• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tragedi dan Misteri Dibalik Keindahan Alam Situ Cikaret Cibinong-Bogor

wahyuharuka
TS
wahyuharuka 
Tragedi dan Misteri Dibalik Keindahan Alam Situ Cikaret Cibinong-Bogor



Ane masih duduk di bangku SMP kala mengetahui kisah mitos dan mistis dari Situ Cikaret yang sering ane lewati itu. Angker, banyak penunggunya dan selalu meminta tumbal... Setidaknya, begitulah cerita yang ane dengar dari mulut ke mulut. Inilah salah satu tempat yang terkenal kemistisannya selain bekas gedung arsip di daerah Cibinong, Bogor.


Dokumentasi pribadi


Sejak kecil, ane sudah tinggal di Cibinong, Bogor. Di daerah ini, ada satu tempat yang terkenal dengan kisah mitos dan mistisnya, bahkan hingga sekarang. Namanya Situ Cikaret. Kini, tempat ini lebih dikenal dengan nama "DEWI SUCI" yang merupakan kepanjangan dari Desa Wisata Situ Cikaret.

Seperti nama barunya, tempat ini memang sudah dijadikan sebagai wisata alam oleh pemerintah setempat demi mendukung perekonomian warga sekitar. Hal ini juga tak lepas dari keindahan alam yang ditawarkan oleh Situ Cikaret. Namun, dibalik keindahannya itu, tersimpan tragedi dan misteri.

Sebagai warga Cibinong yang tempat tinggalnya tak jauh dari sana, ane sering melewati Situ Cikaret. Namun, ane tak tak mengetahui desas-desus mengenai tempat tersebut. Saat ane duduk di bangku SMP, barulah, ane mengetahuinya dari mulut ke mulut.

Menurut mitos dan mistis yang beredar di masyarakat serta para orang tua di lingkungan ane pun mengamini bahwa Situ Cikaret memiliki banyak penunggu gaib, di bawah airnya, ada kerajaan dedemit, buaya putih dan kura-kura raksasa serta kerap meminta tumbal nyawa manusia.

Dulunya, banyak orang-orang, terutama anak-anak yang mandi dan berenang di sana. Namun, sejak ada korban jiwa, sudah tak pernah ada lagi masyarakat umum yang mau mandi dan berenang di sana karena khawatir akan isu mistis tumbal nyawa. Hanya para tentara/abri yang kerap mengadakan latihan air di sana.

Sepanjang pengetahuan warga yang mengetahui cerita tragedi di situ cikaret mengatakan bahwa sudah ada beberapa orang yang tewas tenggelam di sana, yaitu pengunjung yang berwisata, nelayan yang biasa mencari ikan di sana dan seorang warga setempat. Ada pula korban pembunuhan yang di buang ke sana.

*

Setelah ane cek-cek di google selagi menulis thread ini, memang benar, ada berita tentang beberapa orang yang tewas tenggelam di sana, juga ada mayat yang diduga korban pembunuhan dan dibuang di sana. Dengan demikian, artinya, cerita tragis yang beredar di masyarakat adalah benar adanya.

Namun, setelah membaca secara saksama, kematian orang-orang tersebut ada sebabnya, bukan serta merta mati begitu saja. Contohnya, kematian ayah dan anakyang tewas tenggelam setelah perahu yang mereka tumpangi untuk menikmati keindahan situ cikaret terbalik.

Terbaliknya perahu diduga karena melebihi kapasitas. Dengan demikian, kita bisa berpikir secara logis bahwa berbagai peristiwa tragis di Situ Cikaret terjadi karena takdir yang Maha Kuasa juga kelalaian dari diri sendiri maupun fasilitas dari pengelola situ cikaret.

Sedangkan mengenai benar atau tidaknya mitos dan mistis yang ane sebutkan di atas, hanya Maha Kuasa yang tahu. Ane pun tak mengetahui, seperti apa kebenaran cerita di atas. Yang pasti, inilah tempat angker yang populer di Cibinong, Bogor selain eks gedung arsip.

Lokasi keduanya pun sangat dekat, ya, keduanya bersebelahan! Hanya terpisahkan aspal jalan saja, mantapkan! Jadi, jika GanSis berkunjung ke sini maka GanSis bisa sekalian mengunjungi eks gedung arsip yang populer karena keangkerannya itu.

Akan tetapi, cerita mitos dan mistis serta tragedi di atas tak pernah menyurutkan rasa suka ane pada Situ Cikaret. Ane sering berkunjung ke sini bersama istri di akhir pekan, kebetulan, jaraknya tak sampai 7 menit dari rumah TS.

Sore atau pagi hari, menjadi waktu yang pas untuk menikmati alam sekitar situ cikaret. Asal jangan malam-malam saja, ya! Ane gak rekomendasikan, lho! Wkwkw. Kalau malam, dinginnya juga nusuk-nusuk tulang, serem juga lagian karena banyak pohon besar dan minim penerangan.

Ane sama bini kadang lewat sini di malam hari tapi di bawah jam 8 malam. Lewat dari jalan yang juga bersebelahan dengan gedung arsip karena jalan tersebut jalan pintasan. Suasana sepi dan dominan gelap. Apalagi, ketika gerimis.

Sering juga kami melihat penampakan para wanita-wanita di sisi depan situ cikaret yang berdampingan langsung dengan jalan raya. Mereka berdiri dan menyapa para lelaki yang membawa motor sendirian dengan aroma parfum minyak nyong-nyong (bini ane yang bilang gara-gara baunya yang menyengat, wkwkw).

Memang demikian wajah situ cikaret pada malam hari. Menjelma jadi tempat hinggapnya kupu-kupu malam tapi hanya di sisi depan jalan raya tadi. Meskipun begitu, masih tetap ada orang-orang yang sudi berkunjung ke sini karena suasana alam sekitar sangat sejuk, angin berhembus lembut karena di sekitarnya banyak pepohonan rindang.

Jika merasa lapar, pengunjung bisa memesan makanan dan memilih tempat duduk lesehan yang telah disiapkan oleh para pemilik warung agar pengunjung bisa makan sambil menikmati suasana situ cikaret. Dulunya, tempat ini cukup ramai tapi makin ke sini, makin sepi.

Padahal, wisata situ cikaret ini menjadi denyut nadi bagi warga sekitar yang menggantungkan hidupnya dengan berdagang di sini. Ane berharap, setelah korona ini berakhir, DEWI SUCI bisa kembali ramai dan perekonomian warga sekitar bisa kembali hidup.

Masuknya gratis, kok! Siapkan uang parkir dan jajan saja. Kalau tak mau jajan, bisa juga bawak bekal sendiri sambil duduk-duduk di tepi situ. Ada fasilitas toilet umum berbayarnya juga kalau-kalau kebelet ke belakang.

Kalau nanti benar-benar ramai, semoga pengelolaannya semakin baik. Mari kita doakan, aamiin allahumma aamiin.

Jadi, kapan GanSis mau dimari? Siang atau malam kira-kira? Wkwkw.


JANGAN LUPA GAES!!!



Quote:
4iinchsebelahblognona212
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.3K
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.