News
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e81dce97e3a721ea0707d5e/darurat-sipil-jokowi-diprotes-komnas-ham-butuh-darurat-kesehatan-nasional
Suara.com - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengkritik rencana Presiden Joko Widodo yang akan mengeluarkan kebijakan darurat sipil, dengan pembatasan sosial dalam skala besar dan sanksi bagi yang melanggar. Kebijakan yang akan diputuskan Jokowi itu tidak tepat. Menurutnya yang dibutuhkan dalam kondisi sekarang di tengah tingginya kasus covid-19, seharusnya kebijakan darurat kesehatan. "D
Lapor Hansip
30-03-2020 18:50

Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional

Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional

Suara.com - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengkritik rencana Presiden Joko Widodo yang akan mengeluarkan kebijakan darurat sipil, dengan pembatasan sosial dalam skala besar dan sanksi bagi yang melanggar. Kebijakan yang akan diputuskan Jokowi itu tidak tepat.

Menurutnya yang dibutuhkan dalam kondisi sekarang di tengah tingginya kasus covid-19, seharusnya kebijakan darurat kesehatan.

"Darurat sipil itu tujuannya tertib sipil yang biasanya untuk memastikan roda pemerintahan berjalan dan tertib sipil. Jadi dari prespektif tujuan saja berbeda jauh," kata Anam, Senin (30/3/2020).

Anam menjelaskan, Darurat Kesehatan bertujuan memastikan kondisi kesehatan masyarakat yang terancam di tengah kasus penyebaran virus corona yang terus meningkat. Sehingga dibutuhkan kerja sama dengan melibatkan masyarakat luas.

"Oleh karena itu dalam situasi kasus covid-19 yang terus meningkat, dan belum maksimalnya sarana prasana yang digunakan memerangi wabah ini harusnya darurat kesehatan," ujarnya.
Menurutnya pendekatan utamanya adalah kepentingan kesehatan. Salah satu cara kerjanya membangun kesadaran masyarakat dan solidaritas. Tujuannya fokus pada kerja-kerja kesehatan, bukan pada kerja penertiban.

Misalnya mendorong keaktifan perangkat pemerintahan hingga tingkat terbawah sepertinRT dan RW, termasuk Puskesmas menjadi garda komunikasi terdepan dalam penanganan ini. Jika ada masyarakat yang melanggar tujuan dan kepentingan kesehatan perlu disanksi dengan denda dan kerja sosial.


"Paradigma penyelesaian dan exit strateginya berbeda, ancamannya juga berbeda. Makanya dalam Perpu 23 rahun 1959, karakter pengaturannya adalah memastikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik dan tertib sipil," kata dia.

Sementara, situasinya saat ini pemerintahan berjalan dengan lancar. Kekurangan pemerintah di tengah situasi krisis virus corona sekarang adalah kebijakan dalam penanganannya tidak optimal.

"Yang dibutuhkan Darurat Kesehatan Nasional. Tatakelolanya perlundiperbaiki, misalnya platfrom kebijakan yang utuh dan berpusat, karena karakter kasus covid-19 membutuhkan itu," tambahnya.


Dia menambahkan, Jokowi sebagai Presiden harus memimpin langsung konsolidasi pemerintah pusat dengan daerah dalam penanganan wabah ini.

"Apalagi ada momentum-momentum besar yang akan mempengaruhi seberapa besar sebaran virusnya, misalnya soal mudik lebaran, atau acara lain yang rutin karena ada acara keagamaan," kata dia.


sumber : https://www.suara.com/news/2020/03/3...tan-nasional 

Waduhh menurut ane pribadi sih langkah yang diambil presiden saat ini udah tepat bagaimana menurut agan sis penghuni kaskus sekalian? 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 19:42
klw bnyk yg protes darurat sipil....

emoticon-Cool

berarti pke darurat militer....
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kevniv memberi reputasi
2 0
2
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 19:48
pengen nerapin kayak di wuhan, tapi khusus untuk anggota komnas ham.
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 19:51
kakean cangkem iki komnas ham....emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 19:53
@cepumerdeka asal jangan lempar bata nya ke ane om hehe
profile-picture
cepumerdeka memberi reputasi
1 0
1
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 20:07
Lalalalalalalalala NGENTOT

emoticon-fuck

Tadi Jokowi udh lockdown ketapang - gilimanuk.

Eh tai itungan jam Jokowi buka lagi lockdownnya.

DAN ENG ING ENG KITA TETEP JADI PION CATUR POLITIKNYA PAKDE, DENGAN ADANYA DARURAT SIPIL. T-O-L-O-L

1. Secara hukum bila Jokowi menetapkan Karantina Wilayah maka sesuai dengan UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan pasal 55 "wilayah yg di karantina kebutuhan hidup dasar orang dan makanan hewan ternak di jamin pemerintah pusat"

2. Bila menerapkan Darurat sipil maka landasan hukum yg di pakainya adalah Perpu No. 23 Tahun 1959 tentang Darurat sipil dan militer dimana dalam pasal 4 nya tertulis penguasa tertinggi wilayah darurat sipil yg ditetapkan adalah

Quote:(2) Penguasa Darurat Sipil Daerah yang dimaksud dalam ayat (1) pasal ini dibantu oleh suatu badan yang terdiri dari:

1.Seorang Komandan Militer tertinggi dari daerah yang bersangkutan.;
2.Seorang Kepala Polisi dari daerah yang bersangkutan;
3.Seorang Pengawas/Kepala Kejaksaan dari daerah yang bersangkutan.


Dan sama skali gw ga ad menemukan bantuan di lini pangan buat wong cilik di perpu ini. Dan yg efektif di perpuu ini cuma pembatasan gerak manusia.

Dan yg bisa jadi acuan pengumpulan bahan makanan cuma di pasal 38 itupun BAB darurat militer, perintah dri pemimpin daerah memerintah mengambil dari tempat yg ditunjuk di wilayahnya, yg negara dibebaskan kewajibannya tentang benda yg diambil.

Berarti yg bertanggung jawab ame ketahanan perut kitak2 ya simpulin sendiri kalau masih darurat sipil
"urusan kebutuhan hidup dasar orang TIDAK ADA pasal yg menjamin dari pemerintah pusat"


Dasarnya :
1. UU No. 6/2018 tentang karantina kesehatan (kebutuhan hidup masyarakat urusan pemerintah pusat)

2. UU No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana (kebutuhan hidup masyarakat urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah)

3. Perpu No. 23 Tahun 1959 tentang Darurat sipil dan militer untuk lini kebutuhan hidup masyarakat tidak diatur sama sekali, kecuali masuk ke lini Darurat Militer itupun lebih mirip ngejarah berLicense di Pasal 38.
Diubah oleh longneversee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 20:59
Quote:Original Posted By mamatmetalpisan
Kebijakan ini otomatis udah batal, ga ada yang sangka corona secepat ini penyebarannya.


Ah g jg buktinya kmaren udah diskon pesawat. Bandara masih bisa buat keluar masuk dr luar dan dalam negri, masuk deh tu virus. Kebijakan ini yg bikin virus2 itu pada masuk.
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 21:07
another caper emoticon-Ngakak
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 21:12
Bosen ah... Kenapa gak darurat militer sekalian.
Nyinyir karungin.
Ngeyel karungin.
Sebar hoak karungin.
Berseberangan dengan kebijakan pemerintah, ciduk.
Gw yg lurus2 aja mah gak mempermasalahin yg gituan. Silahkan saja. Paling yang protes tuh yg tukang nyinyir, tukang ngeyel, tukang hoax ma hater pemerintah.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 21:30
"salah satu kerjanya membangun kesadaran masyarakat dan solidaritas".......MY ASS

disuruh jangan ngumpul2 ga dilakuin....ga sadar2.
dihimbau jangan mudik....ya gitu deh.

orang KomnasHam'nya aja coba turun ke lapangan buat meningkatkan kesadaran ke masyrakat.
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 21:40
Quote:Original Posted By wiseman14
presiden mau cuci tangan...


Pusat tidak peduli dengan kalian para monyet2 daerah imbisil.

Daerah cuma ternak pajak pusat, selain itu adakah tuan rumah punya kewajiban buat melindungi tamunya disaat genting? Tidaaaaak silahkan kalian angkat kaki kalau kalian tidak berkenan.

Jangan terlalu berharap kalian monyet2 daerah, pulau jawa pulau superior. Utopia cuma milik kami sepulau.

emoticon-fuckemoticon-fuckemoticon-fuck
Diubah oleh longneversee
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 21:46
Quote:Original Posted By pornwoow
Ah g jg buktinya kmaren udah diskon pesawat. Bandara masih bisa buat keluar masuk dr luar dan dalam negri, masuk deh tu virus. Kebijakan ini yg bikin virus2 itu pada masuk.


Udah bos otomatis
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 21:49
Quote:Original Posted By Erwinadriansyah
Jadi, karantina tanpa pemerintah nanggung kebutuhan hidup masyarakat, gitu?


Iya dong trus lu mau ape?, lu cari aja makan sendiri2, syukur2 daerah lu kaya, minta sono ame bupati ato gunernurnya mreka kan udh malakin pajak penghasilan lo tiap bulan, uangnya? Minta lah ama mreka ngapain pemerintah pusat sibuk mikirin urusan perut lu, emang lu sape? Pusat udh pusing bro nyetok makanan buat para elitenya, tau kan lu jaman gini cari lobster susah, makanye jangan cengeng. Contoh elitenya makanye rajin kerja rajin nabung. Lu ape? Rakyat jelata hhahahaha.


emoticon-anjingemoticon-anjingemoticon-anjing
Diubah oleh longneversee
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 22:07
iya emang lagi dalam kondisi darurat ini
apappun kebijakannya kalo ngga dilakuin dengan kerja sama yang baik oleh semua pihak ya tetep aja bakalan gagal yaa
profile-picture
u12c memberi reputasi
1 0
1
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 22:10
nih ngapain ham ikut ikutan pulak....
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 22:36
ga usah mikir kebijakan,mikir keselamatan diri sendiri,apa ga ckp selama ini dikibulin
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 22:53
tepatx wlpun sedikit dikuar hitung2an, dampak ekonomi dan kesehatan hampir sama, jd dua2nya harus di manage. susah, banyak yg nyari panggung, nyinyir, nyalahin, bukannya nurut aja,
profile-picture
profile-picture
u12c dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
30-03-2020 23:41
kita kasih kesempatan kpd pemerintah utk ambil kebijakan yg dirasa tepat dan cukup baik
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
31-03-2020 00:35
Quote:Original Posted By fghjjhgf
Caper semua d media..wartawan juga brutal narasumber kaga jelas diminta komentar..makany keadaan seperti ini sistem komunis terbaik..


Kalau feeling gw, dan mudah2an gw salah.

Cangkeme pemerintah diem ini mw pake cara herd immunity dah, karena udh kehabisan akal, kita kurang teknologi, dan kurang siap (karena ad menteri terlalu jumawa nantangin virus).

Kalau bener ya sistem komunis udh jalan bro, sadis ini cara, yg imunnya kaga kuat dikorbanin.

emoticon-Takut
Diubah oleh longneversee
0 0
0
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
31-03-2020 03:13
bacot bacot lagi kalau pemerintah keluarkan peraturan. memang kenyataan kok kalau masyarakat kita nga terrib buat stay at home, kumpul kumpul , cintoh nya 100an org yg di isolasi di mesjid kebun jeruk. baru baru ini.blum lagi sepanjang jalan masih aja yg kumpul kumpul terutama daerah pemukiman padat. so darurat sipil langkah bagus. tanpa darurat sipil mustahil penyebaran virus bisa di stop, sebenarnya sama aja dengan lock down. atau karantina wilayah.

kesampingkam lah yg pendapatan harian nga perlu terlalu di pikirkan. mereka juga punya anak istri, bagaimana kalau mereka tertular dan berlanjut koit bagaimana nasib keluarganya, atau menularkan ke anak istrinya, kita ini bangsa kuat. pendahulu kita memperjuangkan kemerdekan bertahun tahun melawan belanda makan nya gimana?
lah kita cuma di suruh isolasi 14 hari kok pusing dengan urusan perut? warga pendapatan harian umumnya kan punya kjp yg bisa di uangkan sekarang beli stok dikit dikit buat tahan seminggu dua minggu mah bisa, nga usah bohong lah , banyak yg cengeng belagak gak mampu padahal sebernaya sanggup cuma kurang penghasilan aja

saatnya melawan corona, jgn manja di suruh di rumah aja, makan susah sedikit masih lebih mending di banding jaman penjajahan. leluhur kita memperjuangkan kemerdekaan kita memperjuangkan kesehatan buat kita dan anak anak kita, susah sedikit gpp. dr pada perpanjang terus wfh nya mau sampai kapan? lockdown 14 hari stop penyebaran virus tau perpanjang terus wfh.

anak anak nga sekolah belajar dr rumah kasihan mak mak mau masak sambil ajarin anak di pagi hari. nga sekolah uang sekolah jalan terus. tiap hari liat liatan gue liat lu lu liat gua lama lama juga ribut. karantina 14 hari stop virus aja deh
profile-picture
profile-picture
u12c dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Darurat Sipil Jokowi Diprotes, Komnas HAM: Butuh Darurat Kesehatan Nasional
31-03-2020 03:19
sudah kuduga...

apa pun keputusan pemerintah....pasti ada pihak yg teriak2 salah...

krn keputusan itu tidak sesuai dgn harapan nya pihak tersebut
profile-picture
u12c memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia