News
Batal
KATEGORI
link has been copied
314
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e814dfb337f9372ca5e540b/ri-disarankan-segera-lockdown
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.
Lapor Hansip
30-03-2020 08:40

RI Disarankan Segera Lockdown!

Past Hot Thread
RI Disarankan Segera Lockdown!

Quote:
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.

Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pun menyarankan hal ini untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia. Lewat keterangan tertulisnya, Ketua Dewan Pengurus LP3ES Didik J. Rachbini dan Peneliti LP3ES Fachru Nofrian mengatakan hingga kini pemerintah terlalu angkuh untuk terus menyatakan tidak mau melakukan lockdown.

"Pemerintah dengan angkuhnya menyatakan tidak ada lockdown! Sudah begitu banyak yang memberikan saran tetapi nampaknya keras kepala, ciri kepemimpinan seolah-olah kuat, tetapi menghadapi masalah dalam manajemen yang krisis," tulis kedua ekonom, lewat keterangan yang diterima Minggu (29/3/2020).

Perlambatan ekonomi memang sudah tidak bisa lagi dicegah, tapi untuk menyelamatkan perekonomian tugas utama pemerintah adalah menangkal wabah corona meluas. Salah satunya dengan melakukan lockdown. Setelah itu baru memikirkan kebijakan ekonomi yang pas.

"Perlambatan ekonomi tidak dapat dicegah, tetapi tugas pemerintah utamanya menangkal wabah covid-19. Setelah itu baru menangkal ekonomi agar tidak terjungkal menjadi krisis, yang menyebabkan ekonomi rakyat terpuruk," kata Didik dan Fachru.

Didik dan Fachru pun kecewa setelah saran dari Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk melakukan lockdown ditolak pemerintah. Padahal menurut keduanya, JK bukan orang baru di pemerintahan, bahkan lebih berpengalaman dibanding penghuni Istana Negara yang sekarang.

"Ikuti saran JK, yang sudah lama meminta pemerintah tegas untuk melakukan lockdown, tetapi selalu dijawab, tidak ada lockdown. Tidak ada penghuni di istana itu, yang lebih dari berpengalaman daripada JK," ungkap Didik dan Fachru.

Ekonom senior Indef Dradjad Wibowo juga pernah mengatakan lockdown harus segera dilakukan. Pemerintah harus lebih tegas untuk melakukan pencegahan penyebaran virus dibanding mempertimbangkan perekonomian.

Menurutnya, perekonomian saat ini sudah sangat tertekan karena virus corona. Penyelamatan terbaiknya adalah dengan mencegah wabah ini meluas, kalau perlu ambil langkah ekstrim untuk melakukan lockdown alias isolasi wilayah.


"Kalau mau menyelamatkan ekonomi maka harus cegah wabahnya. Justru penyelamatan ekonomi paling bagus dan terbaik adalah mencegah wabahnya, salah satunya lockdown," ungkap Dradjad lewat diskusi teleconference Indef, Selasa (24/3/2020).

Didik dan Fachru juga menilai pemerintah terlalu 'mencla-mencle' alias tidak tegas dalam menentukan kebijakan anggaran untuk menangani dampak virus corona. Apa alasannya?


Didik dan Fachru menilai bahwa sejauh ini pemerintah terlihat ragu dan maju mundur dalam mengalokasikan dana APBN untuk menangani virus corona. Mereka menilai alokasi dana yang terus berubah mencerminkan kebijakan yang lemah dari pemerintah.

"Kebijakan anggaran yang ragu dan maju mundur mengalokasikan dana Rp 19 triliun rupiah pada awalnya, beberapa hari kemudian lalu naik Rp 27 triliun rupiah, dan kemudian naik lagi Rp 60 triliun adalah kebijakan yang lemah, mencla-mencle, pertanda pemerintahan tidak memiliki kepemimpinan yang kuat kalau berkaca pada luasnya masalah yang dihadapi rakyat Indonesia," kata Didik dan Fachru.

Berkaca kasus krisis ekonomi di tahun 2008, Didik dan Fachru meminta agar pemerintah mengambil langkah tegas serupa yang dilakukan di tahun 2008. Saat itu pemerintah tegas memotong anggaran kementerian dan lembaga hingga 10%, baik pusat dan daerah.

Kali ini di tengah wabah corona, mereka meminta pemerintah dan DPR memutuskan dengan tegas untuk memangkas anggaran hingga 20%. Kemudian dan tersebut dialihkan untuk membantu masyarakat miskin, pekerja sektor informal, industri mikro, dan penanganan virus corona lainnya.


"Pada tahun 2008 tidak ada krisis yang hebat, hanya terjadi perlambatan ekonomi, tetapi anggaran dengan tegas dipotong 10%. Pemerintah harus memimpin bersama DPR memutuskan untuk memotong 20% anggaran seluruh kementerian dan daerah, kemudian mengalihkannya untuk pembiayaan corona," kata kedua ekonom ini.

Penghematan pun harus dilakukan, Didik dan Fachru menilai proyek besar strategis nasional yang menelan anggaran besar harus dibatalkan, paling minimal ditunda dahulu.

"Sudah banyak saran, tapi tidak diputuskan segera agar proyek-proyek besar, mercusuar yang mewah dan berbiaya mahal harus dibatalkan setidaknya ditunda," sebut Didik dan Fachru.

https://m.detik.com/finance/berita-e...era-lockdown/2


Gini aj kl lockdown yg keliatan diluar tembak mati mau ga!?? Tujuan lockdown apa!?? Physical distancing kan!!? Skrg dianjurkan aj ngeyell.. Anggap enteng, mindset masih semau nya (diluar yg hrs kerja dan cari nafkah) Skrg mau dipaksakan lockdown tanpa mikir konsekuensi nya!?? Gilaak Kl lu ngerti arti lockdown sebener nya ga akan bs diterapkan di indo..

Lockdown membantu ekonomi..!?? Justru menghancurkan ekonomi org bawahh.. Jika lockdown ditetapkan.. Semua bahkan ojol, pemulung, sapu jalanan, angkutan supply barang dr daerah lain hrs tutup total.. Kl ga ya bukan lockdown nama nya..

Trus kl semua diatas dilakukan.. Kira2 apa yg terjadi!?? Korban makin banyak.. Chaos dmn2 krn urusan perut ga bs si lockdown.. Pemerintah jd hrs biayain dong!!? Duit darimanaa.. Realistis aj.. Pemerintah skrg belum mampu jg jaga stabilitas jika terjadi lockdown.. Maka nya ga akan dilockdown..

Intinya, jgn sampai ada lockdown, yg akan susah ekonomi lemah, dan efek domino nya ke kalangan menengah, kalau kalangan atas sih, senang2 aja.

Karena lockdown tidak ada hubungannya dgn pasti tidak kena virus ini, sebab namanya virus yg pandemi, setiap orang pasti akan kena, tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, imun tubuh akan melawannya, kecuali orang yg ada bawaan sakit lainnya, harus menjaga sakit bawaan tetap stabil. Mengenai wabah silahkan Googling buat pengetahuan, dimasa lalu, flu biasa pun bisa mematikan, cacar, sampar, dll.

Semuanya dimasa lalu virus bisa mematikan, tapi setelah sebagian imun atas penyakit itu, saat ini semua wabah virus dimasa lalu itu, menjadi biasa saja. Dan silahkan lihat di YouTube kesaksian pasien covid-19 yg pertama kali diumumkan pak Jokowi, yg sudah sembuh, mereka biasa saja, karena waktu yg akan menyembuhkan oleh terbentuknya antibodi yg akan melawan virus.

Italia, India, Perancis lockdown juga gagal boss, jgn mudah bikin pernyataan pak, semua perlu kajian mendalam. Yg terpenting sekarang peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tanpa itu semua policy bagus pun akan gagal.

Tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, cukup istirahat. Salam NKRI.

Diubah oleh falesthine.f10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 67 lainnya memberi reputasi
56
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 14
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:39
lockdown yg benar ya ada satuan pengamanan tiap gang tiap sudut . biar kgk berkeliaran. kalau cuman patroli ya percuma. masih tetap berkeliaran.
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:39
postingan apasi tiba2 ngegas ngasi solusi kaga.
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:39
nggak smackdown aja gan?
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:39
ekonomi udah mulai hancur.. kalu menurut ane, mending sekalian lockdown total selama 14 hari.
kalau gini gini aja percuma. cari duit udah susah, orang masih aja keliaran. mending di lockdown aja sekalian.
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:40
Lock down -> Chaos -> People blame the Government. That’s the scenario
profile-picture
profile-picture
viniest dan blosomamir memberi reputasi
2 0
2
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:40
coba laaaah, lockdown total sehari sehari sehari ....

gak pada pingin musnah apa ini virus
emoticon-Mewek
profile-picture
simphony7 memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:40
biarin aja pemerintah bekerja...kita warga negara, yang kata nya nasionalisnya tinggi...ye kan? nasionalis tinggi bok.... yang cuma bisa bangga2in negara lain bahwa warga nya hebat...eh begitu cuma disuruh jaga jarak aja susah banget...

yah...sebagai warga negara kaskus Indonesia, yang mesti matiin ego, warasin dikit, demi kepentingan keluarga terdekat...bantu pemerintah aja dulu, dengan cara yang benar, gak perlu sok umbar2 di Wa group dll dll, soal virus yang justru bikin orang parno...jaga diri dl aja...

gak usah cebong atau kampret lagi. minimal tahan dulu...tunggu ini virus mereda, aman, baru dah baku hantam lagi...ngana nontonin aja...

terus gua komen apaan ini? gua aja bingung....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:41
TS penganut covid bisa sembuh sendiri
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:42
ya msing2 punya kepentingan sendiri apa kegunaan lockdown dan tidak lockdown, yang penting semua sudah siap dengan resikonya masing-masing
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:43
Lagian dah telat mau lockdown, orang2nya dah keburu mudik. Dah nyebar kemana2 itu virus emoticon-Big Grin
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:43
Quote:Original Posted By vangoz
Fasilitas dan tenaga medis tolong diperhatikan.. Indo ga punya kapasitas seperti di cina yg bisa bikin rs darurat dalam beberapa hari.
Yg ga beruntung dan ga dapat fasilitas medis cuma bisa harap2 cemas..


giliran dikasih project bikin RS ntr malah di korupsi boskuuuu, barang di timbun trus dijual mahal..cr kesempatan dalam kesempitan, huhuhu..smg badai ini cpt berlaluuu
profile-picture
Luthfins memberi reputasi
0 1
-1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:44
Pemerintah menerapkan Social atau physical distancing (ngeyel masih pada keluar untuk hal yg ga penting)

Giliran pemerintah udah tetapkan karantina wilayah (lockdown) nanti harga kebutuhan melonjak pemerintah disalahkan

Buzzer seberang juga sama kompor terus nanti udah diambil keputusan lockdown juga mereka pada berisik lagi. Pokoknya bertolak belakang aja... Ya gitulah negeri ini... Momen wabah Corona bukan menjadi ajang bersatu melawan bersama wabah pendemi ini... emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:45
local lockdown kayaknya masi bisa. kalo lokdon total seluruh indo harus siapin anggaran buat ngasi makan rakyatnya
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:45
Quote:Original Posted By narocaesar
Tunggu aja,misal lockdown dan ekonomi memburuk,itu akan jadi senjata utk makin melawan pemerintah


98 wannabe nanti
emoticon-Takutemoticon-Takut
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:45
gapapa lockdown asal pemerintah siap dgn segala konsekuensinya,,
bagi rakyat jelata ky gw, klo mau lockdown yang penting tu akses buat dapetin bahan pokok masi lancar, stok2 bahan makanan di warung/minimarket/supermarket selalu tersedia.
kan ga lucu klo ane mati gara2 kelaperan, bukan gara2 corona.
Dan untuk orang2 yang memang gajinya harian, tolong dibantu disediakan warteg gratis gtu.. banyak dari mereka yang gabisa WFH ky orang2 kantoran..
Diubah oleh castiel09
profile-picture
profile-picture
viniest dan salahakan memberi reputasi
2 0
2
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:46
RI Disarankan Segera Lockdown!


lukdaun
profile-picture
kiki85sbg memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:46
anjay...Didiek J. Rachbini kan PKS mania...pantes aja..mau bawa2 Lembaga apa kek..bisa ke detect dah siapa di belakangnya
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:47
bukan lockdown, karantina wilayah. liat podcastnya pak anies deh di yt om deddy
0 0
0
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:48
Quote:Original Posted By rickreckt
Ada yang namanya "soft lockdown", just saying


Yup

Cuma membatasi arus manusia keluar masuk suatu wilayah sama isi jam malam / toko diminta tutup lebih awal

Sisanya dri pagi dst yg gk bisa WFH tetap bisa kerja
Truck BBM , logistik tetap bisa masuk
Sektor informal dll ( gojek dkk ) tetap bisa narik
Diubah oleh djinggo88
profile-picture
viniest memberi reputasi
1 0
1
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 14:49
kalo masyarakat sampe melakukan karantina mandiri, itu menyiksa diri.
0 0
0
Halaman 5 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia