News
Batal
KATEGORI
link has been copied
314
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e814dfb337f9372ca5e540b/ri-disarankan-segera-lockdown
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.
Lapor Hansip
30-03-2020 08:40

RI Disarankan Segera Lockdown!

Past Hot Thread
RI Disarankan Segera Lockdown!

Quote:
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.

Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pun menyarankan hal ini untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia. Lewat keterangan tertulisnya, Ketua Dewan Pengurus LP3ES Didik J. Rachbini dan Peneliti LP3ES Fachru Nofrian mengatakan hingga kini pemerintah terlalu angkuh untuk terus menyatakan tidak mau melakukan lockdown.

"Pemerintah dengan angkuhnya menyatakan tidak ada lockdown! Sudah begitu banyak yang memberikan saran tetapi nampaknya keras kepala, ciri kepemimpinan seolah-olah kuat, tetapi menghadapi masalah dalam manajemen yang krisis," tulis kedua ekonom, lewat keterangan yang diterima Minggu (29/3/2020).

Perlambatan ekonomi memang sudah tidak bisa lagi dicegah, tapi untuk menyelamatkan perekonomian tugas utama pemerintah adalah menangkal wabah corona meluas. Salah satunya dengan melakukan lockdown. Setelah itu baru memikirkan kebijakan ekonomi yang pas.

"Perlambatan ekonomi tidak dapat dicegah, tetapi tugas pemerintah utamanya menangkal wabah covid-19. Setelah itu baru menangkal ekonomi agar tidak terjungkal menjadi krisis, yang menyebabkan ekonomi rakyat terpuruk," kata Didik dan Fachru.

Didik dan Fachru pun kecewa setelah saran dari Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk melakukan lockdown ditolak pemerintah. Padahal menurut keduanya, JK bukan orang baru di pemerintahan, bahkan lebih berpengalaman dibanding penghuni Istana Negara yang sekarang.

"Ikuti saran JK, yang sudah lama meminta pemerintah tegas untuk melakukan lockdown, tetapi selalu dijawab, tidak ada lockdown. Tidak ada penghuni di istana itu, yang lebih dari berpengalaman daripada JK," ungkap Didik dan Fachru.

Ekonom senior Indef Dradjad Wibowo juga pernah mengatakan lockdown harus segera dilakukan. Pemerintah harus lebih tegas untuk melakukan pencegahan penyebaran virus dibanding mempertimbangkan perekonomian.

Menurutnya, perekonomian saat ini sudah sangat tertekan karena virus corona. Penyelamatan terbaiknya adalah dengan mencegah wabah ini meluas, kalau perlu ambil langkah ekstrim untuk melakukan lockdown alias isolasi wilayah.


"Kalau mau menyelamatkan ekonomi maka harus cegah wabahnya. Justru penyelamatan ekonomi paling bagus dan terbaik adalah mencegah wabahnya, salah satunya lockdown," ungkap Dradjad lewat diskusi teleconference Indef, Selasa (24/3/2020).

Didik dan Fachru juga menilai pemerintah terlalu 'mencla-mencle' alias tidak tegas dalam menentukan kebijakan anggaran untuk menangani dampak virus corona. Apa alasannya?


Didik dan Fachru menilai bahwa sejauh ini pemerintah terlihat ragu dan maju mundur dalam mengalokasikan dana APBN untuk menangani virus corona. Mereka menilai alokasi dana yang terus berubah mencerminkan kebijakan yang lemah dari pemerintah.

"Kebijakan anggaran yang ragu dan maju mundur mengalokasikan dana Rp 19 triliun rupiah pada awalnya, beberapa hari kemudian lalu naik Rp 27 triliun rupiah, dan kemudian naik lagi Rp 60 triliun adalah kebijakan yang lemah, mencla-mencle, pertanda pemerintahan tidak memiliki kepemimpinan yang kuat kalau berkaca pada luasnya masalah yang dihadapi rakyat Indonesia," kata Didik dan Fachru.

Berkaca kasus krisis ekonomi di tahun 2008, Didik dan Fachru meminta agar pemerintah mengambil langkah tegas serupa yang dilakukan di tahun 2008. Saat itu pemerintah tegas memotong anggaran kementerian dan lembaga hingga 10%, baik pusat dan daerah.

Kali ini di tengah wabah corona, mereka meminta pemerintah dan DPR memutuskan dengan tegas untuk memangkas anggaran hingga 20%. Kemudian dan tersebut dialihkan untuk membantu masyarakat miskin, pekerja sektor informal, industri mikro, dan penanganan virus corona lainnya.


"Pada tahun 2008 tidak ada krisis yang hebat, hanya terjadi perlambatan ekonomi, tetapi anggaran dengan tegas dipotong 10%. Pemerintah harus memimpin bersama DPR memutuskan untuk memotong 20% anggaran seluruh kementerian dan daerah, kemudian mengalihkannya untuk pembiayaan corona," kata kedua ekonom ini.

Penghematan pun harus dilakukan, Didik dan Fachru menilai proyek besar strategis nasional yang menelan anggaran besar harus dibatalkan, paling minimal ditunda dahulu.

"Sudah banyak saran, tapi tidak diputuskan segera agar proyek-proyek besar, mercusuar yang mewah dan berbiaya mahal harus dibatalkan setidaknya ditunda," sebut Didik dan Fachru.

https://m.detik.com/finance/berita-e...era-lockdown/2


Gini aj kl lockdown yg keliatan diluar tembak mati mau ga!?? Tujuan lockdown apa!?? Physical distancing kan!!? Skrg dianjurkan aj ngeyell.. Anggap enteng, mindset masih semau nya (diluar yg hrs kerja dan cari nafkah) Skrg mau dipaksakan lockdown tanpa mikir konsekuensi nya!?? Gilaak Kl lu ngerti arti lockdown sebener nya ga akan bs diterapkan di indo..

Lockdown membantu ekonomi..!?? Justru menghancurkan ekonomi org bawahh.. Jika lockdown ditetapkan.. Semua bahkan ojol, pemulung, sapu jalanan, angkutan supply barang dr daerah lain hrs tutup total.. Kl ga ya bukan lockdown nama nya..

Trus kl semua diatas dilakukan.. Kira2 apa yg terjadi!?? Korban makin banyak.. Chaos dmn2 krn urusan perut ga bs si lockdown.. Pemerintah jd hrs biayain dong!!? Duit darimanaa.. Realistis aj.. Pemerintah skrg belum mampu jg jaga stabilitas jika terjadi lockdown.. Maka nya ga akan dilockdown..

Intinya, jgn sampai ada lockdown, yg akan susah ekonomi lemah, dan efek domino nya ke kalangan menengah, kalau kalangan atas sih, senang2 aja.

Karena lockdown tidak ada hubungannya dgn pasti tidak kena virus ini, sebab namanya virus yg pandemi, setiap orang pasti akan kena, tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, imun tubuh akan melawannya, kecuali orang yg ada bawaan sakit lainnya, harus menjaga sakit bawaan tetap stabil. Mengenai wabah silahkan Googling buat pengetahuan, dimasa lalu, flu biasa pun bisa mematikan, cacar, sampar, dll.

Semuanya dimasa lalu virus bisa mematikan, tapi setelah sebagian imun atas penyakit itu, saat ini semua wabah virus dimasa lalu itu, menjadi biasa saja. Dan silahkan lihat di YouTube kesaksian pasien covid-19 yg pertama kali diumumkan pak Jokowi, yg sudah sembuh, mereka biasa saja, karena waktu yg akan menyembuhkan oleh terbentuknya antibodi yg akan melawan virus.

Italia, India, Perancis lockdown juga gagal boss, jgn mudah bikin pernyataan pak, semua perlu kajian mendalam. Yg terpenting sekarang peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tanpa itu semua policy bagus pun akan gagal.

Tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, cukup istirahat. Salam NKRI.

Diubah oleh falesthine.f10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 67 lainnya memberi reputasi
56
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 14
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:24
ya semoga yang terbaik untuk kita semua ya gan emoticon-Kiss

pastilah di pemerintahan pusat sudah mempertimbangkan segala kelebihan atau kekurangan dari strategi yang dijalankan, apa saja dampaknya dan bagaimana nanti penyikapannya ke depan

semoga saja kita masyarakat juga bisa kompak menerapkan phsical distancing yang sudah banyak dihimbau untuk memutus penyebaran virus ini

jangan lupa jaga kesehatan semuanya emoticon-Kiss
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:25
masih gini aja supplier gw udah pada ambles. produksinya cuma setengah. dia bingung mau dioper kemana.
gw jg bingung mau jual barangnya yg beli dikit,
pengurangan bisa sampe 60%-70% pas hari2 gajian dibulan2 biasanya.

apalagi lockdown, tit1t kau aja dikunci emoticon-Bata (S)

supaya apa? supaya chaos, rusuh, kelaperan karena sistem gak berjalan, dan belum siap ngadepin pandemi kek gini.
nanti ujung2nya presiden gagal, trus muncul kh1laf4h s0lus1ny4 t4ke beeer emoticon-Angkat Beer

karena yg getol teriak lockdown dari "mereka".
RI Disarankan Segera Lockdown!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:26
Quote:Original Posted By lupis.manis
Nunggu kebijakan dari pemerintah selaku Ulil Amri.

Kadrun mah nothing, biarin aja.

emoticon-Traveller
iya lah para cebong harus nunggu kebijkan nabi nya .emoticon-Wakakaemoticon-Ngakak
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:27
lockdrun dulu, lock kadrun. lebih urgent


profile-picture
profile-picture
profile-picture
green.seed dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:28
buruan sebelum mati semua
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:28
duitnya ada .. duitnya ada ..

tinggal mau kerja atau enggak ..






ahahhahahaha ...
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:29
lah kok lockdwon khan indonesia kebal corona kalo kata mentri perhubungan...
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:32
setuju ma TS, yang seharusnya dilakukan sekarang itu lockdrun sihemoticon-Malu
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:35
apapun langkah yg ditempuh pemerintah kita dukung saja,ini wabah,mau 14 hari 2bulan asal kebutuhan rakyatnya bisa dipenuhi,lbh baik lockdown drpd jadi vampir semuanya,hahhaha
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:36
Jangan sampai karena lockdown nanti malah muncul masalah baru: penjarahan dimana-mana. Amit-amit dah.
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:39
Ga usah lock down, mungkin sekalian mengurangi populasi cebong, terlalu banyak dan mulai gak terarah emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:43
Kurang setuju sama argumen, tujuan pemotongan dana anggaran itu buat fasilitas rakyat yang tidak mampu jadi mereka tetap bisa hidup tenang tanpa harus kerja di luar dan kena resiko covid.

ekonomi bisa dihidupkan kembali tapi nyawa manusia engga. ok?
Diubah oleh abikus
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:44
TS Betul banget, jangan merasa lebih ahli dari pemerintah.
profile-picture
falesthine.f10 memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:44
Sudah, paling pas itu karantina wilayah!
Warganya bebas beraktivitas di kotanya, dengan tetap menjalankan physical distancing juga tentunya, dan orang-orang dari luar tidak diperbolehkan masuk ke wilayah tersebut.
Daripada memaksakan lockdown yang kemungkinan malah lebih mengkhawatirkan efeknya.
profile-picture
viniest memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:44
Quote:Original Posted By jasamaklon
iya lah para cebong harus nunggu kebijkan nabi nya .emoticon-Wakakaemoticon-Ngakak


RI Disarankan Segera Lockdown!
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:45
Quote:Original Posted By FAZAR73
Ga usah lock down, mungkin sekalian mengurangi populasi cebong, terlalu banyak dan mulai gak terarah emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink


RI Disarankan Segera Lockdown!
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:46
Quote:Original Posted By matla.motsu
duitnya ada .. duitnya ada ..

tinggal mau kerja atau enggak ..






ahahhahahaha ...


RI Disarankan Segera Lockdown!
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:46
ayo yg masih suka nongkrong2 jgn nongkrong lg biar penyebaran virus berkurang
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 15:49
ada yg bilang lockdown..
ada yg bilang membaik 😐
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 16:00
nah setuju tuh proyek2 dibatalkan klo perlu gk ush. rakyat klpran dan butuh yg ada bngun yg gjls hnya buat di liat bahwa kita sudh mju. pangkas aj tuh gji2 pejabat. ngapain gaji2 tinggi rakyat toh msih bnyk yg mnderita
0 0
0
Halaman 8 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia