Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
258
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7eac9fb8408811a15fc9e0/pakaian-wanita-nusantara-di-masa-lalu-telanjang-dada
Pakaian merupakan jati diri bangsa kita, tapi pernahkah kamu berfikir bahwa sebelum datangnya peradaban dari luar pakaian bangsa kita ini cenderung bertelanjang dada baik itu laki-laki maupun perempuannya.
Lapor Hansip
28-03-2020 08:47

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Past Hot Thread
icon-verified-thread



Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Pakaian merupakan jati diri bangsa kita, tapi pernahkah kamu berfikir bahwa sebelum datangnya peradaban dari luar pakaian bangsa kita ini cenderung bertelanjang dada baik itu laki-laki maupun perempuannya.

Masyarakat di Indonesia hampir di seluruh wilayah nusantara, terutama di wilayah-wilayah kerajaan memang ada yang sudah mengenal pakaian dari bahan-bahan tertentu. Tapi bukan suku-suku pedalaman yang hingga sekarang suku-suku tersebut masih lestari, karena memang tak ingin modern dan cenderung menutup diri.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Namun yang menarik mereka lebih mengutamakan memakai penutup dari bahan hanya di wilayah kemaluannya saja. Sedangkan dada mereka dibiarkan terekspose sempurna, ini bisa di lihat dari relief candi yang dibuat pada abad 11 masehi.

Jauh sebelum itu peneliti sejarah mengungkapkan bahwa nenek moyang kita dahulu memang sudah mengenal anyaman terdiri atas serat tumbuhan, dan serat-serat itu dicelupkan untuk diberi warna.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Seperti prasasti Alasantan (abad ke-10), manambul adalah bahan pewarna alami yang menghasilkan warna hitam. Busana yang di kenakan masyarakat Indonesia bisa dilihat dari berbagai prasasti dan juga relief candi.

Corak relief di candi Borobudur disebut dengan relief Lalitavistara, Karmawibangga, Jataka, Awadana, Gandawyuha dan Badracari. Lalu untuk candi Prambanan ada relief Ramayana dan Krsnayana. Dan di candi Panataran terdapat relief Ramayana, Krsnayana dan relief fabel disitu bisa kita lihat corak pakaian yang di pakai masyarakat waktu itu. Begitu juga dengan beberapa arca serta juga prasasti yang di tinggalkan.

Di abad 13 pakaian kerajaan bagi wanita mengalami perubahan karena adanya kemben kain wulang. Untuk wulang sendiri, dipakai menutupi dari pinggang hingga ke batas atas payudara. Namun untuk masyarakatnya kemungkinan besar masih bertelanjang dada.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Bahkan ketika abad ke 19 ketika masa kolonial perubahan besar bagi wanita-wanita keturunan bangsawan dalam tata cara berpakaian dimana kebaya pun mulai di kenal, namun banyak masyarakat dengan status sosial rendah saat itu masih bertelanjang dada.

Kebudayaan dengan akar Hindu yang kuat masih di praktekkan hingga jangan heran bila di Bali pakaian wanita masih saja bertelanjang dada di tahun 1930 walau saat ini sudah lebih modern tetapi setidaknya kita membuka mata datangnya para pendatang membuat peradaban pun berubah, khususnya di nusantara pakaian wanita akhirnya mengalami banyak perubahan.

Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada

Bila di sentra-sentra masuknya Islam pakaian wanita lebih tertutup, belum lagi masuknya kebudayaan China yang juga mengubah tata cara wanita dalam berpakaian. Mungkin tanpa adanya kenudayaan dari luar hingga saat ini wanita di Indonesia masih bertelanjang dada.

############


Referensi klik, klik
Pic google





Diubah oleh .Boyo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 12
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 19:54
orang dulu ga perlu minta pap tt 😁
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 19:58
Quote:Original Posted By djinggo88
Gak , malah lebih pakai pendekatan akulturasi budaya , mixed antara islam dan tradisi pre-islam ( hindu/budha )
Jdi orang juga gk culture-shock

Sbenarnya itu konsep udah oke bgt..

Sama kya hindu , hindu indonesia juga gak copas 100% dr india sono..
Malah ada campur dengan kepercayaan pre-hindu


Mlah yg kya gini lebih gmpang diterima, mantap om djinggo
Diubah oleh c4punk1950...
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:03
Quote:Original Posted By djinggo88
Gak , malah lebih pakai pendekatan akulturasi budaya , mixed antara islam dan tradisi pre-islam ( hindu/budha )
Jdi orang juga gk culture-shock

Sbenarnya itu konsep udah oke bgt..

Sama kya hindu , hindu indonesia juga gak copas 100% dr india sono..
Malah ada campur dengan kepercayaan pre-hindu


Asimilasi itu wajar gan...

Quote:Original Posted By Betjanda
Bukan muslim hindu atau budha. Ane baca skripsi penelitian cagar budaya temen ane.. Disitu ada dia ambil sumber buku dari Orang belanda/inggris gan lupa ane namanya.

ilustrasi


Kan setiap penelitian beda2 ada yg menafsir melambangkan nafsu, ada yg melambangkan tercipta nya kehidupan dll


Bukannya itu lingga yoni?
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:08
demen dah kalu ada thread bahas aurat .langsung panjang bererot..
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:15
Quote:Original Posted By vallkrie
yg kuat iman jaman itu memang luar biasa. apalgi klo gede tt nya wkwkwk


Quote:Original Posted By 3770372
jaman dulu mungkin blm dikenalkan prinsip "iman"
jd pada bisa jaga iman dan nafsu

emoticon-Leh Uga


tiap.hari liat tt jadi terbiasa lah...
g konakan
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:19
Berarti jaman dulu ga ada istilah pap tt ya...hmmm
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:26
intinya jangan menghakimi seseorang dari caranya berpakaian saja karna kita tidak tahu latar belakang orang tersebut emoticon-Smilie
Sesuai atau tidak dengan budaya ketimuran itu relatif ditengah bangsa yang beraneka ragam ini dan bukan pula hak manusia untuk menghakimi emoticon-Peace
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:29
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
Jujur aja lah yg gak pakek agama gak pakek ilmu sains, kayak lonte alias PSK, mau gak keseharian dia telanjang dada? Pastinya gak mau lah. Mereka mau kalau ada rewardnya.


Di barat sana demo aja ada yg telanjang dada ya... 😂😂😂

Mungkin mengharapkan rewards juga kyanya om
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:30
pastinya jaman dulu banyak susu coklat ya :bingunh
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:34
dokumentasinya mana gan ? emoticon-Big Grin
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:37
ingin ku rasanya jadi time travel ke jaman dulu mungkin puas kali rasa ini..
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:39
Kasian yah orang2 dulu tempatny di neraka😖....gmana nih pak ustad?ad keringanan kah?
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:39
Quote:Original Posted By pilotshogun
Berarti jaman dulu ga ada istilah pap tt ya...hmmm
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Pap tt itu apa gan ? Serius nanya.
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:41
Quote:Original Posted By bukhorigan
dokumentasinya mana gan ? emoticon-Big Grin





0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:49
jadi sebenernya bikin seneg apa bikin susah kalau telanjang dada gan? emoticon-Wakaka
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:49
Keindahan itu tak perlu ditutup-tutupi wkwkwk
Becanda gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:51
Quote:Original Posted By kily89
Yah makanya, sumber penelitian harus jelas...melibatkan pihak terkait...meneliti candi hindu buddha harus melibatkan pihak hindu buddha mereka lebih paham lambang" yang dipakai artinya apa secara kultur hindu buddha....kalau dari sudut pandang orang luar yah mereka menggunakan pemahaman mereka.

Contoh, orang non buddhist menganggap umat buddha menyembah berhala, nyembah patung...pas dikonfirmasi ke umat buddha ternyata ada makna nya tersendiri, mereka tidak menyembah patung dan bisa dibuktikan dengan tidak keberatannya mereka jika patung itu rusak atau dibakar, bahkan kemarin ada umat buddha sendiri yang membakar patung sebagai simbolis.

Sebaliknya, umat non muslim pun melihat muslim juga menyembah berhala dengan kegiatannya memutari batu, mencium batu, bahkan kemarin yang katanya rambut nabi...padahal setelah dikonfirmasi ternyata tidak seperti itu...mereka memiliki arti secara kultural islam.


Sebenernya semua sembah menyembah. Tapi gak ngakui.
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 20:53
Tapi kan di masalalu gak ada orang sangean emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 21:00
Quote:Original Posted By budak.game
Keindahan itu tak perlu ditutup-tutupi wkwkwk
Becanda gan emoticon-Big Grin


Bisa aja gan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pakaian Wanita Nusantara Di Masa Lalu Telanjang Dada
29-03-2020 21:15
Quote:Original Posted By kad.run
lah di feluaran kalo mandi ga telanjang?


ente kumur² bre? emoticon-EEK!
0 0
0
Halaman 8 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia