News
Batal
KATEGORI
link has been copied
287
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e82291882d4954c4e0bdcd2/suaranya-bergetar-sebut-283-warga-dimakamkan-anies--itu-warga-kita
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies: Itu Warga Kita yang Bulan Lalu Sehat JAKARTA, KOMPAS.com - Suara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendadak bergetar ketika ia menyampaikan data mengenai jumlah korban meninggal dunia yang harus dimakamkan sesuai protokol pemulasaran jasad pasien Covid-19. Anies menyebutkan, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mencatat 283 jasad dikebu
Lapor Hansip
31-03-2020 00:15

Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita

icon-verified-thread
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita

Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies: Itu Warga Kita yang Bulan Lalu Sehat

JAKARTA, KOMPAS.com - Suara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendadak bergetar ketika ia menyampaikan data mengenai jumlah korban meninggal dunia yang harus dimakamkan sesuai protokol pemulasaran jasad pasien Covid-19.

Anies menyebutkan, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mencatat 283 jasad dikebumikan kurang dari 4 jam selepas wafat, dibungkus plastik, menggunakan peti, dan petugas pemakamannya mengenakan alat pelindung diri ( APD).

Data itu dicatat dalam kurun waktu tak sampai sebulan, yakni pada rentang 6-29 Maret 2020.

"Ini menggambarkan bahwa situasi di Jakarta terkait dengan Covid-19 amat mengkhawatirkan. Karena itu saya benar-benar meminta kepada seluruh masyarakat Jakarta, jangan pandang angka ini sebagai angka statistik," ujar Anies dalam konferensi pers di Bakaikota, Senin (30/3/2020).

"(Data) 283 itu bukan angka statistik. Itu adalah warga kita yang bulan lalu sehat... Yang bulan lalu bisa berkegiatan..." imbuh dia, dengan suara bergetar.

"Mereka punya anak, mereka punya istri, mereka punya saudara, dan ini semua harus kita cegah pertambahannya."

Anies bilang, belum tentu semua jasad yang dimakamkan itu merupakan pasien Covid-19, sebagian mungkin masih berstatus suspect (dicurigai) Covid-19, karena belum dites atau hasil tes belum rilis saat meninggal.

Keadaan tadi, menurut dia, menunjukkan bahwa kondisi Jakarta sebagai pusat pandemi Covid-19 di Indonesia masih amat mengkhawatirkan.

Berangkat dari sana, Anies meminta warga DKI Jakarta serius melakukan pembatasan aktivitas, atau yang dikenal sebagai physical atau social distancing.

Ia meminta warga Jakarta lebih disiplin untuk tinggal di rumah.

"Tinggal lah di rumah, disiplin untuk menjaga jarak, lindungi diri, lindungi keluarga, lindungi tetangga, lindungi semua," kata eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu.

"Jangan sampai Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang mengurusi makam ini punya angka yang lebih tinggi lagi. Mari kita ambil tanggung jawab semuanya," lanjut Anies kembali dengan suara bergetar.

Senin (30/3/2020), Pemprov DKI Jakarta merilis total terdapat 701 pasien positif Covid-19, dengan 48 pasien berhasil sembuh namun 67 di antaranya meninggal dunia.

Pemerintah terus menggaungkan instruksi agar warga tetap bertahan di dalam rumah selama pandemi Covid-19 untuk memutus rantai penularan, kecuali terpaksa keluar rumah untuk kebutuhan mendesak.

Warga diminta menjauhi diri dari kerumunan yang dapat mempermudah penularan Covid-19.
sumber

*******

Bukan Anies kalau tidak bisa mengolah kata dan bermain drama. Bahkan bisa sampai bergetar suaranya. Kalau dalam olah suara, ini disebut Vibrato, dan Anies bolehlah masuk dalam kelas Bariton.

Bagi mereka yang masuk dalam golongan codi, ungkapan Anies ini bagaikan halilintar yang Cumiakan telinga. Bagai gemuruh gunung yang memuntahkan lava. Tapi tidak bagi yang bukan golongan codi. Ucapan Anies, meskipun tidak merujuk pada jumlah korban meninggal akibat Corona, tapi pemilihan diksi Anies kurang tepat.

Penyebutan angka 283 orang yang dimakamkan dengan protokol kesehatan dan pemakaian APD, bagi mereka yang awam bisa disalah artikan. Terlebih bagi mereka yang selalu mengamini kata-kata Anies. Padahal kita tahu, seluruh orang yang mengalami gejala mirip dengan gejala terinfeksi Corona akan selalu berhadapan dengan protokol kesehatan. Itu untuk keamanan para petugas kesehatan serta para penggali makam.

Penyebutan angka 283 orang yang dimakamkan dengan protokol kesehatan juga bisa disalahartikan bahwa pemerintah pusat melakukan kebohongan publik dan pembohongan data. Padahal sesuai data pemerintah pusat sampai opini ini ditulis oleh TS, tercatat 1.414 orang positif, 122 meninggal, dan 75 sembuh. Sementara berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta sendiri, tercatat yang positif Covid-19 adalah 720 orang dengan 48 orang mengalami penyembuhan total dan 76 orang meninggal.

Lantas apa yang melatari Anies hingga bisa keluar perkataan seperti itu? Entahlah. Kalau niatnya hanya untuk menegaskan social distancing rasanya terlalu berlebihan.

Tapi, kalau suara bergetarnya Anies saat menyebut angka 283 adalah ungkapan penyesalannya atas kebodohannya melakukan efek kejut pada tanggal 16 Maret 2020, ini patut diapresiasi. Kenapa? Karena Anies tak pernah mau meminta maaf dan tak pernah merasa menyesal, sekalipun telah berbuat kesalahan. Padahal Anies hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Lantas kenapa sampai hal ini dihubungkan dengan soal efek kejut yang dianggap bodoh itu? Lihat saja bagaimana ungkapan Anies.

"(Data) 283 itu bukan angka statistik. Itu adalah warga kita yang bulan lalu sehat... Yang bulan lalu bisa berkegiatan..." imbuh dia, dengan suara bergetar.

Bulan lalu. Bulan Februari mereka masih bisa berkumpul dengan keluarga, dengan sahabat, dengan tetangga. Dan semua itu berubah ketika tanggal 16 Maret 2020 mereka dipaksa terpapar Corona akibat kebodohan seseorang yang jumawa dengan mengeluarkan kebijakan tanpa dipikir panjang lagi. Padahal masyarakat Jakarta itu bercampur dengan mereka yang tinggal disekitat Jakarta yang mencari nafkah di Jakarta dan lalu lalang di Jakarta. Dan masyarakat Jakarta bukanlah kota kecil yang masyarakatnya bertani atau berladang. Dan masyarakat Jakarta mengikuti apa kata Gubernurnya yang menggalakan pemakaian transportasi umum seperti Trans Jakarta hingga Gubernurnya bisa membusungkan dada karena pengguna Trans Jakarta mencapai 1 juta perhari.

Dan dari tanggal itulah mereka menyebarkan wabah kemanapun mereka bisa pergi. Buktinya banyak korban meninggal di daerah yang jauh dari Jakarta ternyata berangkat dari Jakarta.

Dan sekali lagi, TS tak peduli andai para codi yang selalu mengamini kebijakan Anies menyerang membabi buta disini.

TS cuma ingin menegaskan. TS warga Jakarta, peduli dengan tanah kelahiran, tinggal di Selatan Jakarta yang menjadi pusat pandemi di Indonesia ini, sehingga wajar apabila TS mengkritisi atau mendukung setiap kebijakan gubernur DKI Jakarta.

Sementara sampai detik ini, tidak ada kebijakan kongkrit yang diputuskan oleh gubernur DKI Jakarta mengenai anggaran stimulus demi menyelamatkan perekonomian dan kehidupan warga Jakarta, kalah dengan Jawa Tengah dan Jawa Barat yang berani mengeluarkan kebijakan demi menyelamatkan warganya. Semua bungkam. DPRD bungkam. Cuma bisa ribut karantina karantini, lokdan lokdon lokdan lokdon, padahal penyemprotan desinfektan saja warga Jakarta harus mengumpulkan uang sendiri ketimbang harus menunggu penyemprotan desinfektan dari Pemprov DKI Jakarta yang itupun harus membayar!!! Bohong kalau ada yang bilang tidak membayar. Ini TS dengar sendiri dari kawan yang datang ke RW bahwa setiap RT yang meminta desinfektan, yang entah kapan dilaksanakan, harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar petugas petugas penyemprotan yang nilainya lumayan besar.

Jika Anies Baswedan dengan gagah dan lantang mengatakan :

"Formula E saya batalkan! Dan anggaran Formula E dengan ini saya nyatakan saya alihkan untuk perlawanan terhadap wabah dan demi kehidupan sosial serta ekonomi masyarakat Jakarta yang terdampak. Termasuk semua anggaran yang tidak urgent. Saya alihkan demi kemaslahatan masyarakat Jakarta."

Maka saat ini juga TS menyatakan akan mendukung Anies sepenuhnya serta tak akan pernah berseberangan lagi dengan para codi pendukung Anies Baswedan.

Akankah ini terwujud?
Jawabannya gampang.
Ini seperti berharap menemukan dimana ratusan pohon Monas yang hilang itu berada.

Itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 85 lainnya memberi reputasi
68
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 10
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:10
ya udah..anggaran formula eeq nya dibuat stimulus warga jkt kurang mampu aja pak

gt aja koq repot

hari gini g ada yg mau nonton balapan pak

profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:13
Quote:Original Posted By nganggur
Belum sebulan klo gara2 ini, bukan ini, tapi pesawat2 dan WNA yang sampai sekarang masih bebas masuk ke Indonesia. Sumber penyakit bukan dari yang miskin ke yang kaya tapi sebaliknya.


Masa inkubasi dan karantina sd 14 hari. Antrian demi pencitraan efek kejut 16 Maret +14 hari masa inkubasi dan karantina = mendekati 30 Maret

Kalau mau adu wna di bali kunjungan WNA yg jauh lbh banyak dr dki tapi kenapa yg positif di bali ga sampe 3% nya dki?
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita

Wna juga salah 1 penyebab, tapi pembatasan transportasi umum bikin manusia bertumpuk demi alasan konyol "memberi efek kejut" jauh lbh goblok dan salah 1 faktor memperparah penularan infeksi emoticon-Smilie
Diubah oleh hawk
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:13
cm penasaran angka 283 itu asalnya darimana. jangan2 yang meninggal normal (bukan krn covid-19) ikut diklaim juga biar agak bombastis gt emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:18
Minta balik duit formula E 1.6 trilyun..... Itu dah cukup buat perang lawan Corona. Masa kalah sama ganjar pranowo, APBD Jateng cm 30 trilyun tp dah alokasi dana 1.4 Trilyun....


Klo cm surat2an doang mah ga ada ngaruh... emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
Diubah oleh smogal
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:22
disini menghujat anis
disana menghujat jokowi

gw pribadi lebih dukung anis (khusus masalah corona)
memang saat kejadian pembatasan TJ itu gw akui langkah yg sangat ceroboh dengan kurang koordinasi dengan pihak swasta.
jual masker 300rb gw anggap masih normal, krn di pramuka jualnya 400 - 500rb utk yg biasa.

tetapi selebihnya masih lebih baiklah dibanding jokowi yg cuma umbar pencapaian or janji2 semu:
1. wisma atlet jadi RS corona, tapi pasien rujukan DITOLAK
2. relaksasi kredit................................................khusus positiv corona
3. APD petugas medis kurang,,,, bukan karena langka, tp krn dananya gak cair


0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:23
gubernur rasa jubir emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:37
suara dengarkanlah aku emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:53
Not my fault..its the virus
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:57
Quote:Original Posted By nganggur
tidak semua flight langsung ke bali, mayoritas transit jakarta, cengkareng, analisa datanya klo bisa jangan cuma 1, tapi banyak faktor


Kalau org terinfeksi di bandara soetta krn transit otomatis saat di bali juga menginfeksi warga bali juga dan kedua dki & bali sama2 masuk juara 3 besar positif corona seindonesia.
Dan tidak semua flight harus transit cgk dulu, ada yg direct ke denpasar krn destinasi favorit wisata mirip lionair direct ke china tanpa transit sg
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita

Nah gw tanya lu dulu sblm ngelebar topik kmn2, apakah gambar di bwh ini memperparah resiko penularan infeksi?
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga KitaSuaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga KitaSuaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga KitaSuaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga KitaSuaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita

Kalau versi gw yg bicara: 2 minggu lalu mereka sehat2 saja kok emoticon-Traveller
Diubah oleh hawk
profile-picture
misstumbler memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 09:59
283 dalam 1 provinsi tapi 122 total keseluruhan,..kok kontras sekali perbedaannya ya

Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:03
Angkanya sengaja dibuat beda yah sama dia, jadi biar masyarakat tidak percaya sama pemerintah pusat. 283 warga dimakamkan, itu karna sakit apa dulu? Penyakit demam berdarah dll juga jangan dimasukkan. Kebohongan publik itu namanya.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:06
Quote:Original Posted By zainkalasnikov
@fadlan2889 kan tidak di potong 100% bro.....mungkin 10% saja...kalo aku seh gpp...itung2 infak dan sedekah,..heheheh


Iye kan itu elu..kl tim gagap mana mau?wkwk
Wong balapan tamiya aja kgk berani d gagalin, kgk berani d alihin duit ny buat corona
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:08
guoblokner legend ini mungkin lupa lagi soal efek kejutnya..emoticon-fuck
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:12
lah kapan hari wan abud ikut berpartisipasi untuk mempercepat penularan covid di jkt dengan membuat kerumunan di halte, dalam bus way, MRT , di jalan... katanya lebih tanggap dr jokowi mslh corona..bahkan sejak awal januari... lah ketika kasus corona booming stlh imlek dia susah sekali membatalkan formula E... negara lain saja sudah batal...sampai banyak org yg bikin protes untuk pembatalan / penundaan formula e yg boros dan bikin rugi.. trus wan abud tanggap nya di mana??sempet masih ngeyel mau menyelanggarakan gitu kok...trus PD pasar jaya yg menjual masker 300rb per box itu bagaimana?? apa tanggapannya? harusnya disubsidi pakai dana darurat/operasional nya dia... supaya masyarakat tidak hrs mengeluarkan uang 300rb untuk beli masker.. anggaran DKI jakarta hampir 90T...
sekarang sibuk cari panggung atas jatuhnya korban...
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan anusbaubadan memberi reputasi
2 0
2
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:13
Banyak baget yg meninggal...
kasianjuga indonesia lebih banyak ygakanj tertular terus dari hari ke hari...emoticon-Berduka (S)
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:27
Quote:Original Posted By nievmizzet
Trims gan.. argumennya..

Gw yang nonton dan memantau berita, pun merasa kurang sreg dengan beberapa statement yang dibuat oleh Menkes, Gubernur DKI, Gubernur Jateng, dan pejabat2 lain termasuk pak Presiden..
Arahan dan statement lainnya sudah pada tempatnya, dan saya lihat mereka tidak sungkan untuk merevisi kebijakan/statement yang dirasa keliru..

Namun, tidak pada tempatnya bagi gw (dan anda) untuk mencoba lebih pintar dari beliau-beliau ini, apalagi nyinyir melulu dengan kebijakan yang diambil.. tidak ada template yang bisa 100% dijiplak untuk mereka jadikan pegangan.. siapa yang tahu kebijakan sekeras apa yang diambil Tiongkok untuk menekan laju penyebaran COVID-19? Berkaca ke Singapura tidak sepenuhnya tepat karena perbedaan situasi kondisi (bahkan dengan Jabodetabek sekalipun)

Dalam konteks seperti ini, gw berusaha jadi warga negara yang baik, mendegarkan perkataan Pemerintah dan manut untuk semua kebijakan yang sudah diambilnya.. lagian, mereka yang terpilih untuk memimpin negeri ini, ada baiknya kita mengikuti kepemimpinan beliau2.. Gw yakin jika pemimipin/Pemerintah kita sudah melenceng jauh, jutaan suara dari rakyat tidak akan diam..

Sejauh ini yang gw lihat hanyalah koar2 anti pemerintah di medsos/media cetak-elektronik yang semuanya bermuara dari perbedaan kubu ketika Pilpres kemarin.. Oportunis politik mencoba bermain di air keruh dan sialnya, Gubernur DKI terpampang nyata sebagai contoh dari para oportunis politik itu..

God Bless My Country


Izin quote post sendiri di thread lain.. Gub DKI maunya apa coba... mancing di air keruh.. ckckck

profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:33
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Monggo dibabarin datanya?
Atau ente udah ada data tandingan bahwa semua itu bukan karena tanggal 16 Maret 2020?


emoticon-Big Grin

Aneh para codi.
Semua mendukung waktu libur panjang dengan alasan Anies tepat karena kuatir semua berdekatan sehingga mudah memaparkan dan terpapar Corona.

Tapi ketika masyarakat berkumpul berdesakan hingga kehujanan akibat efek kejut, kenapa semua codi membela?

Dimana logika itu ditaruh?
Di pantat?


tanggal 16 maret itu hari pembantaian warga jakarta karena ulah si duta penyebar corona... sudah 14 hari sejak itu.... terbukti lonjakannya
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:46
wooi TS buzzerRP, goblok dipiara
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Suaranya Bergetar Sebut 283 Warga Dimakamkan, Anies : Itu Warga Kita
31-03-2020 10:49
Kerjanya konpers, wawancara di yutub, bikin kebijakan ala2 Syahrini yang bikin orang "terkejut nyata" sama main drama. Baru tau gua, DKI punya gubernur aktor emoticon-Wakaka gantian gua yangemoticon-Wow
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Halaman 7 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia