News
Batal
KATEGORI
link has been copied
314
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e814dfb337f9372ca5e540b/ri-disarankan-segera-lockdown
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.
Lapor Hansip
30-03-2020 08:40

RI Disarankan Segera Lockdown!

Past Hot Thread
RI Disarankan Segera Lockdown!

Quote:
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.

Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pun menyarankan hal ini untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia. Lewat keterangan tertulisnya, Ketua Dewan Pengurus LP3ES Didik J. Rachbini dan Peneliti LP3ES Fachru Nofrian mengatakan hingga kini pemerintah terlalu angkuh untuk terus menyatakan tidak mau melakukan lockdown.

"Pemerintah dengan angkuhnya menyatakan tidak ada lockdown! Sudah begitu banyak yang memberikan saran tetapi nampaknya keras kepala, ciri kepemimpinan seolah-olah kuat, tetapi menghadapi masalah dalam manajemen yang krisis," tulis kedua ekonom, lewat keterangan yang diterima Minggu (29/3/2020).

Perlambatan ekonomi memang sudah tidak bisa lagi dicegah, tapi untuk menyelamatkan perekonomian tugas utama pemerintah adalah menangkal wabah corona meluas. Salah satunya dengan melakukan lockdown. Setelah itu baru memikirkan kebijakan ekonomi yang pas.

"Perlambatan ekonomi tidak dapat dicegah, tetapi tugas pemerintah utamanya menangkal wabah covid-19. Setelah itu baru menangkal ekonomi agar tidak terjungkal menjadi krisis, yang menyebabkan ekonomi rakyat terpuruk," kata Didik dan Fachru.

Didik dan Fachru pun kecewa setelah saran dari Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk melakukan lockdown ditolak pemerintah. Padahal menurut keduanya, JK bukan orang baru di pemerintahan, bahkan lebih berpengalaman dibanding penghuni Istana Negara yang sekarang.

"Ikuti saran JK, yang sudah lama meminta pemerintah tegas untuk melakukan lockdown, tetapi selalu dijawab, tidak ada lockdown. Tidak ada penghuni di istana itu, yang lebih dari berpengalaman daripada JK," ungkap Didik dan Fachru.

Ekonom senior Indef Dradjad Wibowo juga pernah mengatakan lockdown harus segera dilakukan. Pemerintah harus lebih tegas untuk melakukan pencegahan penyebaran virus dibanding mempertimbangkan perekonomian.

Menurutnya, perekonomian saat ini sudah sangat tertekan karena virus corona. Penyelamatan terbaiknya adalah dengan mencegah wabah ini meluas, kalau perlu ambil langkah ekstrim untuk melakukan lockdown alias isolasi wilayah.


"Kalau mau menyelamatkan ekonomi maka harus cegah wabahnya. Justru penyelamatan ekonomi paling bagus dan terbaik adalah mencegah wabahnya, salah satunya lockdown," ungkap Dradjad lewat diskusi teleconference Indef, Selasa (24/3/2020).

Didik dan Fachru juga menilai pemerintah terlalu 'mencla-mencle' alias tidak tegas dalam menentukan kebijakan anggaran untuk menangani dampak virus corona. Apa alasannya?


Didik dan Fachru menilai bahwa sejauh ini pemerintah terlihat ragu dan maju mundur dalam mengalokasikan dana APBN untuk menangani virus corona. Mereka menilai alokasi dana yang terus berubah mencerminkan kebijakan yang lemah dari pemerintah.

"Kebijakan anggaran yang ragu dan maju mundur mengalokasikan dana Rp 19 triliun rupiah pada awalnya, beberapa hari kemudian lalu naik Rp 27 triliun rupiah, dan kemudian naik lagi Rp 60 triliun adalah kebijakan yang lemah, mencla-mencle, pertanda pemerintahan tidak memiliki kepemimpinan yang kuat kalau berkaca pada luasnya masalah yang dihadapi rakyat Indonesia," kata Didik dan Fachru.

Berkaca kasus krisis ekonomi di tahun 2008, Didik dan Fachru meminta agar pemerintah mengambil langkah tegas serupa yang dilakukan di tahun 2008. Saat itu pemerintah tegas memotong anggaran kementerian dan lembaga hingga 10%, baik pusat dan daerah.

Kali ini di tengah wabah corona, mereka meminta pemerintah dan DPR memutuskan dengan tegas untuk memangkas anggaran hingga 20%. Kemudian dan tersebut dialihkan untuk membantu masyarakat miskin, pekerja sektor informal, industri mikro, dan penanganan virus corona lainnya.


"Pada tahun 2008 tidak ada krisis yang hebat, hanya terjadi perlambatan ekonomi, tetapi anggaran dengan tegas dipotong 10%. Pemerintah harus memimpin bersama DPR memutuskan untuk memotong 20% anggaran seluruh kementerian dan daerah, kemudian mengalihkannya untuk pembiayaan corona," kata kedua ekonom ini.

Penghematan pun harus dilakukan, Didik dan Fachru menilai proyek besar strategis nasional yang menelan anggaran besar harus dibatalkan, paling minimal ditunda dahulu.

"Sudah banyak saran, tapi tidak diputuskan segera agar proyek-proyek besar, mercusuar yang mewah dan berbiaya mahal harus dibatalkan setidaknya ditunda," sebut Didik dan Fachru.

https://m.detik.com/finance/berita-e...era-lockdown/2


Gini aj kl lockdown yg keliatan diluar tembak mati mau ga!?? Tujuan lockdown apa!?? Physical distancing kan!!? Skrg dianjurkan aj ngeyell.. Anggap enteng, mindset masih semau nya (diluar yg hrs kerja dan cari nafkah) Skrg mau dipaksakan lockdown tanpa mikir konsekuensi nya!?? Gilaak Kl lu ngerti arti lockdown sebener nya ga akan bs diterapkan di indo..

Lockdown membantu ekonomi..!?? Justru menghancurkan ekonomi org bawahh.. Jika lockdown ditetapkan.. Semua bahkan ojol, pemulung, sapu jalanan, angkutan supply barang dr daerah lain hrs tutup total.. Kl ga ya bukan lockdown nama nya..

Trus kl semua diatas dilakukan.. Kira2 apa yg terjadi!?? Korban makin banyak.. Chaos dmn2 krn urusan perut ga bs si lockdown.. Pemerintah jd hrs biayain dong!!? Duit darimanaa.. Realistis aj.. Pemerintah skrg belum mampu jg jaga stabilitas jika terjadi lockdown.. Maka nya ga akan dilockdown..

Intinya, jgn sampai ada lockdown, yg akan susah ekonomi lemah, dan efek domino nya ke kalangan menengah, kalau kalangan atas sih, senang2 aja.

Karena lockdown tidak ada hubungannya dgn pasti tidak kena virus ini, sebab namanya virus yg pandemi, setiap orang pasti akan kena, tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, imun tubuh akan melawannya, kecuali orang yg ada bawaan sakit lainnya, harus menjaga sakit bawaan tetap stabil. Mengenai wabah silahkan Googling buat pengetahuan, dimasa lalu, flu biasa pun bisa mematikan, cacar, sampar, dll.

Semuanya dimasa lalu virus bisa mematikan, tapi setelah sebagian imun atas penyakit itu, saat ini semua wabah virus dimasa lalu itu, menjadi biasa saja. Dan silahkan lihat di YouTube kesaksian pasien covid-19 yg pertama kali diumumkan pak Jokowi, yg sudah sembuh, mereka biasa saja, karena waktu yg akan menyembuhkan oleh terbentuknya antibodi yg akan melawan virus.

Italia, India, Perancis lockdown juga gagal boss, jgn mudah bikin pernyataan pak, semua perlu kajian mendalam. Yg terpenting sekarang peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tanpa itu semua policy bagus pun akan gagal.

Tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, cukup istirahat. Salam NKRI.

Diubah oleh falesthine.f10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 67 lainnya memberi reputasi
56
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 14
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 17:55
oh iya gue punya ide, kan kristen awal muncul di palestina, gimana kalau kita julukin babrun (babi gurun)?
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:04
APA MAKNA DARI LOCKDOWN?
Pendapat saya: Memisahkan orang yg SAKIT dari orang yang SEHAT.
Andaikan pendapatku benar, memisahkan orang yg sakit dari orang yg sehat harus minimal 100%,karena error 2 orang aja bisa mengakibatkan banyak orang sehat yg tertular!
BERAPA LAMA KITA HARUS LOCKDOWN?
Pendapat saya: Tergantung berapa orang yg di test kesehatannya perhari.
Lockdown 1 BULAN = 9 JUTA TEST/HARI.
Lockdown 2 BULAN = 4,5 JUTA TEST/HARI.
Lockdown 3 BULAN = 3 JUTA TEST/HARI.
dst.
APAKAH KITA SANGGUP?
pendapat saya : Negara kita memiliki Tenaga Medis,Alat Test,Alat Pelindung Diri yang tidak memadai,Lockdwn akan gagal mencapai maknanya dan tujuan!
APA RESIKO DARI LOCKDOWN YANG BERKEPANJANGAN?
Pendapat saya: Akan terjadi Chaos. Kelaparan,Penjarahan,Perang Saudara,dsb.
APA SOLOUSI SELAIN LOCKDOWN?
Setiap Individu harus mempunyai TEKAD yang keras untuk melawan VIRUS CORONA dengan mewaspadai penularan !
Setiap Individu harus mempunyai KESABARAN sampai OBAT ANTI CORONA sampai di negri kita!
Setiap individu harus mempunyai KEPERCAYAAN TINGGI untuk keluar dari KRISIS CORONA! (Spt di China).

Semua diatas hanya pendapat pribadi saya,andai ada yang salah saya minta maaf!
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:05
Untuk negara seperti Indonesia tdk cocok di lakukan lockdown. Contoh no India malah amburadul.
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:06
kalo ga lockdown, jadi cerita bersambung. kalo ada lockdown, ada season finale...
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:11
gak usah locked down,
cuci khontol aja dulu yg bersih.

emoticon-Cool
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:12
sapa sih org goblok bin idiot yg bilang lockdown2 cok...
ini aja ga ada lockdwon malle pada tutup...
semua resto tutup...
kampu2 skolah tutup...
bioskop tutup...
restoku disuruh tutup skaramg smua pegawaiku dirumahkan...
itu sapa yg biayai kluarganya?
apa mereka yg nyuruh lockdown?
coba tanya sana ke grab ato gojek gimana penghasilanya..
yg ngomong lockdown2 ini pasti mereka yg uda nimbum sembako banyak2...
berharap naik dan untung gede...lebe parah lagi berharap chaos...mmg jancok tenan
profile-picture
nievmizzet memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:16
aseeek kalo lock
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:22
Quote:Original Posted By faris1234
Kelahiran (sex itu nikmat😁) lebih besar dr kematian...alam menyeimbangkn dengn adany wabah penyakit,bencana,perang,dll

Bermoral/enggk terserah.....2 anak cukup😁


Hehe, setuju. Emang katanya seks itu nikmat (aku belum pernah coba).

Pertanyaan itu aku kutip dari buku suram dan bikin tertekan berjudul "Bumi yang Tak Dapat Dihuni".

Emang normalnya anak cukup 2 karena buat menggantikan kedua orang tua.
profile-picture
faris1234 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:31
intinya dari segi ekonomi indo itu ga akan siap buat sebab akibat nya

lebih baik diperbanyak distribusi apd buat rakyat dan yg bner membutuhkan buat meminimalisir pandemi ini
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:32
Kalo gua baca dan perhatiin orang yg koar koar lockdown itu kebanyakan yg kontra presiden dari dulu dan pro wanabud jadi presiden emoticon-Leh Uga

Herannya banyak yg koar koar lockdown dan merasa lebih paham, lah di surub diem di rumah aja pada susah emoticon-Leh Uga
profile-picture
nievmizzet memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:36
Quote:Original Posted By sixsaal
Pemerintah menerapkan Social atau physical distancing (ngeyel masih pada keluar untuk hal yg ga penting)

Giliran pemerintah udah tetapkan karantina wilayah (lockdown) nanti harga kebutuhan melonjak pemerintah disalahkan

Buzzer seberang juga sama kompor terus nanti udah diambil keputusan lockdown juga mereka pada berisik lagi. Pokoknya bertolak belakang aja... Ya gitulah negeri ini... Momen wabah Corona bukan menjadi ajang bersatu melawan bersama wabah pendemi ini... emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek


Nah iya gan buzzer lucknut ini emang kompor terus bikin keruh suasana asli


Lo liat di twitter, makin menjadi jadi, keadaan darurat malah ajang adu domba emoticon-Cape deeehh
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:36
banyak dampak nya ga siih kalo lockdown?
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 18:51
ayo segera isolasi wilayah, udah pada mudik dini nih, katanya mau memutus rantai virus, keputusan tepat dan cepat diperlukan ini...
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:01
Quote:Original Posted By rikici
Nah iya gan buzzer lucknut ini emang kompor terus bikin keruh suasana asli


Lo liat di twitter, makin menjadi jadi, keadaan darurat malah ajang adu domba emoticon-Cape deeehh


Mau sabar tapi mereka terus bikin ulah... Kaskus lah tempat diskusi terbuka ping asik gan no baper, no drama... Di jagat Twitter saling serang dan sok pintar mengerti mengenai corona, medis, ekonomi makro... Susah bedakan Buzzer atau asli. Semua saling serang...
profile-picture
rikici memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:04
uda di lokdon tp g merasa... pake cara india gmn ?
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Leh Uga
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:05
apakah akan terulang lagi masa dimana penjarahan di mana"?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:15
Quote:Original Posted By pe.sol
Gak usah lockdown segala, dari yang paling simple aja, jagain biar orang jabodetabek gak pada mudik ke daerah masing dulu. BIar gak nyebar ke daerah lain dulu yang penting. Kalau daerah lain udah selamat semua tinggal pikirin ibu kota dan sekitarnya. Sekarang pusat pusing juga kan mikirin jakarta makin para sedangkan tiap hari terus betambah aja daerah-daerah lain yang kena dan sebagian dibawa sama pemudik. Kalau cuma himbauan agar tidak mudik kayanya udah gak mempan, harus dengan cara yang lebih tegas lagi.


Yup

Akses masuk/keluar jabodetabek dibatasin seharusnya
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:15
Karantina Wilayah Jabodetabek saja yang paling urgent, sebelum makin menyebar kemana mana
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:20
ane mahasiswa gan, masih bertahan di perantauan karena kampus ane berada di kota yang statusnya KLB.. nggak bisa bayangin kalo lockdown total mau makan apa ane dikos.. wkwkwkw maka instan terus nggak kuat juga... sekarang semi lockdown aja udah mulai sulit beli makan, banyak yang tutup.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 19:25
Kenapa banyak yg pengen lockdown ya emoticon-Hammer
Ane mah pengen nya ini pandemi cepet selesai..
Biar semua nya kayak semula lagi emoticon-Nyepi
0 0
0
Halaman 11 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia