Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8021f6b8408861461c342f/mumpungdirumah-bikin-kudapan-yuk
kudapan enak Wabah virus corona yang menyerang dunia termasuk Indonesia kini semakin membuat khawatir. Pasalnya hingga saat ini yang terjangkit pun semakin bertambah banyak. Sumber: screenshot Penerapan social distancing dan work from home adalah upaya demi menekan penularan virus corona. Aktivitas belajar-mengajar pun akhirnya diputuskan dilakukan dari rumah dengan memakai metode daring. Putusan
Lapor Hansip
29-03-2020 11:20

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!

icon-verified-thread
kudapan enak

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


Wabah virus corona yang menyerang dunia termasuk Indonesia kini semakin membuat khawatir. Pasalnya hingga saat ini yang terjangkit pun semakin bertambah banyak.

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
Sumber: screenshot


Penerapan social distancing dan work from home adalah upaya demi menekan penularan virus corona. Aktivitas belajar-mengajar pun akhirnya diputuskan dilakukan dari rumah dengan memakai metode daring. Putusan yang awalnya hanya dikirakan 2 pekan, kini diperpanjang lagi.


Sebagian daerah sudah ada yang mengambil tindakan tegas sebagai upaya memutus menjalarnya wabah virus yang menyerang paru-paru ini. Seperti Tegal yang memilih me-lockdown daerahnya. Para pekerja pun sudah banyak yang bekerja dari rumah.


Bagi sebagian orang yang sering beraktivitas di luar tentu merasa bosan bila setiap hari hanya berada di dalam rumah atau hanya berada di kawasan sekitar rumah. Ingin berkumpul bersama teman-teman pun tidak bisa.


Namun, segala sesuatu itu pasti ada nilai positif dan negatifnya, ya. Untuk aku sendiri, sih nilai positif dengan adanya penerapan social distancing dan work from home adalah waktu berkumpul dengan keluarga lebih banyak dan bisa mengerjakan sesuatu bersama-sama. Keluarga pun jadi lebih harmonis.


Nah, kalau keluarga sudah berkumpul seperti sekarang ini, pasti harus menyediakan cemilan atau kudapan yang lebih banyak lagi. Karena keluargaku termasuk keluarga besar.


Kalau hari-hari biasanya langsung beli jadinya (langsung makan) karena gak punya waktu banyak untuk eksekusi sendiri, sekarang, #mumpungdirumah aku eksekusi sendiri.


Bugis Sagu Mutiara

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


Ini jajanan tradisional kesukaan keluarga, tapi jarang bikin kecuali hari penting seperti acara selamatan.


#mumpungdirumah dan banyak waktu luang, aku bikin jajanan ini untuk teman teh hangat di meja ruang keluarga.


Resepnya adalah:


2 bungkus sagu mutiara

1 butir kelapa ( parut)

Gula merah secukupnya (sebagai isian)

Sejumput garam

Daun pisang yang sudah dilayukan di bawah sinar matahari (agar saat dipincuk tidak sobek)


Cara memasaknya:

Siram sagu mutiara dengan air bersih sampai merata, bila disiramnya tidak merata entar setelah dikukus sagu mutiaranya tidak masak merata, tapi jangan sampai terendam juga. Jadi, harus pakai keranjang biar airnya tiris.


Campur sagu mutiara dengan parutan kelapa juga garam sampai merata. (Banyaknya parutan kelapa tergantung selera)


Selanjutnya pincuk dengan daun pisang, kasih gula merah di tengahnya dan tutup kembali dengan campuran sagu mutiara. Pastikan daun tidak pecah.


Kukus selama 30-40 menit.

Quote:

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!




Perlu diingat setelah adonan dicampur jangan didiamkan terlalu lama agar sagu mutiara tidak menggumpal. Jadi, usahakan setelah adonan tercampur segera dibungkus.



Tajin Bu'uk/tajin jagung

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


Penerapan social distancing dan work from home ini bersamaan dengan panen jagung di rumah aku. Hasil panen memang tidak pernah dijual tapi digunakan sendiri, kadang buat pakan ayam, kadang buat campuran beras (dibuat nasi jagung). Setelah jagung yang sudah kering digiling tentu harus dipisahkan antara yang halus dan yang kasar dengan cara ditampih (bener gak bahasa Indonesianya, nich 🤭).


Nah, jagung yang halus atau orang Madura biasa menyebutnya Bu'uk itu yang menjadi bahan utama tajin jagung.


Bahan:

¼ jagung halus

½ butir kelapa (kalau ada pakai kelapa yang agak muda tapi tetap bisa diparut)

½ butir kelapa (buat santan)

Irisan gula merah secukupnya (sesuai selera)


Cara memasak:


Masak jagung halus seperti biasanya memasak tajin beras, aduk-aduk, setelah setengah masak masukkan parutan kelapa muda, aduk lagi.

Setelah hampir masak masukkan santan murni, aduk hingga matang sempurna.


Sajikan selagi panas di atas piring dan taburi irisan gula merah. Gula merah akan mencair seperti di foto saat sudah dingin.

Quote:Maaf gak ada foto tutorial memasaknya, gak sempet foto karena takut gosong.




Itulah beberapa kudapan untuk menemani keluarga #dirumahSaja. Selain itu di malam hari para lelaki di keluargaku jika berkumpul semua saat musim panen begini, biasanya juga bakar-bakar jagung dan para perempuan menyiapkan minuman.

#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!


Oke, itulah sebagian kecil kegiatan #mumpungdirumah aku dan keluarga selain kegiatan ibadah, bersih-bersih dan belajar tentunya.


Kita semua pasti berharap semoga wabah virus ini segera berakhir dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Berangkat bekerja dan ke sekolah seperti biasanya.


Ada baiknya mematuhi anjuran pemerintah, tetaplah berada di rumah bila tidak ada keperluan yang penting dan mendesak. Awali dengan kesadaran dari diri kita sendiri untuk memutuskan mata rantai wabah ini.


Terima kasih banyak.





Sumber foto: DokPri
Diubah oleh istijabah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:29
itu resep dari almarhumah nenek 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:46
wah, yang atas itu aku suka banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:52
Quote:Original Posted By istijabah
itu resep dari almarhumah nenek 🤭


Masih terus diingat ya sisemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By evihan92
wah, yang atas itu aku suka banget


Asyik enak ya gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:54
Quote:Original Posted By evihan92
wah, yang atas itu aku suka banget


Sama kalo gitu, tapi ati-ati untuk yang pernah sakit gigi emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:55
Quote:Original Posted By istijabah
Sama kalo gitu, tapi ati-ati untuk yang pernah sakit gigi emoticon-Betty


Lho kenapa emang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:55
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Masih terus diingat ya sisemoticon-2 Jempol

Iya, Mbak. Yang ngajarin ke aku itu kakak perempuanku yang pertama (bingung gak?)



Asyik enak ya gan?


Enak, Mbak. Kenyal, manis, gurih emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:56
Quote:Original Posted By evihan92
Lho kenapa emang?


Itu ada gula merahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:57
Quote:Original Posted By istijabah
Itu ada gula merahnya


Oh iya, bisa bikin sakit giginya kumat gitu, ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 11:58
Quote:Original Posted By evihan92
Oh iya, bisa bikin sakit giginya kumat gitu, ya?


Biasanya begitu, apalagi kalo giginya lubang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 12:00
Quote:Original Posted By istijabah
Enak, Mbak. Kenyal, manis, gurih emoticon-2 Jempol


Sy jarang jajan sis, paling gorengan sama coklat, jajanan anak2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 12:01
Quote:Original Posted By istijabah
Biasanya begitu, apalagi kalo giginya lubang


Oh begitu ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 12:05
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Sy jarang jajan sis, paling gorengan sama coklat, jajanan anak2


Keluargaku suka ngemil, ini kan bikin sendiri jadi lebih aman kayaknya 😁

Quote:Original Posted By evihan92
Oh begitu ya


Iya, biasanya sih, Mbak. Tapi ya tergantung gimana kita menjaga kebersihan gigi kita juga kali ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 13:19
Belum pernah nyobain. Agak parno jg sama yg manis manis soalnya takut sakit giginya kambuh.emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 14:16
klo di tempatku namanya mendut mutiara, favoritku ituu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 15:20
wah keliatan enakemoticon-2 Jempol
resep almarhumah neneknya keren

BATA!
Diubah oleh red.bezos
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan embunsuci memberi reputasi
0 2
-2
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 18:05
Yg no 1 itu sagu mutiara sama parutan kelapa muda, ya, Sista? Kalo di tempatku namanya "hawuk-hawuk"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 19:36
Kalau yang atas di tempatku namanya bisa disebut monte
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 22:14
Quote:Original Posted By Rainbow555
Belum pernah nyobain. Agak parno jg sama yg manis manis soalnya takut sakit giginya kambuh.emoticon-Mewek


Oh, kalo pernah sakit gigi, emang baiknya menghindari makanan yang manis, ya, Gan. Asal kalo ada cewek manis jangan dihindari emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 22:15
Quote:Original Posted By encielh
klo di tempatku namanya mendut mutiara, favoritku ituu


Enak rasanya bikin nagih 🤤

Quote:Original Posted By red.bezos
wah keliatan enakemoticon-2 Jempol
resep almarhumah neneknya keren

BATA!


Enak, Gan. Apalagi kalo dah tinggal hap aja emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
#mumpungdirumah Bikin Kudapan, Yuk!
29-03-2020 22:16
Quote:Original Posted By miniadila
Yg no 1 itu sagu mutiara sama parutan kelapa muda, ya, Sista? Kalo di tempatku namanya "hawuk-hawuk"


Wah, beda-beda ya namanya emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By AtkaHasena
Kalau yang atas di tempatku namanya bisa disebut monte


Simple namanya, keren lah emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia