News
Batal
KATEGORI
link has been copied
211
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e828c7b263772676e01bada/penyetopan-operasi-bus-akap-dibatalkan-luhut-ini-kata-anies
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menjawab pertanyaan mengenai batalnya penghentian operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP), bus antar-jemput antarprovinsi (AJAP), serta bus pariwisata dari dan ke Jakarta. Rencana itu dibatalkan oleh pemerintah pusat. "Untuk itu, (penghentian operasi bus) langsung ke Dishub saja," kata Anies saat menjawab warta
Lapor Hansip
31-03-2020 07:19

Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 

icon-verified-thread
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 


Quote:
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menjawab pertanyaan mengenai batalnya penghentian operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP), bus antar-jemput antarprovinsi (AJAP), serta bus pariwisata dari dan ke Jakarta. Rencana itu dibatalkan oleh pemerintah pusat.

"Untuk itu, (penghentian operasi bus) langsung ke Dishub saja," kata Anies saat menjawab wartawan di Balai Kota Jakarta, Senin (30/3) petang.

Kendati demikian, Anies mengatakan, kebijakan penghentian operasi bus tersebut merupakan langkah antisipasi mewabahnya virus corona Covid-19. "Yang jelas, kebijakan ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19 agar tidak meluas," kata Anies.

Sejatinya penghentian operasional bus dari dan ke Jakarta yang direncanakan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan berlaku pada Senin ini pukul 18.00 WIB. Namun, yang terbaru, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memutuskan untuk menunda rencana tersebut hingga muncul kajian dampak ekonomi.

"Sesuai arahan dari Menko Maritim dan Investasi selaku Plt Menhub (Luhut Binsar Pandjaitan), pelarangan operasional itu ditunda dulu pelaksanaannya sambil menunggu kajian dampak ekonomi secara keseluruhan, seperti yang menjadi arahan Presiden (Joko Widodo) di ratas (rapat terbatas) pagi tadi," ucap juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, saat dihubungi, Senin.

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta berencana menyetop operasi bus antarkota jurusan Jakarta mulai malam ini. Alasannya, terjadi peningkatan jumlah kasus virus corona di daerah luar Jakarta.

"Harapannya, dengan pelarangan ini, maka akan bisa menekan penyebaran coronavirus ini di daerah-daerah tujuan yang selama ini informasi dan laporan dari daerah itu terjadi peningkatan ODP (orang dalam pemantauan) maupun PDP (pasien dalam pengawasan) yang cukup signifikan," ucap Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Senin.

Penghentian operasional bus dari dan ke Jakarta yang direncanakan oleh Dishub DKI Jakarta akan berlaku pada pukul 18.00 WIB. Namun, pihak Dishub DKI Jakarta masih menunggu surat dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mengaplikasikannya.Dishub DKI Jakarta menerbitkan surat penghentian layanan bus bernomor 1588/-1.819.611 yang ditandatangani Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dan diterbitkan pada 30 Maret 2020. Surat ini mengamanatkan bus AKAP, bus AJAP, dan bus pariwisata guna mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Surat tersebut ditujukan kepada Ketua DPD Organda DKI Provinsi DKI Jakarta, pimpinan perusahaan angkutan umum AKAP, pimpinan perusahaan angkutan umum AJAP, dan pimpinan perusahaan angkutan umum bus pariwisata. Surat tersebut bertujuan menindaklanjuti keputusan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bernomor 13 A tahun 2020 tentang perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia.

Sumber : https://m.republika.co.id/berita/q80...ini-kata-anies



Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 

Quote:
Yah sekali kali gua beda pendapat sama @i.am.legend.kalau salah di cela kalau bagus dipuji. Anies Baswedan udah bener mengikuti instruksi kapolri serta pemerintah pusat sumber yah walaupun hal ini akan menjadi panggung lagi bagi Anied Baswedan yang hampir tiap sore konferensi pers menjelaskan (baca : mencitrakan) dirinya yang tiap hari tanpa kenal lelah (bertutur kata) membenahi Jakarta.

Tapi sekarang di kondisi indonesia sudah darurat virus Covid 19 ini masih sda saja politisi-politisi yang tidak satu suara demi menyelamatkan negeri ini dari bencana yang lebih besar. Penduduk provinsi DKI jakarta yang di asumsikan pada tahun 2020 hampir menyentuh 11 juta ini 50 persennya adalah pendatang dan perantauan. Jika di tengah pendemi virus corona yang mengakibatkan ekonomi lesu akhirnya mereka pulang ke daerah masing-masing

apakah mereka tidak akan menjadi carrier-carrier baru virus covid 19 di daerahnya ?

Apakah tidak membuat cluster-cluster baru di daerah tempat mereka mudik jika mereka terbukti positif ?

Belum juga sistem controlling kita terhadap orang dari zona merah sangatlah lemah. Kadang kita sungkan, takut ataupun dianggap sok wah jika melaporkan tetangga bahkan kerabat yang baru mudik dari zona merah.

Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ?

Sebenernya juga saya bingung dengan bapak Luhut Binsar Panjaitan politisi yang dikenal serba bisa ini sudah menempati posisi menteri segala sektor.

Apakah bapak juga mau membuat posisi baru yang diatasnya presiden, perdana menteri mungkin ?

Karena kekuasaan bapak luhut ini tidak terbatas bahkan semua di kait-kaitkan dengan posisinya.

Tolongnlah bapak para pemegang kekuasaan dipusat jangan sampai mereka ke daerah-daerah dahulu kita disini warga desa jujur lebih was-was jika ada orang yang datang dari zona merah.

Bukan kita warga pelosok dan bukan warga kota besar tidak menghargai orang yang ingin kembali ke daerahnya jadi tolong jangan dulu pulang karena mengontrol interaksi sosial dan mencegah physical distancing di daerah khususnya di desa lebih sulit daripads di kota besar.

Dan tolong lagi segera walaupun tidak bisa lockdown segera tutup semua transportasi jika belom sempurna nsikkan hsrga tiket bahkan sampai 10x lipat serta harga bbm hingga 10x sehingga jika ada yang memaksa mudik sekalian mereka menyubang dana untuk membeli ADP bagi petugas medis yang sampai sekarang tidak mencukupi.




Quote:
sumber gambar : ini dan google


Diubah oleh dewakere
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 32 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 10:59
salah.. luhut udah bener

ente liat kejadian di india. transportasi dihentikan, penumpukan manusia mau mudik langaung tetjadi, bahkan ad yg rela jalan kaki ke kota sebelah

justru akan semakin kacau, dan masalah kemanusiaan timbul (kelaparan dijalan, pencurian, dsb)

ujungnya salah pemerintah pusat lagi ntar
profile-picture
profile-picture
pekek dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 10:59
anies kali ini ane apresiasi...

pempus...sudah tidak bisa berkata2 lah emoticon-Cape deeehh
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:03
Quote:Original Posted By biglingz
Vodo amat mau nyari panggung
Asal bisa bikin kita lolos dari wabah ini.
Jangan semua digeret ke politik plis.
Nyari duit lu gini amat.


Nyari duit?
Lu nuduh?

Muka lu gw bayarin sini..

emoticon-Traveller
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:06
Quote:Original Posted By datalk
Awal2 jg diteriakin cari panggung and then people thank him now. Semua jg udah muak dg retorika tunggu pusat yg nyatanya lelet dan letoy abis, bahkan sampe skrg yg udah darurat. Punya kuasa, anggaran dan power buat mengatur & melarang tapi cuma kasih himbauan. Klo cuma himbauan mah tugasnya tokoh & influencer.


At least, seorang gubernur harus in line atau sejalan dengan arahan pusat. Coba deh tengok RK/ganjar/kofifah/sultan.

Anyway, thanks for sharing.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:09
Quote:Original Posted By tagnol88
kata istana "Walaupun ada kebijakan, sebenarnya bisa dikerjakan nanti oleh pemda dengan istilah isolasi terbatas. Ada tingkat RT, RW, desa/kelurahan dengan kebijakan gubernur"

wan abud udah perintahin isolasi RT RW nya belon gan? main hajar yg antar propinsi aje...


Bener, sebaiknya buat dulu kebijakan untuk daerahnya sendiri, sesuai arahan pusat. Salah satunya yang kata agan, isolasi terbatas di level RT/RW/kelurahan udah jalan belum. Rajin cek & pastiin udah jalan.
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:17
andi lau antara dilema dan galau, satu sisi demi kebaikan, tapi kebaikan demi pencitraan, sisi lain perang kekuasaan saling unjuk gigi agar tetap exis dan dikenang prestasi.

belom pernah liat muka si kolornya, tapi dia sangat berprestasi ketimbang puluhan gubernur jakarta yang ada dalam menyelesaikan masalah kemaceta jalanan.
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:23
Quote:Original Posted By bebekberbulu
Tar giliran nyebarin ke daerah disalahin si anis lagi wkwkkwkw


Pak Anies selalu salah. Gak benernya emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan nirankara memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:29
Intinya berkoordinasi dulu ama perdana menteri opunk sebelum mengambil kebijakan biar selaras demi kebaikan bersama
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:29
menteri segala urusan kekuasaannya sudah setara dengan presiden bahkan bisa ngatur kebijakan yang sudah ditetapkan kepala daerah.
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:33
ga ngaruh sih indo mah kalo niat lewat mana aja bisa 🤣
profile-picture
hard_dick memberi reputasi
1 0
1
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:37
yang Tegal udah melakukan Lockdwn piye kabarnya? qo ga ditegur sama OPUNK?
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:38
Quote:Original Posted By rachmacool
Buzzermah liat beritanya di situs puja puji jokowi makanya gatau gmna kondisi yg sebenernya. Malah d jogja banyak kampung yg lokdown2an ga d marahin sultan. Enek sultan jg liat tampangnya si mukidi.


Yg buzzer siapa nih sebenernya. Apa jangan2 elu yg buzzer? lu kan yang rajin & enteng bgt bikin hate speech dimana2..



Sultan HB X: Yang Perintahkan Lockdown Harus Beri Makan
https://www.google.com/amp/s/nasiona...rus-beri-makan

Masih bisa baca kan lu?
emoticon-Traveller
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:41
udah sih ini kesanya tuh sengaja pemerintah pusat bikin lambat entah apa tujuanya , percaya hari ini nambah 110-150 kasus baru , ini udah terlambat , kebanyakan mikir deh pemerintah , lihat india chaos chaos , lah lu lu org ga liat malaysia? negara yg kita sindir mulu? malu sih gue bilang , karantina wilayah ga seluruh indo kok , bisa di JABODETABEK dan JAWA BARAT dan daerah lain yg udah parah , inget aja sih ini bakalan bisa jadi kayak amerika atau italy kalo begini , wacana dan wacana saja ribut antara kalangan dan menteri2 yg ga kompoten ditambah presiden kita tak tegas terkesan ga merasa ini masalah besar , jadi selamat tinggal indonesia sehat.
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:41
Quote:Original Posted By jambulajaib
perintah presiden kan sudah jelas "batasi pemudik" ,,, giliran dibatasi malah gak boleh


Ini kan kebijakan lintas daerah gan. Ya harus koordinasi dulu lah untuk mengatur tata cara nya. Gak ujug2 maen dibatasi aja. Gitu lho..

emoticon-Traveller
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 11:49
yang nunda bukan menhub malah luhut..kocak ini emoticon-Ngakak
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 12:05
TKI dari malaysia banyak tuh yang mudik ke kampung halamannya lewat jalur tikus (laut).

emoticon-Jempol
0 0
0
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 12:13
Quote:Original Posted By bebekberbulu
Tar giliran nyebarin ke daerah disalahin si anis lagi wkwkkwkw


Buzzer, Cebong, Ahokers dah bikin skenario soal ini

Sama kayak kemarin saat Transjakarta di batasi sampe penumpang menumpuk

Tapi lupa soal Kowi bikin diskon kunjungan wisatawan ke RI sampe sewa influencer pariwisata
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
2 0
2
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 12:21
menurut ane nih arahnya sih

1. jegal semua kebijakan A yg lebih mengedepankan keamanan rakyat agar virus gak meluas,
2. nanti mereka yg jegal minta para "Pembantu" nya untuk buat statement seolah olah pembantu tsb yg minta stop operasional nya terus nanti penjegal ikutin arahan pembantunya tsbt.
3. ini cara buat naikin pamor penjegal sih biar ide ide si A gak keluar

dah gtu aja
mungkin agan ada yg mau nambahin?
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Penyetopan Operasi Bus AKAP Dibatalkan Luhut, Ini Kata Anies 
31-03-2020 12:23
Maha benar "perdana mentri" opung.
Jgn coba coba menghalangi beliau ... emoticon-Takut
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia