sudah ada namun kurang tegas dan kurang strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, masyarakat tidak disiplin mengimplementasikan physical distancing.

Skenario 3: Per 1 April, diberlakukan kebijakan yang tegas dan strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, masyarakat disiplin mengimplementasikan physical distancing.

Berikut ini hasil yang diperoleh dari tiga skenario ini. Dengan tetap melanjutkan kondisi sekarang, maka skenario yang paling mungkin ialah skenario 2.

Skenario 1: Puncak pandemi terjadi tanggal 4 Juni dengan 11.318 kasus baru dan akumulasi kasus positif mencapai ratusan ribu kasus. Pandemi berakhir pada akhir Agustus-awal September.

Skenario 2: Puncak pandemi terjadi tanggal 2 Mei dengan 1.490 kasus baru dengan akumulasi kasus positif mencapai 60.000 kasus. Pandemi berakhir pada akhir Juni - awal Juli. Skenario 2 yang paling mungkin terjadi jika kondisi saat ini dilanjutkan (kebijakan kurang tegas dan masyarakat tidak disiplin).

Skenario 3: Puncak pandemi terjadi tanggal 16 April dengan 546 kasus baru dan akumulasi kasus positif 17.000 kasus. Pandemi berakhir pada akhir Mei- awal Juni.

Baca juga:
Ini Daftar Daerah yang Isolasi Mandiri untuk Hadapi Pandemi

Kendati demikian, mereka mengingatkan bahwa pemodelan ini masih sangat dinamis. Semuanya tergantung dari kebijakan pemerintah dan kedisiplinan masyarakat.

"Model ini masih sangat dinamis sehingga bergantung juga pada kebijakan-kebijakan pemerintah kedepannya dan keseriusan masyarakat dalam menjalankan kebijakan yang diberlakukan," jelas Tim ILUNI Matematika UI ini.

Untuk diketahui, berdasarkan data per Selasa (31/3) pukul 12.00 WIB sudah ada 1.528 kasus COVID-19, 136 orang meninggal dunia dan 81 orang sembuh. Artinya, tingkat kematian (case fatality rate) Corona di Indonesia 8,9%.

Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-4960954/corona-bisa-kelar-akhir-mei-bila-negara-tegas-begini-hitung-hitungannya?single=1

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
Diubah oleh uratkumbang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:21
Quote:Original Posted By muddy.waters
Yang pertama harus diakui oleh pemerintah dan dipahami oleh rakyatnya, Indonesia itu kere.

Itu aja dulu, tanpa perlu ngomongin lokdon, isolasi, karantina, semua harus pada tau diri.

Saling bantu dalam kekurangan ini, jangan tiba2 semuanya jadi ahli virologi, pandemik, tata negara, ekonomi, dll. Bacot kalian ngga bisa menghentikan korona.


Betul gan....cocot e keminter kabeh
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:30
Kirain pake cara herd immunity emoticon-Ngacir
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:33
dari dulu sudah dikasih tau solusinya ..


masih bebal ..





leadership harus kuat ..





bukan yg gitu gitu ..





ahahhahahaha
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:43
akumulasi bisa berubah ntar kalo lebaran orang2 masing bandel mudik dan salaman keliling
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:50
asal ikut himbauan dan gak ngeyel sih kayaknya bakal cepet membaik
profile-picture
profile-picture
seperduaratus dan uratkumbang memberi reputasi
2 0
2
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:56
Kaum rebahan ane emoticon-Ngakak
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 17:59
Quote:Original Posted By irma.kawaii
iya rebahan tidur kontribusi membantu negara ya....
banyakin tidur sama tante emoticon-Om Telolet Om!


Mau dongemoticon-Malu
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
1 0
1
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 18:25
take beer ! mudah mudahan kelar.
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 18:26
mantap ya
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 18:27
sepertinya sekarang kita berada di skenario 2
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 18:38
mana kemaren yang belain swedia bisa tanpa lockdown... emoticon-Ngacir2

Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 18:57
Quote:Original Posted By Momokdud
Lho kitak itu Negara Maju..
Padahal buzzerRp sempet bangga amerika mencabut Status Negara berkembangnya indonesia..


emoticon-Ngakak
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 18:57
semoga wabah corona berakhir emoticon-Mewek
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 19:02
gmn nih ebong awal bln buzzeRp
gk di bayar
lesu.deh ebong bacod di kaskus ma sosmed lainya emoticon-Turut Berduka

Plis inpes to my bujer 72m again emoticon-Mewek
rakyat kolam perlu subsidi emoticon-I Love Indonesia

Ksian dong tka dri cina menglen, cari dwit di mari emoticon-Mewek
klo lokdon
Diubah oleh anuku20cm
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 19:18
kemungkinan paling logis mah kelar awal September, secara bulan bulan ini aja kasusnya masih meningkat tajam, belum lagi habis ini ada momen mudik lebaran, mau di larang kayak gimana pasti banyak yang bakal mudik, itu ditakutkan bakal jadi ledakan angka penderita corona




kecuali pemerintah mengadakan tes massal, peningkatan kualitas tenaga medis dan alat medis, tegas bikin aturan dilarang mudik, ada karantina wilayah, dipenuhinya kebutuhan hidup warga yang terdampak oleh pemerintah, serta bantuan untuk mengurangi / mengundur tempo hutang bagi rakyat yang memiliki hutang ke bank / leasing


kalo enggak ya kemungkinan besar bisa sampe September ini



emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 19:45
di gw masih rame main sepak bola di lapangan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Corona Bisa Kelar Akhir Mei Bila Negara Tegas, Begini Hitung-hitungannya
01-04-2020 20:12
sulit bre kita nerapin skenario ke 3, paling mungkin skenario ke 2. di kampung ane aja masih ada aja ajakan kerja bakti ngakutin pasir buat bangun madrasah, padahal ama pemkab dah dibilang jangan ada kerumunan. solat Jum'at, pengajian juga masih jalan, padahal di pusat kota aja udah distop sementara. Emang sih di sini positif corona yang terkonfirmasi baru 1, cuman yang mudik dari jakarta dan kota2 lain dah capai 1800 an. pemerintah desa juga kurang tanggap di sini bre, gak ada penyuluhan apa gitu, penyemprotan desinfektan juga gak sampe rumah2. Gak ada pendataan orang2 baru mudik, juga gak disuruh laporan ke Rt/Rw. Masalah klasik sih di kampung ane, gak transparan, orangnya kolot2 semua. Pemuda2 gak ada yang gerak, gak dilibatkan. Orang2 pejabatnya muter2 itu2 aja. Sosialisasi kurang, warga yang jauh dari pusat desa/kampung sering telat dapet info, kayak ane yang di perbatasan ama kampubg sebelah.emoticon-Ngacir

Sebenarnya pemkab dah ngasih arahan, cuman di bawah2 nya (desa/kampung/rt/rw) kurang tanggap.

Itu di tempat ane, sebuah kampung di Sumedangemoticon-Hammer2
Diubah oleh fa.uz
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
benarkah-tuhan-itu-ada
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia