Richy211Avatar border
TS
Richy211
Membuat Minuman Jahe Ala Rumahan #mumpungdirumah




Sumber: sini

Selamat Pagi Gansist di hari Minggu yang cerah ceria ini.


Di hari Minggu enaknya itu berolahrga agar badan tetap fit guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kita terhindar dari virus Corona. Kabar terbaru yang Ts dengar dampak virus Corona ini sudah mulai menjalar di tempat ane tepatnya di daerah Ajibarang konon sudah ada yang menjadi korban keganasan virus Corona ini. Kemarin di sekitar tempat tinggal ane juga dilakukan penyemprotan dengan disinfektan oleh petugas kebersihan desa.

Kebetulan beberapa hari ini sebenarnya kakak TS itu sedang membuat ramuan atau minuman dari tanaman rempah jahe karena dia sedang merasa kurang enak badan.

Kemarin sempat tersiar kabar bahwa tanaman jahe ini ampuh untuk menangkal virus Corona (COVID-19), tetapi untuk faktanya belum ada penelitian loh Gansist tentang tanaman jahe ini.

Tanaman jahe ini memiliki nama latin Zingiber Officinaledan menurut sumber jahe atau rimpang jahe diketahui memiiliki banyak kandungan kimia yang berkhasiat.


Quote:


Quote:

Kemudian tanaman jahe ini juga mengandung banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh.


Quote:


Oleh karena itu #mumpungdirumahTS jadi belajar membuat ramuan dari tanaman jahe ini yang punya nama latin Zingiber Officinale . Berikut resep cara membuat ramuan atau minuman jahe ala rumahan yang tentunya prosesnya harus higienis dan tidak boleh sembarangan.


1. Siapkan jahe secukupnya yang berukuran besar sesuai selera. Kalau TS kemarin 4 jahe.

2. Biasanya jahe yang dibeli di pasar tradisional ada yang masih kotor karena bekas tanah liat, oleh karena itu jahe harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir hingga kotorannya hilang.

3. Proses selanjutnya adalah jahe tersebut dibakar dengan menggunakan arang. Hal ini dilakukan kalau menurut orangtua TS untuk menghilangkan getah yang ada pada jahe tersebut.

4. Setelah dibakar bersihkan kembali jahe tersebut, karena biasanya bekas proses pembakaran atau arang berwarna hitam menempel pada jahe.

5. Siapkan air secukupnya kurang lebih 3 gelas air kemudian rebus jahe yang sudah dibakar tersebut dicampur dengan 1 batang sereh agar aromanya lebih nikmat.

6. Setelah mendidih air rebusan jahe bisa dikonsumsi. Jangan lupa bekas sereh yang sudah direbus bisa dibuang saja. Minuman jahe ini memang paling enak diminum selagi hangat karena akan tercium aroma yang nikmat dari perpaduan antara jahe dan juga sereh tersebut. Apabila ingin ada rasa manis Gansist bisa tambahkan gula merah biar makin sedap.

#MumpungdirumahGansist juga bisa mencoba untuk membuat minuman atau ramuan ini di kala musim hujan atau sedang tidak enak badan karena minuman jahe bisa menghangatkan tubuh. Namun, ingat jangan mengonsumsi minuman jahe ini secara berlebihan atau setiap hari karena rempah jahe bersifat panas dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan apabila dikonsumsi terus-menerus.


Spoiler for Dokpri:



Sumber: opini pribadi plus klik
Diubah oleh Richy211 31-03-2020 00:31
infinitesoul
embunsuci
tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.