News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
82
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7f70bfa7276839b0193461/sistem-kesehatan-indonesia-di-mata-internasional-berada-di-ambang-jurang
Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat dari hari ke hari. Bahkan, dibanding peningkatan di awal virus ini masuk ke Indonesia, kini lonjakan kasusnya terbilang tinggi. Seperti yang terjadi pada Jumat (28/3/2020) kemarin, yaitu terjadi peningkatan kasus sebanyak 153 kasus, membuat total kasus di Indonesia menginjak angka seribuan, tepatnya 1.046. Dari jumlah tersebut, sebanyak 87 orang
Lapor Hansip
28-03-2020 22:43

Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang

Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat dari hari ke hari.

Bahkan, dibanding peningkatan di awal virus ini masuk ke Indonesia, kini lonjakan kasusnya terbilang tinggi.

Seperti yang terjadi pada Jumat (28/3/2020) kemarin, yaitu terjadi peningkatan kasus sebanyak 153 kasus, membuat total kasus di Indonesia menginjak angka seribuan, tepatnya 1.046.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 87 orang meninggal dunia dan 46 dinyatakan sembuh.

Peningkatan yang cukup signifikan juga diakui oleh pemerintah melalui juru bicara untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

"Ada penambahan kasus cukup signifikan, ada 153 kasus baru yang kita dapatkan," katanya di gedung BPNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020) dikutip dari Kompas.com.

Meski begitu, melansir Asiaone (26/3/2020), sebuah studi oleh Pusat Pemodelan Matematika untuk Penyakit Menular yang berbasis di London memperkirakan bahwa hanya 2 persen dari infeksi virus corona di Indonesia yang telah dilaporkan.

Saat laporan tersebut dirilis, Indonesia masih memiliki kasus lebih sedikit, yaitu di angka 600-an dan 50-an kematian.

Sehingga jika melihat perhitungan tersebut, akan membawa jumlah sebenarnya menjadi sebanyak 34.300, yang lebih banyak dari Iran.

Pemodel lain memproyeksikan bahwa kasus-kasus dapat meningkat hingga 5 juta di ibukota, Jakarta, pada akhir April di bawah skenario terburuk.

"Kami telah kehilangan kendali, itu telah menyebar di mana-mana," Ascobat Gani, seorang ekonom kesehatan masyarakat mengatakan kepada Reuters.

"Mungkin kita akan mengikuti Wuhan atau Italia. Saya pikir kita berada dalam kisaran itu".

Namun, Yurianto menampik hal tersebut dan mengatakan dampak virus tidak akan separah itu.

"Kami tidak akan seperti itu, yang penting adalah kita mengerahkan orang-orang ... mereka harus menjaga jarak," katanya.

Sistem kesehatan Indonesia sangat buruk dibanding negara lain

Menurut data WHO, Indonesia memiliki 321.544 tempat tidur rumah sakit. Itu sekitar 12 tempat tidur per 10.000 orang, sementara Korea Selatan memiliki 115 per 10.000 orang.

Pada 2017, WHO menemukan Indonesia memiliki empat dokter per 10.000 orang.

Italia memiliki 10 kali lebih banyak, berdasarkan per kapita. Korea Selatan memiliki dokter enam kali lebih banyak.

Namun, akan kebutuhan tempat tidur, Yurianto mengatakan bahwa dengan langkah-langkah sosial jarak yang tepat seharusnya tidak ada kebutuhan untuk sejumlah besar tempat tidur tambahan dan staf medis cukup untuk mengatasi virus.

Hal berbeda disampaikan Budi Waryanto, seorang ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia, mengatakan kepada Reuters: "Rumah sakit tidak siap untuk mendukung kasus-kasus potensial. Perawatan akan terbatas."

Meskipun hanya ratusan orang yang dirawat di rumah sakit karena coronavirus, dokter mengatakan kepada Reuters bahwa sistem kesehatan sudah mulai tegang. Banyak staf kesehatan tidak memiliki peralatan pelindung.

Sebagai tanda kontrol infeksi yang buruk di rumah sakit dan klinik, delapan dokter dan satu perawat telah meninggal karena virus korona, menurut Asosiasi Dokter Indonesia.

Di Italia, di mana ada 6.077 kematian akibat virus korona, 23 dokter telah meninggal.

Dokter di Indonesia membawa alat pelindung sendiri

Seperti diketahui, kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi salah satu masalah yang saat ini ramai dikeluhkan, terutama oleh para dokter di Indonesia.

Tenaga medis di Indonesia bahkan harus melakukan pekerjaannya dengan APD seadanya, seperti menggunakan jas hujan.

Sementara itu, dokter-dokter mulai mengecam buruknya hal tersebut.

"Kami membawa masker kami sendiri, pakaian kami sendiri yang mungkin tidak berkualitas standar," kata seorang dokter kepada Reuters.

"Teman-temanku, satu per satu, terserang virus," katanya, menahan air mata.


Mengutip Asiaone, disebutkan bahwa Sistem kesehatan Indonesia sangat terdesentralisasi, sehingga sulit bagi pemerintah pusat untuk mengoordinasikan responsnya di kepulauan yang luas dengan sekitar 19.000 pulau yang membentang 5.100 km.

Kurangnya tempat tidur unit perawatan intensif (ICU) juga mengkhawatirkan para ahli, terutama karena Indonesia memasuki musim puncak demam berdarah, yang menambah permintaan untuk fasilitas.

"Jika Anda sakit parah dan bisa masuk ICU dan memakai ventilator, kebanyakan orang harus selamat," kata Archie Clements, spesialis kesehatan masyarakat dari Universitas Curtin Perth, merujuk pada orang yang terinfeksi virus corona.

"Jika kamu tidak membawanya ke ICU dan memakai ventilator, maka mereka akan mati."

Sebuah studi dalam jurnal Critical Care Medicine pada Januari, yang membandingkan tempat perawatan intensif untuk orang dewasa di negara-negara Asia menggunakan data 2017, menemukan bahwa Indonesia memiliki 2,7 tempat perawatan kritis per 100.000 orang, di antara yang terendah di wilayah tersebut.

https://intisari.grid.id/read/032080...-corona-datang

wake up call utk bangsa yg masih percaya tahayul ini...
lihat dana kementrian mana yg harusnya bisa dialokasi ke menkes

Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang

Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang

Diubah oleh dispenserr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:47
Wah menkes dikit amat emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
gta007 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:49
sistem kesehatan indonesia lagi diujiu untuk melawan virus dagelan WHO:

cukup matikan tivi dan tinggalkan medsos maka tak perlu sistem kesehatan buat melawan wabah dagelan WHO

emoticon-Recommended Seller



Quote:Original Posted By barak51

COVID19 PANDEMIC IS WORLD WAR III

Pertanyaannya adalah "does covid19 pandemic really exist ?"
apakah pandemi covid19 benar ada ?

lihat ini dahulu..
seorang peneliti di Eropa mensurvey tingkat kecerdasan 2 sekolah. Hasilnya sekolah A memiliki tingkat kecerdasan 50% dan sekolah B 30%. Namun sebelum hasil itu diumumkan peneliti melakukan sebuah eksperimen, dg cara merekayasa (mengedit) persentase sekolah B menjadi 80%. Setahun kemudian benar2 terjadi tingkat kecerdasan sekolah B melesat jauh di atas 50% melebihi sekolah A.

Di atas tadi adalah ttg keajaiban sebuah Angka. Cara kerja angka dalam mempengaruhi pola pikir manusia.

Seandainya wabah demam berdarah ditata sedemikian rupa jumlah penderitanya, jumlah korbannya, jumlah daerah rawannya ke dalam bentuk angka *yg dipertontokan dan di update* setiap detik, menit, waktu di televisi dan sosmed. Yakin saja, orang akan berburu bubuk abate. Harga angkak pun melonjak karena diborong. Bahkan anda akan menegur tetangga anda yg membiarkan genangan di rumahnya.

Fear, ketakutan dan panik...itu yg ditanamkan oleh media.

Hari ini kita ketakutan setiap hari hanya dengan melihat angka setiap hari di broadcast tv dan sosmed. Masuk akal ?

Kita melihat angka seolah2 seperti melihat ajal kita di depan mata. Kita ketakutan. Masuk akal ?

