News
Batal
KATEGORI
link has been copied
314
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e814dfb337f9372ca5e540b/ri-disarankan-segera-lockdown
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.
Lapor Hansip
30-03-2020 08:40

RI Disarankan Segera Lockdown!

Past Hot Thread
RI Disarankan Segera Lockdown!

Quote:
Wabah virus corona masih menyebar di Indonesia. Angka kasus positif virus ini sudah mencapai ribuan orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown pun makin gencar disuarakan.

Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pun menyarankan hal ini untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia. Lewat keterangan tertulisnya, Ketua Dewan Pengurus LP3ES Didik J. Rachbini dan Peneliti LP3ES Fachru Nofrian mengatakan hingga kini pemerintah terlalu angkuh untuk terus menyatakan tidak mau melakukan lockdown.

"Pemerintah dengan angkuhnya menyatakan tidak ada lockdown! Sudah begitu banyak yang memberikan saran tetapi nampaknya keras kepala, ciri kepemimpinan seolah-olah kuat, tetapi menghadapi masalah dalam manajemen yang krisis," tulis kedua ekonom, lewat keterangan yang diterima Minggu (29/3/2020).

Perlambatan ekonomi memang sudah tidak bisa lagi dicegah, tapi untuk menyelamatkan perekonomian tugas utama pemerintah adalah menangkal wabah corona meluas. Salah satunya dengan melakukan lockdown. Setelah itu baru memikirkan kebijakan ekonomi yang pas.

"Perlambatan ekonomi tidak dapat dicegah, tetapi tugas pemerintah utamanya menangkal wabah covid-19. Setelah itu baru menangkal ekonomi agar tidak terjungkal menjadi krisis, yang menyebabkan ekonomi rakyat terpuruk," kata Didik dan Fachru.

Didik dan Fachru pun kecewa setelah saran dari Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk melakukan lockdown ditolak pemerintah. Padahal menurut keduanya, JK bukan orang baru di pemerintahan, bahkan lebih berpengalaman dibanding penghuni Istana Negara yang sekarang.

"Ikuti saran JK, yang sudah lama meminta pemerintah tegas untuk melakukan lockdown, tetapi selalu dijawab, tidak ada lockdown. Tidak ada penghuni di istana itu, yang lebih dari berpengalaman daripada JK," ungkap Didik dan Fachru.

Ekonom senior Indef Dradjad Wibowo juga pernah mengatakan lockdown harus segera dilakukan. Pemerintah harus lebih tegas untuk melakukan pencegahan penyebaran virus dibanding mempertimbangkan perekonomian.

Menurutnya, perekonomian saat ini sudah sangat tertekan karena virus corona. Penyelamatan terbaiknya adalah dengan mencegah wabah ini meluas, kalau perlu ambil langkah ekstrim untuk melakukan lockdown alias isolasi wilayah.


"Kalau mau menyelamatkan ekonomi maka harus cegah wabahnya. Justru penyelamatan ekonomi paling bagus dan terbaik adalah mencegah wabahnya, salah satunya lockdown," ungkap Dradjad lewat diskusi teleconference Indef, Selasa (24/3/2020).

Didik dan Fachru juga menilai pemerintah terlalu 'mencla-mencle' alias tidak tegas dalam menentukan kebijakan anggaran untuk menangani dampak virus corona. Apa alasannya?


Didik dan Fachru menilai bahwa sejauh ini pemerintah terlihat ragu dan maju mundur dalam mengalokasikan dana APBN untuk menangani virus corona. Mereka menilai alokasi dana yang terus berubah mencerminkan kebijakan yang lemah dari pemerintah.

"Kebijakan anggaran yang ragu dan maju mundur mengalokasikan dana Rp 19 triliun rupiah pada awalnya, beberapa hari kemudian lalu naik Rp 27 triliun rupiah, dan kemudian naik lagi Rp 60 triliun adalah kebijakan yang lemah, mencla-mencle, pertanda pemerintahan tidak memiliki kepemimpinan yang kuat kalau berkaca pada luasnya masalah yang dihadapi rakyat Indonesia," kata Didik dan Fachru.

Berkaca kasus krisis ekonomi di tahun 2008, Didik dan Fachru meminta agar pemerintah mengambil langkah tegas serupa yang dilakukan di tahun 2008. Saat itu pemerintah tegas memotong anggaran kementerian dan lembaga hingga 10%, baik pusat dan daerah.

Kali ini di tengah wabah corona, mereka meminta pemerintah dan DPR memutuskan dengan tegas untuk memangkas anggaran hingga 20%. Kemudian dan tersebut dialihkan untuk membantu masyarakat miskin, pekerja sektor informal, industri mikro, dan penanganan virus corona lainnya.


"Pada tahun 2008 tidak ada krisis yang hebat, hanya terjadi perlambatan ekonomi, tetapi anggaran dengan tegas dipotong 10%. Pemerintah harus memimpin bersama DPR memutuskan untuk memotong 20% anggaran seluruh kementerian dan daerah, kemudian mengalihkannya untuk pembiayaan corona," kata kedua ekonom ini.

Penghematan pun harus dilakukan, Didik dan Fachru menilai proyek besar strategis nasional yang menelan anggaran besar harus dibatalkan, paling minimal ditunda dahulu.

"Sudah banyak saran, tapi tidak diputuskan segera agar proyek-proyek besar, mercusuar yang mewah dan berbiaya mahal harus dibatalkan setidaknya ditunda," sebut Didik dan Fachru.

https://m.detik.com/finance/berita-e...era-lockdown/2


Gini aj kl lockdown yg keliatan diluar tembak mati mau ga!?? Tujuan lockdown apa!?? Physical distancing kan!!? Skrg dianjurkan aj ngeyell.. Anggap enteng, mindset masih semau nya (diluar yg hrs kerja dan cari nafkah) Skrg mau dipaksakan lockdown tanpa mikir konsekuensi nya!?? Gilaak Kl lu ngerti arti lockdown sebener nya ga akan bs diterapkan di indo..

Lockdown membantu ekonomi..!?? Justru menghancurkan ekonomi org bawahh.. Jika lockdown ditetapkan.. Semua bahkan ojol, pemulung, sapu jalanan, angkutan supply barang dr daerah lain hrs tutup total.. Kl ga ya bukan lockdown nama nya..

Trus kl semua diatas dilakukan.. Kira2 apa yg terjadi!?? Korban makin banyak.. Chaos dmn2 krn urusan perut ga bs si lockdown.. Pemerintah jd hrs biayain dong!!? Duit darimanaa.. Realistis aj.. Pemerintah skrg belum mampu jg jaga stabilitas jika terjadi lockdown.. Maka nya ga akan dilockdown..

Intinya, jgn sampai ada lockdown, yg akan susah ekonomi lemah, dan efek domino nya ke kalangan menengah, kalau kalangan atas sih, senang2 aja.

Karena lockdown tidak ada hubungannya dgn pasti tidak kena virus ini, sebab namanya virus yg pandemi, setiap orang pasti akan kena, tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, imun tubuh akan melawannya, kecuali orang yg ada bawaan sakit lainnya, harus menjaga sakit bawaan tetap stabil. Mengenai wabah silahkan Googling buat pengetahuan, dimasa lalu, flu biasa pun bisa mematikan, cacar, sampar, dll.

Semuanya dimasa lalu virus bisa mematikan, tapi setelah sebagian imun atas penyakit itu, saat ini semua wabah virus dimasa lalu itu, menjadi biasa saja. Dan silahkan lihat di YouTube kesaksian pasien covid-19 yg pertama kali diumumkan pak Jokowi, yg sudah sembuh, mereka biasa saja, karena waktu yg akan menyembuhkan oleh terbentuknya antibodi yg akan melawan virus.

Italia, India, Perancis lockdown juga gagal boss, jgn mudah bikin pernyataan pak, semua perlu kajian mendalam. Yg terpenting sekarang peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tanpa itu semua policy bagus pun akan gagal.

Tetap jaga kondisi fit dan pola hidup sehat, cukup istirahat. Salam NKRI.

Diubah oleh falesthine.f10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 67 lainnya memberi reputasi
56
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 14
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:40
Quote:Original Posted By saya.kira
TS Betul banget, jangan merasa lebih ahli dari pemerintah.


Quote:Original Posted By eghy
lockdrun dulu, lock kadrun. lebih urgent


Quote:Original Posted By Xdream
setuju ma TS, yang seharusnya dilakukan sekarang itu lockdrun sihemoticon-Malu

Quote:Original Posted By bowox1995
Mereka gampang bacot lockdown secara rata rata mereka yg bacot lockdown tinggal di rumah mewah 2 lantai dan rumah penuh suplai makanan yg bisa bertahan selama berbulan bulan yg didapatkan lewat panic buying dan sukses bikin si miskin kesusahan !!

Pingin nya mereka berharap kayak di negara lain saat lockdown biar pemerintah turun kasih makan warganya mereka tinggal leha leha aja , sayangnya mereka gak tau kalau negara negara maju yg lockdown itu gampang kasih makan warga berhubung pajak nya tinggi ( indonesia mau gak warganya yang kelas menengah bayar pajak tinggi ?)

Dan Buat mu yg doyan teriak lockdown dan ternyata loe ketahuan gaya hidup berlebih. Saya ada saran buat mu Mendingan sekarang kamu keluar rumah dan kamu bantu para abang Abang yang jualan keliling. Kamu bagiin uang mu sama mereka. Krna saya jamin mereka uda semingguan ini dagangan mereka banyak yg gak laku dan mereka kelaparan !!

gk usah merasa lebih paham dri pemerintah dan dengan segala bacot soal keuangan negara.

Gk usah kalian yg sok bacot lockdown merasa diri lebih hebat dari para mentri yg ngurus uang negara. Mendingan urus keuangan kalian supaya kalian busa berbagi sama sekitar kalian yg kurang.


Quote:Original Posted By aller
biarin aja pemerintah bekerja...kita warga negara, yang kata nya nasionalisnya tinggi...ye kan? nasionalis tinggi bok.... yang cuma bisa bangga2in negara lain bahwa warga nya hebat...eh begitu cuma disuruh jaga jarak aja susah banget...

yah...sebagai warga negara kaskus Indonesia, yang mesti matiin ego, warasin dikit, demi kepentingan keluarga terdekat...bantu pemerintah aja dulu, dengan cara yang benar, gak perlu sok umbar2 di Wa group dll dll, soal virus yang justru bikin orang parno...jaga diri dl aja...

gak usah cebong atau kampret lagi. minimal tahan dulu...tunggu ini virus mereda, aman, baru dah baku hantam lagi...ngana nontonin aja...

terus gua komen apaan ini? gua aja bingung....


Quote:Original Posted By sixsaal
Pemerintah menerapkan Social atau physical distancing (ngeyel masih pada keluar untuk hal yg ga penting)

Giliran pemerintah udah tetapkan karantina wilayah (lockdown) nanti harga kebutuhan melonjak pemerintah disalahkan

Buzzer seberang juga sama kompor terus nanti udah diambil keputusan lockdown juga mereka pada berisik lagi. Pokoknya bertolak belakang aja... Ya gitulah negeri ini... Momen wabah Corona bukan menjadi ajang bersatu melawan bersama wabah pendemi ini... emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek


Quote:Original Posted By salahakan
RI Disarankan Segera Lockdown!


lukdaun


Quote:Original Posted By bowox1995
Daripada netijen indonesia sibuk bikin tagar dungu seperti

1. Tagar lockdown atau musnah

2. Tagar anjing peking

3. Tagar jokowi lempar handuk

4. Tagar khilafuck adalah solusinya

Mending loe netijen kuontol pakai duit loe buat warga kampung untuk bangun bilik disinfeksi dan bantu tim medis untuk berinovasi membuat apd sendiri , atau bantu orang miskin yang hidup dari upah harian untuk bertahan hidup !!

Kalau loe cuma bisa bikin tagar kuontol gak berfaedah seperti diatas plus cuma bisa nyinyirin pemerintah tanpa aksi nyata mending loe netijen anjing ini suruh lockdown otak mereka dulu !!

Melakukan aksi dan bikin kebijakan itu gak segampang bacot teori seperti yang dilakukan sjw dan bikin tagar guoblok yg dilakukanoleh netijen indo !!

Heran aku dengan mental orang indonesia !! Bikin tagar gak jelas sudah ngerasa hebat dari mereka yg mikir mati matian untuk bikin kebijakan !!


Quote:Original Posted By smileajah
yg teriak lockdown belum tentu lebih pinter dari staf ahli yg ditunjuk presiden...ingat ada banyak orang pinter dibelakang presiden... dan banyak aspek yg menjadi pertimbangan presiden..


Quote:Original Posted By slumama
lock dont vs lockdown


wkwkwkw ane diambang kebingungan jg gan, setuju ama opini TS, urusan perut pasti ngalahin lockdown, ibarat kata kalo dah ga bs makan, ya survival mode, skrg aja kliatan survival modenya mudik, kalo lockdown mgkin rusuh? ga tau juga,

tapi ga lockdown jg mencla mencle gini, berkeliaran orang2 kemana2, kek ayam dan telur ini...

yah kalo pun lockdown jangan cuek sm yg warga yang modenya udah survival ya, yg dah g punya duid buat makan.


kalo liat keadaan pemerintah nanggepin covid kek skrg , ya memang cenderung ga ke lockdown... pasti ga ke urus, takutnya malah rusuh


Quote:Original Posted By zpy
baru disuruh gerakan self distance sama dirumahaja pada ngeyel, mau lockdown? ini yang turun ke jalan udah tentara boss bukan polisi lagi, bukan pentungan lagi yang bakal dipake di jalan, tapi riffle alias senjata api. udah pada siap gak kalau ngeyel terus di todong senjata?

lockdown itu opsi terakhir, bukan cuma ekonomi yang ditakutkan kalau terjadi lockdown, tapi chaos.

intinya percaya aja sama pemerintah, taat sama social distance. kalaupun memang harus keluar2 karena pekerjaan atau kebutuhan hidup, jaga kesehatan biar imun ente pada kuat menangkal virus. beres


Quote:Original Posted By not.allowence
Di kaskus banyak banget user2 troll yg menyuarakan lokdon. emoticon-Wakaka

Entah apa yg ada dipikiran mereka.

Dikira semua org di indo gampang diatur ha?

Ini aja masih banyak banget yg meganggap remeh wabah ini (tidak mengindahkan anjuran pemerintah).


Quote:Original Posted By gin7
Justru sekarang malah sudah semi lockdown banyak wilayah yang sudah ditutup, tapi masih banyak masyarakat yang batu, bahkan baru-baru ini banyak yang masih ngadain acara pernikahan, perkumpulan massal di mana-mana, apakah masih mau nurut meskipun diputuskan untuk lockdown total?!

Kalau pemerintah memberikan hukuman ketat bagi yang melanggar, seperti pidana, pemberian denda besar, atau bahkan tembak mati tuh baru efektif. Tapi apa bakal gak koar-koar lagi masyarakat?!

Bahkan belum lama ini masjid di Bandung yang sudah ditutup diberi spanduk untuk sholat dirumah saja diturunkan sama warga.

Kalau ane sih mau lockdown total gak jadi masalah, asalkan cicilan seperti listrik, kendaraan, atau rumah dibekukan untuk sementara, dan pemberian BLT kepada warga yang kurang mampu, karena penghasilan ane ya harian, toko tutup sehari aja bisa gak makan ane besok, bahkan semenjak semi lockdown ini aja udah susah untuk mencari uang.
Diubah oleh falesthine.f10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:44
Ada yang namanya "soft lockdown", just saying
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:45
Nunggu kebijakan dari pemerintah selaku Ulil Amri.

Kadrun mah nothing, biarin aja.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 12 lainnya memberi reputasi
10 3
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:48
akhirnya lockdown juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GhembelSejati dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:49
haha situasi gawat gini, pasti masih mikirin tuk korupsi anggaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:49
kita ini sudah lockdown...!!!

hanya saja ga pake bahasa lockdown...!!!

biar semua ga pada panik...!!!
Diubah oleh ajacid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan 8 lainnya memberi reputasi
6 3
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:51
lockdown kebencian ente2 gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:51
walau sudah telat, yang penting lockdown dulu biar ga bisa kabur kemana mana emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:52
Pion2 virus yg udh disisipkan melalui liqo di semua sektor udh mulai muncul nih. lockdown = chaos = syariat tegak. Hati2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grahamcox dan 15 lainnya memberi reputasi
5 11
-6
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:52
sementara para pengamat teriak2 lakdon lakdon, sebenernya pemerintah jg udah nyiapin strategi buat lakdon tanpa mereka suruh jg

cm emang butuh waktu. dikira gampang apa lakdon wilayah segede jabodetabek dimana duit satu negara 70 persen berputar disitu. pasti ada banyak kepentingan lah

sementara ini disuruh physical distancing aja susahnya minta ampun

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 15 lainnya memberi reputasi
14 2
12
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:54
Pemerintah sudah bekerja keras dan maksimal..



















































Klaimnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:55
Quote:Original Posted By ajacid
kita ini sudah lockdown...!!!

hanya saja ga pake bahasa lockdown...!!!

biar semua ga pada panik...!!!


Gak kok, orang masih banyak yg mudik gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:56
Lokdon atau tidaknya Lokdown.. ekonomi indonesia udah Terpuruk Om TE ES
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:56
Tidak ada yg bisa menghentikan virus ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:56
TS pendukung herd immunity
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 08:59
Pemerintah udah sedikit terlambat mau melakukan lock down ekonomi juga udah susah sekarang mau lock down atau nggak duit di kantong masyarakat udah menipis bisnis lesu ,
suka nggak suka harus lock down di kota2 tertentu yang sudah parah sesuai kemampuan pemerintah indonesia buat mutus rantai penularan dan matiin virus yang ada di luar minimal 14 hari sampe 1 bulan paling bagus 1 bulan virus di luar udah pasti mati dan orang2 yang dirumah bisa lebih mudah dipisahkan yang sakit diisolasi jangan berkeliaran penularan bisa ditekan dan diputus anggap aja libur lebaran lebih awal 1 bulan tapi diam di rumah keluar boleh hanya 1 orang buat beli kebutuhan hidup yang nggak mampu dibantu pemerintah kaya menghadapi bencana dirikan dapur umum dsb

Kalo nggak ada karantina atau lockdown dengan aturan tegas nggak bakal selesai2 , seperti halnya di singapura , hongkong , taiwan dan korea selatan sedikit demi sedikit mulai naik perlahan-lahan tidak terjadi penurunan signifikan naik turun dan naik terus perlahan- lahan karena orang masih dibiarkan pergi berkeliaran kemana2 tinggal tunggu ada orang ngeyel bandel yang positif corona aja melakukan satu kesalahan fatal setiap saat tiba2 bisa outbreak










Diubah oleh zero099
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 09:03
Udah... Siapa yg mau diarepin. Intinya hati2 cari slamet sendiri sendiri walauoun slamet dah kabur ke kampung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rikici dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 09:04
telat gpp, mungkin durasinya jd lebih panjang. klo mau mengurangi jumlah penduduk ya ga usa lockdown. negara +62 disuru ngantri aja susah, buang sampah seenaknya, ehh disuru displin diri. rosak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 09:04
Fasilitas dan tenaga medis tolong diperhatikan.. Indo ga punya kapasitas seperti di cina yg bisa bikin rs darurat dalam beberapa hari.
Yg ga beruntung dan ga dapat fasilitas medis cuma bisa harap2 cemas..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RI Disarankan Segera Lockdown!
30-03-2020 09:07
Quote:Original Posted By suryanto.abc
Tidak ada yg bisa menghentikan virus ini.


Teror virus akan terhenti bila sdh tidak ada lg yg bisa jd inangnya.















emoticon-Takut (S)
profile-picture
riansantoso4776 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia