Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kolollolokAvatar border
TS
kolollolok
SOSOK DIBALIK LAGU "BENTO" IWAN FALS DAN SWAMI

Hallo agan dan sista yang ganteng dan cantik, bagaimana kabarnya ? Ane doakan semoga selalu dalam keadaan sehat ya, walaupun pandemi corona ini semakin hari semakin menghawatirkan, tapi kita sebagai manusia harus tetap berpikir positif bahwa semua ini akan cepat berlalu dan kita dapat beraktifitas seperti sedia kala, hari ini ane selaku TS yang masih magang dalam dunia perkaskusan di bidang membuat thread, kembali lagi dengan bahasan yang ringan - ringan aja, biar kita juga tidak terlalu stress menghadapi keadaan saat ini. Baiklah cukup sekian sambutan awal dari ane, langsung aja deh scroll ke bawah ... Let's Go !!!

SOSOK DIBALIK LAGU "BENTO" IWAN FALS DAN SWAMI

Nama Iwan Falsmungkin sudah sangat familiar sekali di telinga kita, seorang legenda hidup yang di masa mudanya kerap mengkritisi pemerintahan indonesia, musik dan syair menjadi senjata baginya, lirik - lirik tajam kerap dikumandangkan, walaupun di saat itu sangat riskan untuk menjadi seorang musisi nan kritis terhadap kebijakan - kebijakan pemerintah, karena kita semua juga tahu kondisi politik pada saat pemerintahan orde baru. Namun iwan fals dapat melewati fase tersebut dengan berbagai macam cerita suka dan duka.

Pada bulan maret tahun 1989, iwan fals batal untuk menggelar rangkaian tur 100 kota, karena adanya larangan dari pihak pemerintah, larangan tersebut dirasa wajar karena pada saat itu seluruh gerak gerik warga negara sangat terbatas dan dalam pengawasan ketat oleh pemerintah, namun di tengah kekecewaannya tersebut, iwan fals tidak mau terlalu berlarut - larut tenggelam dalam kekecewaan, terbukti dia menumpahkannya dengan tetap memainkan gitarnya di atas mobil jeep yang membawanya dari medan menuju ke lhokseumawe, di jeep tersebut ada wartawan yang rencananya akan meliput kegiatan tur, wartawan tersebut adalah Naniel, di dalam perjalanan tersebut tidak sengaja terjadi Jamming dadakan antara naniel dan iwan fals dengan niat untuk mengisi waktu agar tidak bosan sekaligus jadi hiburan menemani perjalanan yang memakan waktu selama 7 jam.


Sesampainya di jakarta antara iwan fals dan  naniel semakin intens bertemu, dalam setiap pertemuan tersebut mereka kerap membicarakan nasib dari potongan - potongan lagu yang sempat tercipta di sela - sela perjalanan di atas jeep beberapa waktu lalu, ide untuk membuat sebuah proyek musik pun terbesit oleh iwan fals, tanpa menunggu waktu lama dia mengajak sawung jabo dalam proyek ini,  sawung jabo pun melibatkan inisisri pada drum, serta nanoe  di posisi bass yang notabene merupakan personil dari band Sirkus Barockuntuk membantu proyek musik jabo dan iwan fals, dalam proses recording pun beberapa musisi ikut terlibat seperti tatas di posisi keyboard serta jerry mengisi lead guitar, inilah cikal bakal dari band SWAMI, walaupun sebelumnya iwan fals sempat mengusulkan nama Sep Tik Teng dan akhirnya usul dari sawung jabo untuk memberi nama band tersebut dengan SWAMI yang dipilih.

Dalam proses kreatifitas penciptaan lagu di swami, merupakan hasil dari kerjasama antara iwan fals, naniel serta sawung jabo, walaupun ada beberapa lagu yang diciptakan oleh iwan fals beserta naniel atau iwan fals bersama sawung jabo. Proyek musik itu pun terbilang cepat dalam menghasilkan sebuah album, debut album swami pun rilis pada tahun 1989 dengan single andalan Bento. Respon atas single tersebut ternyata di luar apa yang diharapkan oleh para personil swami, di tahun 1989 nama iwan fals semakin berkibar, gambar muka iwan fals pun banyak diabadikan di tembok, kaos, dan di berbagai media lainnya, masyarakat pun mulai mengkoleksi album iwan fals, imbas dari lagu "Bento" SWAMI berdampak besar bagi iwan fals sendiri.


SOSOK DIBALIK LAGU "BENTO" IWAN FALS DAN SWAMI


"Namaku bento, Rumah real estate, Mobilku banyak, Harta berlimpah, Orang memanggilku, Bos eksekutif, Tokoh papan atas, Atas segalanya, Asik ..!!

Penggalan lirik di atas terdengar begitu familiar, lirik nan simple juga kritis, Bentomenjadi lagu wajib bagi kawula muda di masa itu, mulai dari radio, di rumah - rumah, sampai di tongkrongan, serta di berbagai belahan indonesia kerap memainkan lagu tersebut. konser - konser yang digelar pun selalu laris manis, tiket terjual habis bahkan masih banyak lagi yang tidak mendapatkan tiket untuk menyaksikan band SWAMI, di SWAMI lah seorang iwan fals keluar dari "sosok"nya, iwan fals di SWAMI begitu berbeda dengan iwan fals sebagai solois. di debut album swami itu pun naniel menyumbangkan suaranya di salah satu lagu.


Kantata Takwasebuah proyek musik besar dan sempat tertunda ini akhirnya juga tak mau ketinggalan untuk mengambil momen kesuksesan swami, dengan merilis album di tahun 1990, kantata takwa yang juga di gawangi oleh iwan fals, sawung jabo, setiawan djody, penyair ws rendra, juga jockie s, selain merilis album mereka juga menghelat pegelaran akbar di stadion senayan, konser inilah sekaligus menampilkan aksi dari SWAMI, KANTATA TAKWA, dan IWAN FALS. Seolah memanfaatkan momen kesuksesan, swami pun merilis album kedua dan mengerjakan proyek lain dengan nama DALBO. Naniel pun diajak oleh jockie s untuk sebuah proyek musik, dimana naniel hampir sepenuhnya yang menulis lirik.

Naniel Chusnul Yakin pria kelahiran surabaya pada tanggal 18 Juli 1952, sempat berkolaborasi bersama gombloh, leo kristi. Pada hari jum'at 21 Februari 2020 beliau meninggal dunia, sebelumnya memang sudah lama mengalami sakit, di sisa hayatnya, Alm Naniel masih suka terlibat di beberapa proyek kesenian di surabaya. pada medio 1990 dalam wawancara sebuah media Naniel berujar mempunyai keinginan agar lagu bento layaknya lagu bengawan solo, dimana akan terus menjadi lagu yang melegenda, tak tergerus oleh jaman. Selamat Jalan Naniel Chusnul Yakin, Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun.

Lagu Bento memang akan terus melegenda sesuai dengan cita - cita dari sang empunya karya, lagu tersebut kan tetap hidup mewakili suara - suara kaum minoritas, sebuah karya yang lahir dari kejujuran hati, terhadap apa yang dirasakan pada saat itu. Selamat Jalan Om Naniel Chusnul Yakin, tenang di surga, karyamu akan tetap hidup. Sekian thread ane kali ini, semoga dapat menambah wawasan dari agan dan sista, sekali lagi terima kasih atas atensinya. Ada yang tau tentang Om Naniel ? Yuk kita tambah wawasan dengan berpartisipasi di kolom komentar.

... JANGAN LUPA SELALU BERSYUKUR, STAY SAFE DAN TETAP SEMANGAT ...


Senin : 30 Maret 2020
Penulis : Kolol Lolok
Referensi Tulisan : 
1

SOSOK DIBALIK LAGU "BENTO" IWAN FALS DAN SWAMI






4iinch
sebelahblog
infinitesoul
infinitesoul dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.6K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.