ITS ONLY A F*CKiN NUMBER !

mari berpikir kritis, bayangkan hari ini tidak ada media apa pun di dunia. (balik ke jaman dulu). ketika ada pandemi seperti covid19 akan seperti apa kehidupan kita. apakah akan sehoror hari ini ? besar kemungkinan tidak sedramatis sekarang dan hidup akan terus berjalan seperti hari2 biasanya. Ada orang yg mati karena covid19, akan dianggap seperti kematian biasa. Kematian sehari2. Toh kita sudah paham setiap hari ada orang yg mati baik ada isu wabah ataupun tidak.

Mulai melihat perbedaannya ?

Sekarang kita lihat bagaimana struktur isu Covid19. Selalu akan menyebutkan ini setiap hari

ada data Positif (tertular)
ada data Negatif (sembuh)
ada data Kematian

Ketika kita akan menebar FEAR, caranya adalah kita harus mengkatrol data yg berpotensi mempengaruhi psikologi publik dan sulit dikonfirmasi dan paling lemah faktanya. Data yg manakah itu ?

Yap Data POSITIF. Data orang2 yg terjangkit covid19. Maka jangan heran. data positif selalu melonjak melebihi data Kematian. Angkanya bombastis Kenapa ? karena data kematian yang diumumkan itu layaknya data kematian sehari-hari. Tetapi angka positif penderita covid19 inilah yg merupakan angka psikologis seperti contoh peneliti sekolah tadi

Angka ini tidak dapat dikonfirmasi
Angka ini rawan rekayasa
Angka ini tidak jelas faktanya
Angka inilah FEAR. Karena anda takut maka anda langsung percaya. karena angka ini dikaitkan dg keselamatan jiwa kita.

Siapa yg berani mengkonfirnasi kalau keluar rumah saja takut ?

Sebuah jalan tol akan kita anggap aman dan kita berani ngebut. Tetapi kita akan melaju pelan di jalan yg sama saat kita melihat papan dipinggir jalan yg isinya angka kematian dan kecelakaan di jalan tersebut meskipun data itu bohong.

Ini yg disebut efek PLACEBO. atau sugesti. Pikiran kita dikendalikan oleh materi yg direkayasa. Kita akan benar2 menderita covid19 dan mati karena kita percaya

Mengapa direkayasa ? WELCOME TO WORLD WAR 3

Sebuah perang dunia (lagi) dalam sebuah konteks yang cerdas, yaitu *teknologi informasi*. Bukan lagi teknologi primitif seperti senjata, alat perang. Semua dunia merasakan isu covid19. Media massa bahkan melabeli dengan PANDEMI. (wabah global)

Di mulai dari memanasnya perang dagang antara Barat-Eropa vs Tiongkok. Dominasi lapak ekonomi oleh Tiongkok menggerus pendapatan Barat dan Eropa. Amerika dan Eropa menuju defisit ? Bangkrut ?

Ketika kita sudah tersudut, maka pernyataan menyerah (menyatakan negara bangkrut) adalah pilihan paling buruk. Pilihan yg lebih baik dari itu ? Kembali ke Nol alias RESTART.

Isu pandemi covid19 - Work From Home - Stay home and safe - LOCKDOWN

Yes Lockdown ! itu adalah cara paling tepat untuk mengatakan "Negara Bangkrut" tanpa perlu pusing memikirkan tanggung jawabnya kepada rakyat. Karena rakyat sedang fokus memikirkan keselamatan jiwanya di rumah masing2 dan tercerai berai. Negara tidak perlu repot2 melakukan jam malam, karena anda sudah melakukannya sendiri.

Tidak ada protest, tidak ada demo, tidak ada pemberontakan. Good way to exit.

Dikala masyarakat dunia "dibungkam" isu covid19 para protokoler mulai bekerja merestrukturisasi sistem-sistem di dalam negara tanpa gangguan. Struktur ekonomi, struktur dagang dan segala sesuatunya dirombak mumpung MOMENTUMNYA tepat. Karena tidak akan datang dua kali.
Kapan lagi anda bisa melihat tawaf di ka'bah berhenti, vatikan kosong. orang libur jumatan dan ibadah ? efek yg luar biasa

Tidak kah anda lihat...
Harga minyak dunia diobral ?
Mekanisme pasar modal berubah ?
Konsep pariwisata hancur lebur ?
Anggaran negara meluncur menuju nol ?

SHIFTING sedang terjadi
format dan tren baru dunia akan hadir dan kita masih belum paham seperti apa wujudnya. Hanya Tuhan dan para protokoler yang tahu


Sialnya, ketika restrukturasi berjalan. Orang2 setiap hari mati karena menelan pil sugesti dan fear covid19.

Ingat selalu ini, setiap restrukturisasi akan selalu memakan korban, entah jiwa atau bukan. Perang Dunia I dan II sesungguhnya adalah sebuah RESTRUKTURISASI global. Dan korbannya selalu jiwa.


Dan Pandemi Covid19 adalah Perang Dunia III. Dengan teknologi dan mesin perang tercanggihnya yaitu Teknologi Informasi (media massa, medsos, data dan statistik)
Dengan WHO sebagai panglima perang tertingginya yg me-rudal setiap negara dengan data2. Dan setiap statementnya adalah maklumat perang.

Sasarannya adalah Tiongkok. Meskipun Tiongkok pulih dari wabah yg so-called Covid19. Tetapi di masa depan citra Tiongkok sudah hancur dan akan dikenal sebagai "negeri pusat wabah" yg memicu trauma warga dunia. Kesepakatan2 dagang dg Tiongkok akan dikaji ulang. Dan produk2 Tiongkok akan menanggung beban citra buruk yg traumatis.

Beginilah ongkosnya untuk menghancurkan sebuah negara raksasa setara Tiongkok.


Pertanyaannya sekarang adalah.
Dapatkan anda menghentikan Perang Dunia III ini ?
Jangan bermimpi, bahkan untuk keluar rumah dan bertemu orang lain saja anda takut mati kena pandemi hahaha

Jawabannya adalah ini :
Tidak banyak yg bisa kita lakukan untuk menghentikan perang ini. Setidaknya yang bisa kita lakukan adalah JANGAN MATI.
Jangan mati karena sugesti peluru2 informasi yg ditembakan secara beruntun ke diri kita. Yakinkan diri anda bahwa sebenarnya tidak ada apa2, tidak ada covid19 dibalik semua omong kosong ini.

Tidak ada yg perlu dicemaskan
Tidak ada yg perlu dikhawatirkan
Tidak ada yg perlu ditakutkan

Jangan cemas
Jangan khawatir
Jangan takut

Berpikirlah di luar cara dunia berpikir hari ini.
Tinggalkan mental ala sinetron yg melihat tv langsung nangis.
Keluarlah dari papan permainan ini.
Dengan begitu anda akan merasa hidup !

Anda merasa hidup di tengah kebanyakan orang takut kematian. Nikmat seperti apa lagi yg anda cari di tengah dunia yg sedang krisis global bergoncang hebat dan berperang ini.

Jadilah PENYINTAS !


Diubah oleh barak51
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 8 lainnya memberi reputasi
5 4
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:51
Coba bayangkan apabila 65.1 tersebut ditambahkan ke 57.4.
0 0
0
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:52
jelas masuk jurang

liat aja tingkah umat ini

Quote:Original Posted By kejet..kejet


Alay lu ya. Org lain baru promo cuci tangan, ini malah seluruh anggota badan, 5x sehari lagi emoticon-Bata (S)

Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang


saracen tugasnya mengubah narasi
seperti hoax saracen dan yg sebelum2nya mengambil foto jadul lalu mengubah narasi supaya keliatan kejadian terkini

Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang


nasib jadi kampret dan kadrun milenial dikasi smartphone dan internet

one day one hoax

@kejet..kejet : "dalam gambar hoax jalan jihadku"

ditunggu mewek di tipi minta maaf sambil ngemeng saya khilaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lynchedlin dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:52
hmmmm...
semua sektor emank kurang...
emoticon-Cool

yg berlebih mungkin hany pddk ny
0 0
0
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:53
Recovery / mortality rate indo salah satu yang terburuk
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan xandernathaniel memberi reputasi
2 0
2
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:54
Dana mah yakin bisa dicari, yg penting arah penanganan pemerintah mau gimana? Itu aja sampai sekarang ga jelas
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:54
Quote:Original Posted By Betjanda
Wah menkes dikit amat emoticon-Cape d...


padahal yg paling penting itu kesehatan dan pendidikan
eh malah dibikin kecil
asli ancur bener dah emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan Betjanda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:56
astagfirullah ane baru tau budget agama lebih besar dr kesehatan
emoticon-Matabelo emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lynchedlin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:56
Salah Anies kah
0 0
0
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:57
Quote:Original Posted By dispenserr
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang


Agree.
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 22:58
Negara yang melegalkan rokok, juga suka menyepelekan penataan kota dan tata ruang publik yang baik..

berharap memiliki tingkat kesehatan publik yang baik??
Ha!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lynchedlin dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:00
sebelumya sistem kesehatan kita udah bagus trus skr hancur...

atau...dah dari dulu hancur?

profile-picture
jeffm12 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:00
Pake ini juga bisa kokemoticon-Leh Uga

0 0
0
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:02
Quote:Original Posted By barak51
sistem kesehatan indonesia lagi diujiu untuk melawan virus dagelan WHO:

cukup matikan tivi dan tinggalkan medsos maka tak perlu sistem kesehatan buat melawan wabah dagelan WHO

emoticon-Recommended Seller



Goblok banget, wabah kok dibilang karena sugesti.
Wabah Wuhan bukan karena sugesti, tetapi karena memang penyebaran virus Wuhan. Gak usah dibelok-belokkan ke teori konpjlasi gak guna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doombringer2211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:05
butuh banyak keajaiban buat kita lolos dari petaka corona
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:06
Quote:Original Posted By hantupuskom
padahal yg paling penting itu kesehatan dan pendidikan
eh malah dibikin kecil
asli ancur bener dah emoticon-No Hope


Iya sob
0 0
0
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:12
Yah, seadanya gan lah. Dari dulu juga udah di setting layanan kesehatan itu cuma buat orang kaya, yg miskin dilarang sakit.

Begitu muncul penyakit dimana pake duit tetep gak bisa menghindar, baru terasa minimnya fasilitas kesehatan disini.
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:13
Quote:Original Posted By barak51
sistem kesehatan indonesia lagi diujiu untuk melawan virus dagelan WHO:

cukup matikan tivi dan tinggalkan medsos maka tak perlu sistem kesehatan buat melawan wabah dagelan WHO

emoticon-Recommended Seller


Gan ane gak tau ente ini salah satu akun bayaran pemerintah atau siapapun itu yang disebut "buzzer" tapi ane harap agan memang slaah satu orang yang peduli akan masalah bangsa kita

Pertama ane setuju dengan maksud tujuan agan untuk tidak panik, itu sangat penting untuk masa sekarang ini

Tapi

Ane sangat menyayangkan juga makna yang tersirat dalam postinga agak seakan nyepelein banget masalah covid-19 , alangkah memang baiknya kalau agan menyebutkan ini virus adalah "falsu" beserta bukti yang ada
Ane sebagai orang yang punya ilmu sedikit di bidang kesehatan tak bisa memungkiri bahwa sangat masuk akal akan adanya pandemi global saat ini, hal yang paling berbahaya dari covid-19 adalah bahwa kita belum memahami 100% dari patogenesis virusnya. Yang namanya virus itu bisa bermutasi menyesuaikan gennya dengan keperluan ( kita juga bisa tapi lebih perlu waktu). Dan memang virus ini tak semematikan dengan flu burung, tapi bedanya ini penularan sangat hebat (flu burung tidak human to human)

Ane sangat mehargai agan dalam msnghimbau kita semua buat tak panik, tapi faktanya memang kita berada di kondisi yang kritis, dan memang kita umat manusai sangat rentan kok terhadap ancaman pandemi emoticon-Smilie

Kalau agan bilang andaikan kita hidup dijaman teknologi tidak sehebat sekarang dan pandrmi covid 19 terjadi, agan bilang kita ngak bakal apa apa?
Agan sepertinya lupa bahwa pada jaman seperti itu 100 tahun lalu pernah teejadi yang namanya flu spanyol, saat itu nggak ada pemberitaan masif si media, nggak ada sosmed buat berbagi informasi, antar pulau antar benua perlu bulanan informasi menyebar. Dan pada akhir pandemi flu spanyol 100 tahun lalu ada 20 juta orang meninggal.
Diubah oleh rifkymrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JuStupiD dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Sistem Kesehatan Indonesia di Mata Internasional: Berada di Ambang Jurang
28-03-2020 23:13
kementrian agama ada di nomer 4
cukup ngakak aje, ini negri sampe lapisan ozon ancur juga kagak bakal maju emoticon-Wkwkwk
otak bukan mikirin gimana kehidupan generasi sekarang dan besok jadi lebih baik tapi gimana besok kalo dah modar emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia