danymarta.Avatar border
TS
danymarta.
Bubur di Campur Pecel? Yuk Cuss Boyolali Gan!



Hai..Hai..Hai Gaes

emoticon-Hai


*****


Siapa yang tidak kenal dengan Kota Boyolali, kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang secara administrative masuk ke Wilayah Solo Raya. Meskipun kotanya tidak terlalu luas, Boyolali memiliki segudang keunggulan di seni budaya dan kuliner yang khas dengan Boyolali.

Boyolali secara geografis terletak diantara Solo dan Semarang, Boyolali juga sebagai salah satu penghubung jalur antara kedua kota tersebut, selain lewat toll tentunya. Jalan - jalan ke Boyolali jangan lupa mencicipi makanan yang khas dengan Boyolali ini yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa dan salah satu makanan khas Boyolali akan TS bahas pada thread kali ini.


GanSis pernah kah memakan jenang atau bubur sumsum ?TS rasa semua sudah pernah menikmatinya, apalagi kalau kita lagi kurang enak badan dan bisanya memakan makanan yang bertekstur lembut, nah bubur sumsumlah yang akan menjadi salah satu makanan alternatifnya. Dan apakah GanSis pernah membayangkan jika bubur sumsum di mix dengan pecel ?jujur pertama kali kaki TS menginjakkan kaki di jawa tengah ini terpikir apa enaknya bubur sumsum kalau dicampur sama pecel yang biasanya di sajikan dengan nasi atau lontong, aneh ?ya memang aneh kalau hanya dibayangkan tapi setelah memakannya, rasanya cukup enak kok.


Makanan khas Boyolali Jenang Pecel merupakan semacam olahan pecel yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dari pecel sayuran pada umumnya. Pecel disini tidak lagi disajikan dengan nasi, melainkan dengan bubur sumsum. Untuk komponen pecelnya sama saja dengan nasi pecel pada umumnya, dari aneka sayuran kukus atau rebus yang diguyur dengan bumbu sambel kacang. Yang membedakan adalah ketika GanSis menemukan sensasi unik dari rasa pecel yang teksturnya kaya dipadukan dengan bubur sumsumnya yang bertekstur lembut. Terasa semakin sedap ketika disajikan di atas pincuk, alas makan dari daun pisang.


Jenang pecel ini saat ini sudah jarang ditemukan ditiap - tiap warung. Ada juga yang masih ada ditemukan di warung - warung tertentu dan ada penjual keliling yang memakai gendongan. Kalaupun GanSis sulit menemukan penjual jenang pecel, jangan berkecil hati karena GanSis bisa membuat sendiri di rumah. Caranya tidak begitu sulit, bahannya pun sederhana dan mudah di dapat.


Thread ini dibuat karena TS sendiri sebenarnya suka dengan kulineran tetapi belom semua TS coba, makanya sembari buat thread ya untuk arsip.
emoticon-Big Grin


Opini pribadi
Referensi link
Gambar google

Salam Rahayu
@danymarta.


BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
3.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.