kucingnyapakrtAvatar border
TS
kucingnyapakrt
Yuk Ikutan Indonesia Pasti Bisa, Program Produksi 100 Ribu Test Kit Corona


Jakarta - Guna mendukung upaya pemerintah menekan korban virus corona di Tanah Air, East Ventures inisiasi program Indonesia Pasti Bisa. Sebagai langkah awal mereka menghimpun pendanaan yang menargetkan Rp 10 miliar.

Dana senilai Rp 9 miliar nantinya akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100 ribu test kit corona secara gratis. Sedangkan dana Rp 1 miliar akan digunakan untuk proyek whole genome sequencing.

Nusantics adalah startup deep-tech bidang genomic yang tergabung dalam keluarga besar East Ventures. Kini merekah tengah mengembangkan test kit untuk pengujian infeksi COVID-19.

Proyek ini adalah bagian dari tugas Nusantics sebagai anggota Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selama tiga pekan ke depan, Nusantics akan menggunakan keahlian dan sumber daya milik perusahaan dalam bidang genetika untuk mengembangkan test kit qPCR, yang didesain spesifik untuk populasi Indonesia berdasarkan hasil riset tentang COVID-19 dari seluruh dunia.

Mereka berkomitmen untuk memproduksi 100 set test kit qPCR sebagai prototipe, kemudian melakukan produksi massal dengan target 100 ribu test kit.

Nusantics akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab COVID-19 yang menyebar di Indonesia secara paralel.

Pemetaan genomika berbagai varian virus penting karena virus cenderung untuk bermutasi dengan cepat ke beragam bentuk yang unik sesuai wilayah penyebarannya.

Hasil dari pemetaan genomika virus kemudian akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan vaksin.

Selain itu, data tersebut bisa dimanfaatkan untuk mevalidasi test kit hasil pengembangan Nusantics dan test kit lain yang digunakan di Tanah Air.

Apakah bisa ikutan gerakan Indonesia Pasti Bisa ini? Tentu saja, malah peran kamu sangat diperlukan.

Kamu bisa menyumbangkan dana, bahan baku dan peralatan, atau tenaga dan keahlian dengan mengakses Indonesiapastibisa.com.

Untuk urun dana sendiri akan dimulai pada Senin (30/3/2020) pukul 09.00 WIB.

"Dengan meletakkan fondasi platform berasaskan result-oriented, accountability dan transparancy, kami berharap agar semua orang bisa berpartipasi dengan yakin lewat donasi dan bersama-sama bergerak untuk Indonesia yang kita cintai, melawan virus COVID-19.

Indonesia Pasti Bisa membuat test-kit COVID-19 sendiri," kata Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner East Ventures.

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4..._beritaTerkait

=======================================

Berita tambahan  :

Quote:


Akhirnya startup lokal ada yang bergerak bikin test kit sendiri untuk korona.

Jadi untuk test massal ga perlu terlalu tergantung impor lagi.

Di artikel tertulis alat yang mau diproduksi adalah test kit qPCR.

TS awam soal istilah medis. Tapi kayaknya test kit ini berbasis PCR yang disebut-sebut lebih akurat ketimbang alat rapid test.

Semoga lekas terealisasi dan segera didistribusikan ke seluruh Indonesia..

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.