hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Benarkah PLN Memberikan Kompensasi Listrik Bagi Karyawan yang WFH?
podcast-episode


Sejak pandemi Covid-19 makin meluas di Indonesia, sejumlah perusahaan memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) bagi karyawannya. Dari kebijakan tersebut, kini bermunculan narasi yang menyebut jika Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun memberikan kompensasi listrik karena banyaknya masyarakat yang menerapkan pola kerja dari rumah.

Informasi yang tengah viral ini banyak dibagikan di Whatsapp yang mengatasnamakan PLN. Berikut isi pesan berantai yang viral tersebut:

"Halo, just info. Bulan ini ada kompensasi dari PLN karena pada WFH. Klik link di bawah https://layanan.pln.co.id/InfoTmp.html.Lumayan tambahan listrik dikit,"




Disebutkan pula jika kompensasi listrik dari PLN ini hanya berlaku di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Lantas bagaimana kebenaran informasi tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, ditemukan fakta jika kabar mengenai kompensasi listrik yang diberikan oleh PLN adalah informasi yang salah.

Hal ini ditegaskan oleh General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Assad yang menyebut jika narasi yang viral tersebut tidak benar adanya. Pasalnya, PLN hingga kini masih mengkomunikasikan hal ini dengan berbagai regulator, seperti Kementerian ESDM, BUMN, dan Keuangan. Seperti diketahui, kebijakan kompensasi listrik hanya dapat diputuskan jika telah melalui pertimbangan dari ketiga regulator tersebut.

Selain itu, link yang terlampir dalam pesan berantai tersebut sebenarnya adalah link kompensasi listrik saat terjadi pemadaman pada bulan Agustus 2019 lalu.


KESIMPULAN
Jadi Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax, dapat dipastikan jika informasi terkait pemberian kompensasi listrik pasca dilakukannya kebijakan WFH bagi sejumlah karyawan adalah informasi yang salah alias hoax.

* * *

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
TurnBackHoax
Suara
sebelahblog
junleon
nona212
nona212 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
11.8K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.