EnzoManAvatar border
TS
EnzoMan
[SHARING] Serunya Bekerja sebagai Freelancer
Selamat sore semuanya, makasih sudah meluangkan waktu untuk membuka thread ini. emoticon-Smilie

Di sini ane cuma mau berbagi serunya jadi seorang pekerja lepas (freelancer).

Dulu ada anggapan umum bahwa orang bekerja pasti harus datang ke kantor, berangkat pagi pulang sore/malam. Di kantor kita harus ketemu orang yang gitu lagi gitu lagi. Rekan sekerja ada yang nyenengin ada juga yang nyebelin. Kalo harus tugas ke luar kantor belum tentu kita dapet sesuai target. Intinya dulu anggapan umum adalah kerja itu cuma secara offline.

Namun belakangan ini, ditambah dengan anjuran pemerintah untuk tinggal di rumah selain ada keperluan darurat, kita jadi pikir-pikir kalo mau bekerja secara offline aja. Pekerjaan pasti jadi nonaktif untuk sementara waktu, selain bidang-bidang tertentu yang gak boleh ditinggal. Bagaimana kalau punya kerjaan aja belum? Boro-boro masuk kantor, ngelamar aja pastinya dalam kondisi darurat pandemi Covid-19 begini adalah hampir mustahil. Lalu ngapain dong???

Tenang dulu. Nggak mungkin seluruh kemungkinan tertutup sama sekali. Sekarang sedang tren bekerja secara online, yaitu menjadi pekerja lepas (freelancer). Ketika keadaan offline terganggu, online jadi digandrungi. Kok bisa? Pendapatan employernya emang gak keganggu? Tentunya yang berani pasang lowongan kerja adalah mereka yang tetap dapat uang dalam keadaan apapun, jadi nggak terpengaruh.

PERTANYAAN: emangnya gampang, gan?

Memang nggak segampang membalikkan telapak tangan. Semuanya butuh perjuangan, baik karir offline maupun online. Merintis dari awal dari nggak ada yang lirik sampai nanti ente kesulitan menghindari lirikan orang itu butuh proses lama; nggak sama buat tiap orang berapa lama tapi yang jelas lama.

PERTANYAAN lagi: syaratnya apa gan?

Pertama kita mesti siap laptop/komputer, jaringan internet (router maupun hotspot dari HP bisa), kartu identitas (situs penyedia jasa freelance akan minta itu), dan yang terakhir namun sama pentingnya adalah kemampuan.

Okelah nggak ada laptop/komputer mau pake HP, bisa tapi apa nggak ribet? Ketikan dari HP itu terbatas lho. Dan performa orang kerja lewat HP belum tentu bisa sebagus kerja lewat laptop/PC.

Kartu identitas itu wajib. Nggak mungkin nggak ada kartu identitas, toh bikinnya aja sejak umur 18 tahun dan pasti diperbaharui. Bahayanya kalo nggak ada kartu identitas adalah ente nggak bisa verifikasi profile freelancer, nggak bisa melamar karena belum verifikasi, dan nggak bisa punya uang karena nggak ada bayaran akibat nggak ada kerjaan yang disebabkan nggak ngelamar ke manapun gara-gara profile nggak diverifikasi akibat nggak ada kartu identitas yang diupload. Efeknya beruntun. Masa kere gara-gara gak mau upload identitas? Yang bener aja lah... Kita ngelamar kerja ke kantor ini itu juga butuh tunjukin identitas diri kan.

Kemampuan ini amatlah penting dan wajib hukumnya di dunia kerjaan online, para pekerja sekalian, sama dengan kerjaan offline. Penting sekali menyadari kemampuan kita di bidang apa. Ini sama aja ngelamar kerja tapi posisinya online, by internet. Kerjakan sesuatu yang sesuai kemampuan kita. Bila kemampuan kita di bidang video editing, melamarlah di bidang itu. Bila ada kemampuan di bidang penerjemahan bahasa Jepang, kerjakanlah pekerjaan itu. Jangan sampai terjadi nggak punya sikil eh skill di bidang musik malah melamar ke bidang musik, atau gak bisa menggambar malah menyanggupi bikin gambar. Gak dibayar yang iya.

PERTANYAAN lagi: apa ada resikonya gan?


Ya, semua hal ada resikonya. Paling baterai HP cepet habis, kuota internet cepet amblas, dan ente capek. Dah itu doang.

-kalo pekerjaan kita beres.

Plis deh, baterai HP habis ya dicharge lagi. Kuota internet kita habis ya beli lagi, toh dapet bayaran ini. Kalo capek ya istirahat. Gitu aja kok repot emoticon-Big Grin

Tapi kalo kerjaan kita nggak beres, siap aja ente nggak dibayar. Atau mungkin dibayar tapi rating ente anjlok. Jujur aja, lebih baik kita jadi newbie yang belum ada rating bintangnya daripada jadi sesepuh yang rating bintangnya 3 ke bawah. Susah itu naikinnya gan. Kalo newbiemah tinggal kerja bener, pasti dibayar dan rating minimal banget bintang 4 lah. Paling umum kalo kita kerja bener orang gak sungkan rate kita bintang 5. Tapi kalo ID kita udah sepuh ratingnya jelek, wah susah... Soalnya kepercayaan orang itu berdasarkan rating kita. Kalo di situs forum tertentu kita bisa nipu dengan bikin klonengan dan kirim rating ke ID kita, nggak gitu dengan situs freelance, karena kita hanya dapat/beri rating setelah kerjaan selesai dan setelah terima/beri bayaran. Rating itu performa kerja kita yang menentukan seberapa orang bisa percaya sama kita.

Hanya saja kalo kerja online nggak ada bos yang bisa memecat kita. tapi tetap jangan lengah: jangan banyak bikin pelanggaran, karena ID kita bisa diban oleh pihak penyedia website.

Di manapun itu, waspada dengan yang namanya penipuan. Ane pernah dimintain buat pinjam ID. Alasannya: mau kerja. Ane dijanjiin USD 100 sebulan. Halo.... USD 100 sebulan itu mudah didapat asal kita tekun dan punya banyak kemampuan. Jangan tergiur dengan yang gituan gan. Omongannya nggak bisa dipegang. Mending duit USD 10 tapi usaha sendiri daripada USD 100 tapi hasil minjemin akun ke orang lain. Nggak banget. Mending kalo betul dibayar. Kalo akun kita ilang kan kita nggak bisa kerja emoticon-Cape d...

Ohya, nggak ada yang gratis ya, karena kita akan dapat potongan bayaran dari pihak penyedia website, juga biaya keanggotaan di tingkat tertentu. Logis lah, sebab mereka udah nyediakan tempat kerja buat kita, masa gak ada komisi buat mereka? Kan mereka mengurusi biaya untuk jaga server tetap online agar kita bisa kerja terus. Plus kalo ada fitur keanggotaan tertentu kita bisa dapatkan dengan bayar juga. Namanya aja fitur tambahan.

PERTANYAAN lagi: situs mana aja yang oke gan? Dan ente berhasil dapat di mana aja?

Ane ada rekomendasi beberapa website. Kita nggak bisa cuma nggantungin sama satu tempat aja, tapi daftarlah satu per satu. Silahkan coba cari di Google dengan keyword berikut:

1. Freelancer.com
Situs ini adalah situs internasional dengan warna khas biru-putih. Di sini kita akan temui berbagai jenis orang dari berbagai belahan dunia. Jangan takut, banyak juga orang Indonesia di sini. Ada lowongan yang kerjaannya seabreg tapi bayarannya kecil. Ada lowongan yang kerjanya dikit tapi bayarannya gede (waspada, seringkali ini penipuan seperti yang ane tulis warna merah di atas). Keanggotaannya tergolong mudah, dengan tingkat paling bawah pun kita bisa melamar seperlu kita. Sistem pelamarannya adalah berdasarkan bid. Nanti jumlah bid akan nambah satu setiap 24 jam, sampai batas yang sesuai dengan keanggotaan kita. Ane dapat kerjaan di sini dan sudah bayar sampai tingkat keanggotaan menengah. Bayaran pekerjaannya rata-rata lebih besar dari situs lokal, karena mata uangnya aja pake USD.

2. projects.co.id
Ini adalah website lokal dengan trademark warna orange. Hampir mustahil kita nemu orang asing di sini. Keanggotaannya adalah gratis selamanya dan gak ada batasan pelamaran. Di sini ada sistem poin, di mana kalo rating kita buruk poinnya kecil, bahkan MINUS. Bahkan di sini kita bisa diarbitrase/diadukan ke pihak situs kalo bekerja nggak sesuai ketentuan. Employer di sini pada ketat (bagus lah). Bayarannya memang pakai mata uang kita tapi lumayan oke. Ane udah dapat kerjaan di sini, namun sayang ada klien yang perangainya tidak baik. Hanya karena ada kekeliruan kecil yang sebenarnya bisa dikerjakan ulang dan ane udah minta maaf, dia marah-marah dan maki-maki. Nggak boleh gitu juga, mentang-mentang employer. Oh ya, kalo kita buat proyek dan gak ada kelanjutannya sampai deadline penerbitannya selesai, proyek kita akan otomatis dibatalkan oleh sistem. Dalam hal ini kita nggak kena penalti poin. Tapi kalo mendadak kita batalin, kita bakal kena penalti.

3. sribulancer.com
Anak usaha website sribu ini juga adalah tempat ane benaung sekarang. Istilahnya kondisi ane sekarang berkaki tiga emoticon-Big Grin Ane justru dapat kerjaan pertama dengan bayaran terbesar sejauh ini di sini. Sama dengan yang kedua, situs berwarna biru-putih ini memiliki sistem keanggotaan gratis tanpa batasan bid. Hanya saja, pengalaman ane adalah: kita ternyata masih bisa nego terus walau seharusnya sudah deal, dengan meminta customer service membuatkan proyek pengganti. Ini sebenarnya tidak boleh. Kalo sudah deal bayaran sekian kerjaan sekian banyak dan deadline sekian, fix gitu aja dan gak boleh diubah.

Selain itu ane sempet nyoba di Upwork.net. Sayangnya di sini pakai sistem connect dan begitu habis kita harus beli lagi, yang artinya pakai uang. Keanggotaan berbayar di sini lumayan mahal, sekitar dua kali lipatnya freelancer.com. Banyak orang bilang bahwa Upwork.net kurang cocok untuk freelancer pemula yang belum punya penghasilan, dan ane setuju. Pernah ada tawaran orang Amrik minta ane susun novel bahkan ngajakin jadi aktor, tapi ane tolak karena terlalu jauh jaraknya. Kalo soal susun novel ane terima, tapi dia nggak ngabari lagi. Ada juga orang Filipina minta ane terjemahin dokumen yang sama juga akhirnya: nggak ada kelanjutannya. Sistem connect ini tergantung tingkat kesulitan proyeknya, makin sulit makin besar. Ane tutup profil di sini, karena connectnya nggak langsung diperbarui dan ane nggak punya uang. emoticon-Frown

Tips penting: tekun bidding dan gabung di beberapa website. Makanya ane beri tiga website di atas. Apalagi ketiga situs di atas tergolong unlimited kalo kita bicara jumlah bid. Okelah freelancer.com memang terbatas, tapi walaupun kita pakai keanggotaan gratis pun bidnya pun otomatis akan diperbarui terus dalam setiap 24 jam, jadi nggak akan habis total selamanya. Jangan nggantungin di satu kerjaan gan, karena kita bid di lowongan yang sepi pun belum tentu kita yang dapat; namanya aja persaingan. Cari terus dan bid di lowongan yang sesuai dengan kemampuan kita. Akan lebih bagus kalo kita bisa dapat kerjaan jangka panjang. emoticon-Smilie

Penarikan bayarannya ane hubungin dengan akun bank lokal. Jadi kalo dari situs asing bayarannya diubah ke Rupiah. Kalo bayaran pakai Rupiah juga malah lebih mudah lagi. Habis itu tinggal nikmati uangnya. emoticon-Big Grin

Satu hal saja: sebisa mungkin gunakan platform situs, yaitu lewat Private Message (PM) untuk berkomunikasi. Kalo ada kekeliruan/masalah pihak situs bisa menengahi. Seringkali, berdasarkan pengalaman banyak orang dan ane juga, orang yang memaksa untuk kontak di luar situs dan menolak pakai PM situs bertujuan tidak baik.

Pendeknya adalah, kalo mau kerja freelancing harus siap laptop/PC, HP, kemampuan, waspada penipuan, jangan nggantungin satu website (apalagi cuma satu lowongan, kecuali itu kerjaan jangka panjang)dan tekun bidding. Oh ya, punya banyak kemampuan juga menjadi penunjang penting. Tinggalkan juga pesan bahwa kita berunding lewat platform digital yang beraangkutan, namun bila memang diperlukan berikan juga nomor HP. Kalo udah dapat kerjaan, kerjakan dengan baik agar gak dirating buruk. Orang percaya sama ratin kita, walau itu nggak selalu jadi patokan. Sudah jadi "hukum alam" bahwa orang berating buruk kalah saing dengan newbie yang belum ada rating, apalagi sama orang yang ratingnya bagus.

Kalo bisa ente sudah punya penghasilan sebelum gabung di sini.

Dah gitu aja emoticon-Smilie Sekali lagi makasih ya sudah mampir emoticon-Big Grin
Diubah oleh EnzoMan 30-03-2020 10:26
sebelahblog
infinitesoul
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.