ebureg
TS
ebureg
Gara-Gara Es Krim Vanilla, Mobil Susah Nyala?

** Cerita berikut berdasarkan kisah nyata**


Ilustrasi mobil Pontiac (sumur: https://www.autoblog.com/pontiac/g6/)


Suatu hari, Divisi Pontiac (salah satu merk mobil turunan General Motors) menerima komplain dari customernya:

Quote:


Tentu bisa dipahami, kalau Presiden Pontiac merasa skeptis / tidak percaya dengan email tersebut. Tapi beliau tetap mengirimkan teknisi untuk melakukan pengecekan.

Si customer terkejut ketika dipertemukan dengan teknisi yang terlihat sukses dan berpendidikan (bukan sekedar teknisi biasa). Mereka akhirnya janjian untuk bertemu setelah makan malam, sehingga mereka bisa pergi berdua ke toko es krim. Kebetulan malam itu hasil votingnya adalah es krim vanila. Dan benar saja, sekembalinya dari membeli es krim ketika mobilnya dicoba untuk distarter, mobilnya tidak mau menyala.

Teknisi tersebut datang 3 hari berikutnya:
- Malam pertama, es krim coklat. Mobil mau distarter.
- Malam kedua, es krim strawberry. Mobil mau distarter.
- Malam ketiga, es krim vanila lagi. Mobilnya tidak mau distarter!

Si teknisi, sebagai orang yang berpikiran logis tidak percaya kalau mobilnya alergi es krim vanila (wkwk). Dan akhirnya memutuskan akan terus mengunjungi customer selama misteri belum terpecahkan. Hari-hari berikutnya, teknisi mulai mencatat data apapun: jam berpergian, jenis bensin, waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan, dll.

Tidak butuh waktu yang lama, teknisi tersebut menemukan petunjuk: si customer butuh waktu yang lebih singkat untuk membeli es krim vanila dibandingkan untuk membeli es krim rasa lainnya.

Hal ini disebabkan layout penjual eskrimnya. Es krim vanila, karena paling laris, diletakkan di bagian depan. Sedangkan es krim rasa lainnya diletakkan di bagian belakang, dan butuh waktu yang cukup lama untuk mengambilnya.


Ilustrasi penjual es krim (sumur: https://en.wikipedia.org/wiki/Ice_cream_parlor)

Akhirnya dapat disimpulkan: masalahnya bukan karena es krimnya, tapi karena waktu. Teknisi juga menemukan, penyebab tidak dapat distarternya mobil adalah karena "Vapor Lock"

Quote:


Jadi ketika customer membeli es krim rasa lain, mesin sudah mendingin dan uap bahan bakar sudah hilang. Sedangkan ketika membeli es krim rasa vanila, mesin masih panas ketika distarter.

***


Intinya, jangan pernah menyepelekan komplain customer, segila apapun kedengarannya.

Kadang suatu hal yang terdengar gila, ternyata masalahnya nyata. Dan ketika sudah terpecahkan, baru lah semua terlihat masuk akal.

***



Sumur: https://www.quora.com/What-interesti...hadeep-Das-72
rtrnnona212tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
41
6.1K
94
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.