News
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e81a2bda727685ed2793265/pengusaha-beras-sebut-opsi-lockdown-sangat-menakutkan
jpnn.com , JAKARTA - Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras), ikut ambil suara terkait pilihan karantina wilayah atau lockdown. Wakil Ketua Umum Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras), Billy Haryanto, mengusulkan apabila pemerintah terpaksa melakukan karantina, sebaiknya yang dilakukan adalah karantina wilayah, bukan ”lockdown”. Menurut Billy, dengan karant
Lapor Hansip
30-03-2020 14:41

Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan

jpnn.com , JAKARTA - Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras), ikut ambil suara terkait pilihan karantina wilayah atau lockdown.

Wakil Ketua Umum Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras), Billy Haryanto, mengusulkan apabila pemerintah terpaksa melakukan karantina, sebaiknya yang dilakukan adalah karantina wilayah, bukan ”lockdown”.

Menurut Billy, dengan karantina wilayah, distribusi logistik seperti beras masih bisa terus berjalan.

"Sebaiknya karantina wilayah saja, karena distribusi beras masih bisa berjalan. Kalau ‘lockdown’, masyarakat tidak bisa kemana-mana dan di rumah saja," katanya.

Billy mengatakan bahwa karantina wilayah hanya membatasi pergerakan orang dari satu wilayah ke wilayah lainnya dan tidak membatasi pergerakan distribusi barang.

"Jadi di perbatasan wilayah nantinya para sopir truk yang membawa beras tinggal menunjukkan kartu pas," katanya.

Keberlangsungan pedagang beras menurut Billy menjadi penting di saat situasi “krisis” seperti sekarang ini. Karena peredaran beras di Jabodetabek 98 persen dipegang pelaku swasta.
Selain itu, banyak pekerja informal yang menggantungkan hidupnya dari distribusi beras.

"Kecuali Bulog yang dikelola BUMN yang pegang mau di-lockdown juga engga masalah. Harus diingat, perhatikan kuli di pasar Cipinang rata-rata dari luar DKI, Serang, dan Karawang," katanya.

Berbeda apabila pemerintah memberlakukan “lockdown”, pengusaha beras di daerah tidak akan mengirimkan berasnya ke Jakarta. Karena mereka khawatir beras tidak akan masuk karena pemberlakuan karantina total.

Selain itu, diksi “lockdown”, menurut Billy terkesan menakutkan bagi masyarakat
"’Lockdown’ kan dikunci total, sopir-sopir truk yang membawa beras takut bila statusnya ‘lockdown’, karena beras tidak akan masuk. Arus logistik jadi terganggu. Dan kalau dengar kata ‘lockdown’, masyarakat jadi takut," katanya.

Menurut dia distribusi beras menjadi sangat penting, karena di pasar induk beras Cipinang, ketersediaan beras hanya cukup untuk 25 hari ke depan.
"Stok beras di pasar induk Cipinang cukup untuk 25 hari," katanya. (antara/jpnn)



https://m.jpnn.com/news/pengusaha-be...m_source=dable

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 16:42
lockdown di negara kaya indonesia sangat mengkhawatirkan imo.

kalau aparat negara ga siap dan ga capable malah bahaya. takut hal yg sama terjadi spt yg di india.
https://m.cnnindonesia.com/internasi...ockdown-corona

Kalau karantina wilayah dan tempat wisata ditutup sy setuju
Diubah oleh handratas
profile-picture
rodam.dam memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 17:05
Billy mengatakan bahwa karantina wilayah hanya membatasi pergerakan orang dari satu wilayah ke wilayah lainnya dan tidak membatasi pergerakan distribusi barang.

"Jadi di perbatasan wilayah nantinya para sopir truk yang membawa beras tinggal menunjukkan kartu pas," katanya.


Itu pola pikir yg sederhana dan logis, bukan asal njeplak lockdown tanpa mikir lebih luas.

Penyebaran virus itu kan kuncinya mobilitas manusia bukan benda/barang. Jd yg dibatasi pergerakan orang, distribusi sembako dan obat hrs dijamin lancar.

Klw lockdown total, warga gak bisa pergi dan yg punya duit udah siap ada stok sembako di rmh, tp gmn dgn gol bawah yg incomenya harian? Pemda berarti hrs jamin soal pangan warga, spy tdk chaos. Siap gak wan abud?

emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By khafidz99
@biglingz ane memang ngga bilang kalau logistik dan medik ga jalan. Tuh di Italia warga ga boleh sembarangan keluar rumah. Kalau ada yg sakit pun ntar dijemput


Dan warga yg kelaparan menjarah, itu di itali negara maju lho

Gw kok melihat kek ada jebakan batman dgn teriak lockdown
Diubah oleh rodam.dam
profile-picture
alineevee memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 17:06
semua pengusaha takut keles ga cma beras doang emoticon-Takut
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 17:08
kyknya pakdhe udah bilang, tdk ada lockdown...
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 17:32
Quote:Original Posted By khafidz99
@biglingz Salah satu faktor utama kenapa pemerintah pusat enggan memberlakukan lockdown adalah kemungkinan dimanfaatkan oleh para penimbun dan spekulan. Makanya kemarin Ahok juga muncul menginformasikan jasa kirim BBM ke rumah


Betul, itu yg ane khawatir kan kalau terjadi lockdown, mental2 pengusaha disini kayaknya licik2.. memanfaatkan situasi. Asw memang
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 17:46
bulog dilockdown? harga meroket nnti nyalahin pemerintah pusat jg g
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 18:21
pastikan distribusi kebutuhan pangan tidak terhambat.
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 18:33
kami yg kalo belum makan nasi itu sama aja g makan juga merasa lockdown menakutkan ㅠㅠ
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 18:52
Ketakutan yg wajar.

lokdon di Indiahe. Supir pun banyak kenak rotan, walo dah bawa surat juga.
misal supirnya takut misal krn ada info supir kenak rotan, yak angkutan beras yak mogok ujungnya
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 18:55
Lokdon udah lewat... sekarang sudah darurat sipil emoticon-Leh Uga














Bego semua... politikusnyapun bego-bego...emoticon-Ngakak (S)
Tanpa disadari wiwi mengambil langkah lebih ekstrim...emoticon-Ngakak (S)
Intelnya wiwi tokcer...menutup peluang rencana rusuh para simpatisan xxx emoticon-Ngakak (S)


Menuju darurat militer emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 19:17
Quote:Original Posted By r3tfl4g
Lokdon udah lewat... sekarang sudah darurat sipil emoticon-Leh Uga














Bego semua... politikusnyapun bego-bego...emoticon-Ngakak (S)
Tanpa disadari wiwi mengambil langkah lebih ekstrim...emoticon-Ngakak (S)
Intelnya wiwi tokcer...menutup peluang rencana rusuh para simpatisan xxx emoticon-Ngakak (S)


Menuju darurat militer emoticon-Traveller


Wiiih.... mantep enih
Emang kayaknya ada jebakan batman

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 21:10
gue aja takut bayanginnya
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
30-03-2020 21:46
Pemerintah tidak akan melakukan lockdown terlalu beresiko yang cocok paling karantina wilayah
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
31-03-2020 17:01
Saya punya usulan kepada pemerintah, entah didengar atau tidak ...

Terkait kondisi saat ini dan kedepannya ... Apakah ada halangan atau pertimbangan lain, apabila sebagian dari kebun kelapa sawit itu dirubah menjadi kebun nira ? Yang mana cenderung lebih eco friendly (dia tidak menolak untuk hidup pada daerah yang cenderung "basah") dan mau bersanding dengan banyak tanaman lain. Sudah ada banyak anak negeri, yang telah mengadakan penelitian mengenai itu, termasuk pada lahan gambut. Sekiranya juga tidak melakukannya dengan cara membabat hutan lagi.
Kemudian perlu ada pendidikan untuk warga setempat, agar bisa mengolahnya untuk dijadikan bio ethanol ataupun ... gula nira, atau pemanfaatan daunnya untuk berbagai keperluan lain.

Disini gula nira itu kemudian diupayakan untuk mengganti penggunaan gula putih biasa. Dan kemudian lahannya (yang semula ditanami tebu), bila di kawasan bersangkutan irigasi dan ketersediaan airnya bagus, bisa dimanfaatkan lagi untuk bercocok tanam padi atau sayuran lainnya, atau jamu.
...
Lainnya, mengingat kondisi saat ini, pada beberapa kawasan yang memungkinkan, yang sebelumnya menanam tembakau, apakah layak/bisa digantikan dengan tanaman jahe atau jamu serta sayur lainnya ?

Demikian ...

Diubah oleh bingsunyata
0 0
0
Pengusaha Beras Sebut Opsi Lockdown Sangat Menakutkan
31-03-2020 18:54
Quote:Original Posted By biglingz
Lah.. Lockdown juga logistik sama medik masih jalan kok.
Itu pak wakil dapet info darimana sih?
Yg gak boleh jalan2 kan orangnya... Surem bener...


logistik utk jalan butuh orang bukan?

ada beragam orang...dr admin, bongkar muat, supir, kenek, teknisi, tukang bbm...

apa orang itu semua tinggal ditempat yg sama?

kl orang ngga bole jalan2...gimana atuh...
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia