News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7ecea5c8393a6883148fb0/penanganan-pasien-tidak-jelas-rs-darurat-covid-19-malah-bikin-pasien-cemas
Anggota DPR Komisi VI, Lamhot Sinaga menyoroti ketidakjelasan standard operational procedure (SOP) di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet dalam menangani pasien. Keberadaan rumah sakit darurat itu disambut baik oleh masyarakat dan mereka telah berharap banyak kepada rumah sakit yang disiapkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu. Sayangnya harapan tinggal harapan. Penanganan dinilai ti
Lapor Hansip
28-03-2020 11:12

Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas

Anggota DPR Komisi VI, Lamhot Sinaga menyoroti ketidakjelasan standard operational procedure (SOP) di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet dalam menangani pasien.

Keberadaan rumah sakit darurat itu disambut baik oleh masyarakat dan mereka telah berharap banyak kepada rumah sakit yang disiapkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Sayangnya harapan tinggal harapan. Penanganan dinilai tidak sesuai SOP. Pasien yang dirujuk tidak segera ditangani. ”SOP harusnya jelas, ukuran penanganan pasien jelas, kapan di ICU, kapan masuk perawatan, tindakan apa yang didapat pasien harus dibuat jelas dan terbuka,” ujar Lamhot Sinaga kepada media, di Jakarta, Jumat (27/3).

Hal ini berdasarkan aduan yang didapatnya dari masyarakat serta apa yang dialami salah seorang keponakannya. Penanganan pasien tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Pada Kamis malam, keponakannya, Roy Manalu, dirujuk ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Setiba disana pukul 20.00 WIB, namun hingga Jumat siang tidak ada penanganan. Sementara kondisi pasien dari waktu ke waktu semakin drop dan stress, menunggu ketidakpastian.

Lamhot pun menghubungi Walikota Bekasi dan sangat responsif menyanggupi untuk memindahkan pasien ke RSUD Bekasi.

Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet yang semula dijadikan harapan dan sebagai solusi, malah menjadikan pasien resah karena tidak adanya SOP yang jelas. Bahkan pasien malah sibuk pindah mencari rujukan ke rumah sakit lain.

Lamhot mengimbau agar Presiden Jokowi segera memerintahkan pembenahan penanganan pasien dan calon pasien di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Menurutnya, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet jangan dijadikan pencitraan tetapi harus menjadi harapan masyarakat, apa lagi pasca kunjungan Presiden beberapa hari lalu ke sana, membuat orang maunya dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

”Jadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet ini sebagai standar penanganan pasien Covid-19, yang akan menjadi acuan bagi rumah sakit di daerah. Kita harus belajar dari Tiongkok dengan rumah sakit daruratnya yang sudah berhasil," ujar Lamhot.


https://kesehatan.rmol.id/read/2020/...n-pasien-cemas



Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas


Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas


Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas


Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas


Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas


Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas







Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas


Klo di indonesia yg harus dipecat itu presidennya emoticon-Mad




profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 13 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 12:32
wah ts nya anti fresiden
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 12:34
Apa cuma ane yg khawatir ya emoticon-Bingung (S)
Kalo ane yg jadi presiden, skrng ane umumkan perang semesta, seluruh rakyat harus berjuang, berperang habis habisan dengan segala konsekuensinya, mau bangkrut kek mau gimana terserah, yg penting usir musuh sampe habis. Musuh udah dirumah kita, didepan mata kita..
Liat amerika yg memberlakukan test secara massal, bener2 test secara massal, hasilnya 100 ribu lebih positif covid19. Ini nggak main main, ini parah ini parahhh..
Siapa lagi yg akan saling menolong skrng, langkah pasti harus diambil, jangan bimbang dan galau galauan terus..
Diubah oleh dr4gn3t
profile-picture
profile-picture
saya.kira dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 12:36
pokoknya salah jokowi, salah jokowi, salah jokowwwwwwiiiiiiii, coba deh negara ini sistemnya khilafah, pasti itu rumah sakit anti covid19 sudah berdiri sejak 632 masehi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 12:36
ya sudah perbaikin itu sop, beresin apdnya....apa tunggu presiden mampir ke sana lagi? selain presiden dan petugas medis yang lain ngapain aja sih? emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 12:45
Lamhot Sinaga minta di dahulukan emoticon-Ngakak








Sebagai clan Sinaga, saya menerima dengan lapang dada kalau dianya yg kesambet korona emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan introvertpsycho memberi reputasi
1 1
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 13:11
realitanya, negara emang lagi bokek, misqueen.. ada duid sisa ya paling duid hasil utangan...
ga ada dana buat total perang ama ni virus,

kasian tenaga medis nya yang jadi tumbal, uda ditumbalin tanpa APD memadai, masi juga dapet bonus cercaan dari pasien yang depresi karena ngerasa ga ada penanganan..
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 13:18
Kesehatan totmol emoticon-Smilie
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 13:19
Gw nunggu menkesnya di pecat aja
Kacau tu orang
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan clcyep memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 13:30
Quote:Original Posted By tagnol88
pokoknya salah jokowi, salah jokowi, salah jokowwwwwwiiiiiiii, coba deh negara ini sistemnya khilafah, pasti itu rumah sakit anti covid19 sudah berdiri sejak 632 masehi..


Buser cebong aja sampai ngatain pakde binatang di tanggal yg sama... busernya sendiri.
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan introvertpsycho memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 13:40
Duengggg. Kan memang tpt singgah buat yg gejala ringan. Kalau memang ponakannya udah parah mending lsg ke rs rujukan.
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 13:40
pemerintah : "kita sudah siap menghadapi covid19"
komandan covid19: "yakin situ siap"
menkes:"covid19 gak mempan sama iklim indo, kasih jamu sembuh"
komandan covid19:"lhah... malah belagu ni bocah kemarin sore, pasukan siap??? kita pakai strategi hit and run"
pasukan covid:"siap laksanakan"

media pers :"per hari ini pasien positip covid 1046"
pemerintah: "Ya Allah Gustiii emoticon-Turut Berduka"
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:01
menkes jarang nongol di tipi..mulutmu harimau mu
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:05
Quote:Original Posted By khafidz99
@bodico ente sendiri yg ngetik di atas kalau IDI yg enggan dukung pemerintah. Menurut ente apa pantas dlm kondisi seperti ini IDI masih mempertahankan gengsinya ga mau dukung pemerintah hanya karena ga suka sama Terawan?


IDI yg g suka terawan ato si terawannya yg masih sakit hati sama IDI?
dah bolak balik IDI ngasi saran tuh tp g digubris
mentri kesayangan lo skrg kemana? ngumpet?
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan introvertpsycho memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:05
Quote:Original Posted By khafidz99
@bodico ente sendiri yg ngetik di atas kalau IDI yg enggan dukung pemerintah. Menurut ente apa pantas dlm kondisi seperti ini IDI masih mempertahankan gengsinya ga mau dukung pemerintah hanya karena ga suka sama Terawan?


IDI yg g suka terawan ato si terawannya yg masih sakit hati sama IDI?
dah bolak balik IDI ngasi saran tuh tp g digubris
mentri kesayangan lo skrg kemana? ngumpet?
emoticon-Traveller
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:15
Hal pertama yg bisa dan mudah dilakukan ya ganti menkes dg orang yg ahli dalam mengatasi epidemi toh menkes sekarang juga udah dipinggirkan ke pojokan.

Kemenkes jadi kurang optimal kalo gak ada kepercayaan pada pemimpin, hubungan dg IDI juga gak harmonis berakibat lamban & gak satu suaranya dalam ambil keputusan.
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:18
Aye baru tau ternyata Menkes pilihan Jokowi pernah dipecat IDI krn melanggar kode etik

Kok malah dipilih jd Menkes??? emoticon-Blue Guy Bata (L)

Skrg 200 juta nyawa rakyat Indonesia terancam emoticon-Marah




#RipIndonesia emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:32
" Lamhot pun menghubungi Walikota Bekasi dan sangat responsif menyanggupi untuk memindahkan pasien ke RSUD Bekasi. "
mantap bener nih bisa nyuruh2 walikota bekasi.. apa walikota bekasi jadi makelar rumah sakit ya? emoticon-Bingung
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:35
Quote:Original Posted By idkfa
Kiti sidih siip emoticon-Takut (S)


emoticon-Wkwkwkemoticon-Ngakak
0 0
0
Penanganan Pasien Tidak Jelas, RS Darurat Covid-19 Malah Bikin Pasien Cemas
28-03-2020 14:35
Emang klo ganti menkes mendadak bisa pd sehat semua.....?
profile-picture
idiotane memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia